Aluminium sulfat oktahidrat (aluminum sulfate octadecahydrate) ǀ Manfaat, Sifat Kimia, Sifat Fisika, Pembuatan

Aluminium sulfat


Aluminium sulfat oktahidrat (aluminum sulfate octadecahydrate) merupakan senyawa kimia yang memiliki rumus  Al2(SO4)3•18H2O dan massa molekul relatif (Mr) 648,41.

Senyawa ini tergolong tawas (alum). Cakupan  istilah tawas sebenarnya cukup luas. Istilah ini bisa mengacu pada larutan berair dari zat ini (Aluminium sulfat oktahidrat), serta garam hidrat lainnya yang mengandung berbagai jumlah air kristalisasi. Istilah tawas juga berlaku untuk seluruh kelas garam ganda sulfat, seperti kalium aluminium sulfat atau amonium aluminium sulfat.


1. Manfaat atau Kegunaan Aluminium Sulfat Oktahidrat

Senyawa ini banyak digunakan dalam industri kertas. Dalam bentuk larutan asamnya, yang mengandung sedikit H2SO4 berlebih, digunakan untuk mengontrol pH bubur pulp (pulp slurries), pengolahan air proses, pengaturan pewarna dan juga untuk pengendapan resin terlarut untuk pengaturan ukuran pada serat.

Dalam bentuk yang sedikit dasar (mengandung sedikit Al2O3), digunakan untuk pengolahan air minum dan limbah, misalnya, untuk mengurangi kandungan fosfor. 

Aplikasi utama lainnya termasuk pewarnaan, penyamakan (tanning), katalis, modifikasi beton, dan dalam pembuatan berbagai bahan kimia dan produk farmasi.


2. SIfat Fisik atau Sifat Fisika Aluminium Sulfat Oktahidrat

Sifat fisika Aluminium sulfat oktahidrat sebagai berikut.

- padatan kristal berwarna putih

- rasanya manis

- densitas 1,62 g/cm3

- terurai pada suhu 86,5 °C

- larut dalam air


3. Pembuatan Aluminium Sulfat Oktahidrat

Aluminium sulfat oktahidrat dapat dihasilkan dengan cara merekasikan senyawa bauksit, kaolin atau aluminium dengan asam sulfat (H2SO4). Asam silikat yang tidak larut disaring, lalu dilakukan kristalisasi untuk mendapat kristal garam aluminium sulfat oktahidrat.


SUMBER RUJUKAN

Pradyot Patnaik, Ph.D. 2001. Handbook of Inorganic Chemicals. McGraw-Hill. ISBN 0-07-049439-8.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *