Pengaruh Ikatan Hidrogen terhadap Kelarutan dan Titik Didih Zat


Senyawa-senyawa ion umumnya larut dalam air, walaupun beberapa senyawa ion tidak atau sukar larut dalam air. Kelarutan senyawa ion dalam air bergantung pada harga Ksp-nya.

Sedangkan senyawa-senyawa kovalen yang bersifat polar dapat larut dalam air karena air merupakan pelarut polar. Senyawa kovalen polar dapat larut, karena mampu membentuk ikatan hidrogen dengan air.

Senyawa-senyawa kovalen nonpolar tidak mampu membentuk ikatan hidrogen, sehingga kelarutan dalam air rendah atau tidak larut.

Perlu ditekankan bahwa ikatan hidrogen hanya terbentuk, bila satu atom H ditarik atau diikat bersama oleh dua atom yang memiliki keelektronegatifan tinggi yakni N, O, F dan memiliki elektron bebas (lone pair electron). Selain tarikan antara unsur-unsur tersebut, berarti bukan ikatan hidrogen.

Secara sederhana ikatan hidrogen dapat digambarkan sebagai berikut.

 

atom berkeelektronegatifan tinggi-H-atom berkeelektronegatifan tinggi

 

 Ikatan hidrogen dapat terjadi karena elektron bebas pada atom yang berkeelektronegatifan tinggi menarik proton yang dimiliki oleh atom H. Hal mengakibatkan seolah-olah terbentuk suatu ikatan kimia. Perbedaan ikatan kovalen dan ikatan hidrogen pada molekul air, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

 

 

Selain kelarutan dalam air, terbentuknya ikatan hidroogen intramolekul (dalam satu molekul) atau antarmolekul (minimal 2 molekul) dapat mempengaruhi titik didih suatu zat. Zat yang mempunyai ikatan hidrogen, titik didihnya cenderung lebih tinggi dibanding senyawa-senyawa yang tidak mempunyai ikatan hidrogen, dengan ketentuan senyawa-senyawa massa molekul relatifnya sama atau hampir sama. 

Oleh sebab itu, jika terdapat senyawa yang memiliki unsur-unsur berkeelektronegatifan tinggi yang mengikat atom H, kemudian memiliki titik didih tinggi, hal ini pasti disebabkan karena adanya ikatan hidrogen.

Senyawa-senyawa yang bersifat nonpolar, titik didih umumnya ditentukan oleh massa molekul relatif (Mr) senyawa tersebut. Makin besar Mr senyawa, makin tinggi titik didihnya.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *