Tahap-tahap Pembentukan Garam Dapur NaCl

.
 

1. PEMBUATAN GARAM DAPUR

Selama ini kita telah mengetahui bahwa garam dibuat dari air laut oleh para petani garam melalui beberapa proses fisika. Beberapa proses penting yang mungkin terlibat dalam pembuatan garam yaitu sebagai berikut.

1.   Penampungan atau pengambilan air laut

2.   Penjemuran atau kritalisasi garam

3.   Perebusan air laut untuk mengambil garam (terkadang langkah ini tidak dilakukan jika penjemuran telah dihasilkan garam dengan tingkat kemurnian tinggi, atau dengan kata lain garamnya telah bersih)

4.   Pemadatan atau pengumpulan garam

 

2. PEMBENTUKAN NaCl DARI ATOM

Tahukah anda bahwa proses pembentukan garam dapur, dalam hal ini NaCl, sangatlah rumit jika dijelaskan secara kimia?

Nah untuk mengetahui proses-proses yang terjadi dan energi yang terlibat selama proses berlangsung, perhatikan dengan saksama penjelasan di bawah ini.

 

1. Proses atomisasi natrium

Pada tahap ini padatan Na diubah menjadi atom-atom Na dalam fasa gas. Tahap ini berlangsung secara endotermik karena diperlukan sejumlah energi untuk memutuskan ikatan logam antara atom antara atom-atom Na yang terdapat dalam logam natrium.energi yang menyertai tahap ini disebut energi atomisasi, ∆HA. Pada tahap ini gas Cl2 tidak mengalami perubahan. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na(s) + 1/2Cl2(g) → Na(g) + 1/2Cl2(g)    ∆HA = 108,4 kJ/mol

 

2. Atomisasi klorin

Pada tahap ini gas Cl2 diubah menjadi menjadi atom-atom Cl dalam fasa gas. Tahap ini berlangsung secara endotermik karena diperlukan sejumlah energi untuk memutuskan ikatan kovalen antara 2 atom Cl. Energi yang menyertai reaksi ini disebut energi atomisasi atau energi disosiasi, ∆HD. Pada tahap ini atom Na tidak mengalami perubahan. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na(s) + 1/2Cl2(g) → Na(g) + Cl(g)           ∆HD = 120,9 kJ/mol

 

3. Ionisasi atom natrium

Pada tahap ini atom Na dalam fasa gas di ionisasi menjadi ion Na+ dalam fasa gas. Tahap ini berlangsung secara endotermik karena diperlukan sejumlah energi untuk mengatasi gaya tarik inti terhadap elektron yang akan di eksitasi sampai jarak tak terhingga (dilepaskan) dari atom Na. Energi yang menyertai tahap ini disebut energi ionisasi, EI.

Pada tahap ini atom Cl tidak mengalami perubahan. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na(s) + Cl(g) → Na+(g) + Cl(g)       IE = 495,4 kJ/mol

 

4. Ionisasis atom klorin

Pada tahap ini atom Cl dalam fasa gas diionisasi menjadi ion Cl‾ dalam fasa gas. Tahap ini berlangsung secara eksotermik karena gaya tarik inti atom Cl terhadap elektron yang akan memasuki atom tersebut lebih kuat dibandingkan gaya tolak elektron-elektron pada atom Cl terhadap elektron yang akan memasuki atom tersebut. Energi yang menyertai tahap ini disebut afinitas elektron, EA.

Pada tahap ini ion Na+ tidak mengalami perubahan. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na+(g) + Cl(g) → Na+(g) + Cl‾(g)    EA = -348,5 kJ/mol

 

5. Pembentukan pasangan Na+Cl‾

Pada tahap ini ion Na+ dan ion Cl‾ membentuk pasangan ion Na+Cl‾ dalam fasa gas. Tahap ini berlangsung secara eksotermik karena terjadi gaya tarik antara dua ion dengan muatan yang berlawanan. Energi yang menyertai tahap ini disebut energi pasangan ion, Uip (ion pair). Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na+(g) + Cl‾(g) → Na+Cl‾(g)           Uip = -450,2 kJ/mol

 

6. Pembentukan kisi kristal NaCl

Pada tahap ini pasangan ion Na+Cl‾ berubah menjadi kristal NaCl. Tahap ini berlangsung secara eksotermik karena terjadi gaya tarik antara pasangan-pasangan ion untuk membentuk kisi kristal. Energi yang menyertai tahap ini disebut energi kisi, U.

Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut:

Na+Cl‾(g) → NaCl(s)             U = -336,8 kJ/mol

 

3. REAKSI PEMBENTUKAN NaCl

Pembentukan kristal NaCl dari unsur-unsurnya, secara singkat dapat ditunjukan dengan persamaan reaksi berikut:

Na(s) + 1/2Cl2(g) → NaCl(s)                    ∆Hf = -410,8 kJ/mol

 

∆Hf diperoleh denggan menjumlah semua energi yang terlibat pada tahap-tahap pembentukan kristal NaCl di atas.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *