25 Tempat yang Sengaja Disembunyikan oleh Google Earth


Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang memetakan bumi. Dengan adanya Google Earth, kita bisa melihat semua tempat yang ada di dunia ini hanya dengan duduk manis di depan layar komputer.
Hanya dengan mengetik nama tempat yang ingin dicari, Google Earth akan melakukan tugasnya mencari tempat tersebut dan pengguna bisa melihat tempat itu dari atas ataupun dalam bentuk 3D.
Dengan program globe virtual Google Earth pengguna bisa mencari lokasi yang diinginkanya, menjelajah kota, bahkan memasuki halaman belakang rumah orang lain secara virtual.
Walaupun demikian, terdapat beberapa tempat yang disembunyikan oleh pihak Google Earth karena alasan tertentu. Namun ada pula beberapa lokasi yang sengaja disembunyikan tanpa alasan yang jelas.
Berikut akan diulas beberapa tempat yang sengaja disensor oleh pihak google earth sehingga berkesan misterius dan menyimpan rahasia yang tidak diketahui banyak orang.

1. Korea Utara
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Salah satu negara yang paling tertutup di dunia adalah Korea Utara. Mungkin kalian akan berpikir bahwa Negara ini tidak akan ada di dalam Google Earth. 
Memang benar, walaupun ada dalam Google Earth namun tidak ada penanda nama jalan ataupun identitas lainnya. Negara ini memang benar-benar tersembunyi dari siapa pun.

2. Pulau Sandy, Australia
Pulau Sandy terletak di lepas pantai Australia di Laut Koral ditemukan oleh Kapten Cook.
Sebelumnya pulau itu selalu ditampilkan di peta pada 1800 tetapi pulau tersebut tiba-tiba menghilang dari peta. Sebelumnya Google maps menghitamkan lokasi pulau tersebut dengan sebuah kotak hitam dan Bing telah menghapusnya.
Sebuah kapal penelitian juga telah berusaha mencari pulau Sandi sesuai dengan koordinat sebelumnya tetapi tidak berhasil menemukannya. 
Lalu sebenarnya apa yang ditemukan oleh Kapten Cook? Benarkah pulau tersebut nyata dan benar-benar ada? Jika benar ada, mengapa ia menghilang secara tiba-tiba? Mudah-mudahan tidak ada orang iseng yang mencuri pulau tersebut.

3. Volkel Air Base, Belanda
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Di dalam bunker pangkalan udara Volkel ini terdapat 22 bom nuklir milik Amerika Serikat, termasuk B61 - salah satu senjata termonuklir AS yang dikembangkan pada tahun 1960-an.
Selain itu terdapat juga bom yang kabarnya empat kali lebih dahsyat daripada bom yang jatuh di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.
Bom-bom tersebut awalnya disimpan sebagai cadangan pada masa perang dingin. Namun entah mengapa, masih ada di sana.
Keberadaan bom-bom tersebut dikonfirmasi secara eksplisit oleh perdana menteri Belanda Ruud Lubbers pada tahun 2013 dalam serial dokumenter National Geographic.

4. Istana Huis Ten Bosch, Belanda
Tempat ini dikelilingi banyak pohon-pohon tetapi entah kenapa Keluarga Kerajaan Belanda menginginkan keamanan lebih. Hal inilah yang menjadi alasan bagi Google Earth untuk menyembunyikan tempat ini dari pandangan kita.

5. Wilayah Misterius di Tundra Siberia, Rusia

Salah satu wilayah yang dirahasiakan di Google Earth adalah tundra di Siberia, yang masuk wilayah Rusia.
Tundra adalah suatu wilayah yang mirip dengan padang karena tidak terdapat pepohonan karena memang suhu lingkungan tundra yang sangat rendah menyebabkan pohon sulit untuk tumbuh.
Lokasi tersebut diyakini berada di dekat Egvekinot, wilayah tetangga Alaska di seberang Selat Bering.
Pada 1986, Pemerintah secara resmi menyatakan telah menutup puluhan kota dan desa di seluruh negeri yang ditinggali 1 juta penduduk.
Yang mencurigakan adalah fakta bahwa nama-nama kota tersebut diikuti nomor misterius. Misalnya, Krasnoyarsk-26, Tomsk-7, dan Arzamas-16.
Diduga, lokasi tersebut adalah pemukiman bagi koloni para insinyur nuklir yang berhasil mengakhiri dominasi AS di bidang tersebut.
Apakah tundra yang dirahasiakan di Google Earth ada kaitannya dengan itu?
Sejumlah pengguna internet yakin, bisa jadi situs tersebut adalah salah satu kota rahasia misterius yang diambil alih oleh pemerintah selama era Perang Dingin. Atau jangan-jangan, wilayah yang ditutup merupakan stasiun radar atau pencegat rudal.

6. Mysterious Square, Spanyol
Entah apa penyebab tempat ini disensor oleh Google Earth. Bahkan bukan hanya Google, tetapi Bing dan Yahoo Maps pun ikut menyembunyikan tempat misterius ini. Ada yang menduga, di tempat ini terdapat landasan untuk helikopter dan juga memiliki peluncur misil.

7. Taman Babylon, Irak
Google Earth hampir menutup seluruh permukaan taman yang sangat populer karena taman gantungnya ini. Peninggalan peradaban kuno ini dulunya dibangun oleh Saddam Husein hingga menghabiskan jutaan dollar. Kini Saddam Husein sudah tiada, namun mengapa daerah ini masih ditutupi oleh Google Earth? Apakah Taman Babylon masih menyembunyikan rahasia lain?

8. Pacific Northwest, Amerika Serikat
(Sumber gambar: inet.detik.com)

Area yang terletak di perbatasan Washington dan Oregon ini diduga menjadi tempat percobaan pengendalian cuaca oleh badan Amerika yang melakukan penelitan tentang modifikasi dan pengendalian cuaca.
Salah satu program yang dibangun di situs ini adalah program kontroversial HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program).
HAARP adalah program riset  yang dirancang untuk menganalisis ionosfer dan menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru untuk komunikasi radio dan pengintaian.
Program tersebut didanai Angkatan Udara AS, Angkatan Laut, University of Alaska dan the Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).
Namun, berdasarkan rumor yang beredar, HAARP yang bekerja sama dengan FEMA (Federal Emergency Management Agency) memiliki agenda tersembunyi.
HAARP telah lama jadi target teori konspirasi, pusat spekulasi liar yang mengatakan bahwa program tersebut dirancang untuk mengendalikan cuaca, bahkan lebih buruk lagi yakni gempa. Dengan alasan ini, maka HAARP diduga yang bertanggungjawab atas bencana banjir, kekeringan dan gempa bumi yang terjadi di beberapa negara.
Selain dituding bisa menyebabkan gempa, HAARP juga dihubung-hubungkan dengan anomali cuaca yang bisa mengakibatkan banjir, kekeringan, bahkan badai.
Dengan kata lain, HAARP dianggap sebagai 'senjata rahasia Amerika Serikat'.
Pada tahun 2010,  Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menuding Amerika Serikat menggunakan HAARP untuk memicu gempa sebesar 7 SR di Haiti yang merenggut 200 ribu jiwa.

9. Mobil Oil Corporation Buffalo, New York, Amerika Serikat
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Mobil Oil Corporation Buffalo, membuat blur fasilitas mereka yang berada di sana karena adanya alasan tersendiri.
Tempat ini mungkin menjadi salah satu target serangan teroris, tetapi hingga saat ini kejelasan atau kebenarannya belum diketahui secata pasti.

10. Titik Pembangkit Listrik Indian, New York, Amerika Serikat
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Titik Pembangkit Listrik Indian ini telah ditutup karena kepedulian terhadap lingkungan. Namun ada titik yang disembunyikan oleh Google Earth sehingga menimbulkan bermacam-macam spekulasi dari berbagai kalangan.

11. Dam Keowee, Amerika Serikat
(Sumber gambar: inet.detik.com)

Dam Keowee adalah bendungan buatan manusia di negara bagian South Carolina, Amerika Serikat. Tujuannya untuk mendukung penyediaan energi bagi perusahaan listrik Duke Energy. Lokasi itu juga dijadikan tempat rekreasi.
Bendungan tersebut berukuran raksasa, bayangkan saja panjangnya mencapai 42 kilometer dan lebarnya 4,8 kilometer. Namun, penampakan bendungan tersebut di Google Earth dibuat sangat kabur.
Meski pihak pemerintah Amerika Serikat belum mengonfirmasi, muncul dugaan dam tersebut membantu operasional Nuclear Station. Mereka yang paranoid dengan nuklir bahkan menjulukinya sebagai 'America's Fukushima' - Fukushima-nya Amerika.
Fukushima adalah reaktor nuklir milik Jepang yang luruh akibat gempa dahsyat 9 skala Richter dan tsunami yang menyusul tak lama kemudian pada 11 Maret 2011.
Insiden tersebut memicu krisis nuklir terparah di Negeri Sakura, setelah bom atom Hiroshima dan Nagasaki di penghujung Perang Dunia II.

12. Gedung Michael Army Airfield (MAAF)
Situs terpencil di Utah tersebut di bawah kendali militer Amerika Serikat. Dibangun selama Perang Dunia II, lokasi itu pernah digunakan sebagai lokasi pengujian pertahanan terhadap senjata berbahaya.
Para pekerja di sana menguji banyak perangkat, untuk memastikan mereka lolos dari serangan senjata biologis, kimia, juga nuklir.
MAAF berlokasi di selatan Pangkalan Angkatan Udara Hill Air, pusat pelatihan pilot jet tempur F-16 Falcon dan di mana US Air Force menguji rudalnya.
Sejumlah orang menjuluki MAAF sebagai 'new Area 51'.

13. Perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko
Ternyata bukan hanya sebuah pangkalan militer atau sebuah tempat penelitian rahasia, ternyata perbatasan negara juga ada yang disembunyikan. 
Contohnya seperti perbatasan antara Amerika dan Meksiko. Jika diamati, akan tampak seperti garis yang berliku-liku, entah apa alasannya sampai perbatasan negara tersebut dibuat seperti itu.

14. Danau Baker (Baker Lake), Kanada
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Terletak di Kanada bagian Utara, tempat ini merupakan tempat tinggalnya suku Inuit. Suku Inuit merupakan penduduk asli Amerika yang tinggal di tempat-tempat yang dingin di Kanada utara dan Alaska.
Bangsa Inuit biasa berburu anjing laut dan narwhal. Mereka juga berdagang bulu binatang dengan bangsa Eropa. Mereka tinggal di rumah-rumah yang terbuat dari salju bernama igloo.
Belum ada yang tahu mengapa area ini disembunyikan oleh Google Earth, namun beberapa pihak yakin bahwa tempat ini diduga sebagai area pendaratan alien. Lokasi bersalju dianggap tepat untuk pendaratan alien karena keberadaan salju bisa mengurangi medan elektromagnet.
Hal ini sesuai dengan penganut teori konspirasi yang dikenal sebagai Dr Boylan di jagat maya yang selama bertahun-tahun berusaha meyakinkan semua orang bahwa, hal itu dilakukan untuk menyembunyikan lokasi 'gelombang ekstrateresterial' yang merupakan kode alien.

15. Junction Ranch, California
(Sumber gambar: travel.tribunnews.com)

Junction Ranch merupakan tempat pengujian militer yang juga berisi landasan terbang besar.
Fasilitas tersebut merupakan bagian dari stasiun senjata angkatan laut di China Lake dimana diyakini pemerintah sedang mengerjakan proyek pesawat tak berawak.
Area terlihat di Google maps tetapi satu area tertentu tampak buram. Entah alasan apa mereka membuat tempat itu menjadi tak terlihat jelas.

16. Snow Saddle, Nepal
(Sumber gambar: travel.tribunnews.com

Kantega atau Snow Saddle adalah area yang terletak 22.000 kaki di Himalaya Nepal.
Peta Google berusaha menyembunyikan seluruh wilayah sementara peta Bing berhasil memotretnya.
Banyak orang bertanya mengapa Google berusaha menyembunyikannya.
Ada dugaan dan asumsi jika Nazi membuat ekspedisi rahasia di daerah di mana mereka meyakini telah menemukan UFO dan lokasi pengujian.
Daerah tersebut telah dihilangkan untuk mencegah masuknya orang-orang yang berusaha menyelidikinya.

17. Pangkalan Udara Militer Reims, Perancis
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Pangkalan Udara Militer Reims ini memang sudah lama lokasinya diblok oleh Google Earth. Hal ini karena Pemerintah Perancis ingin melindungi pangkalan tersebut dari serangan teroris.

18. Moruroa, Polinesia Prancis
Merupakan kumpulan terumbu karang atau atol yang terletak di antara kepulauan Polinesia Perancis dan Pasifik Selatan.
Bila dilihat dari Google Earth, tampak dibuat buram.
Sulit bagi kita untuk bisa melihatnya dengan dekat sehingga kita tidak bisa mengetahui rahasia apa yang ada di sana.
Namun, asumsi umumnya menyebutkan bahwa atol mempunyai landasan terbang dan beberapa bangunan.
Lainnya lagi menyebut jika kawasan ini menjadi tempat uji coba nuklir.

19. Faroe Island, Denmark
(Sumber gambar: inet.detik.com)

Meski letaknya di antara Norwegia dan Islandia, Kepulauan Faroe termasuk wilayah kedaulatan Denmark.
Penduduk pulau tersebut, yang dikenal sebagai Faroese dikenal karena kecakapan mereka dalam memainkan musik.
Pulau Faroe dulunya memang merupakan pangkalan militer kala Perang Dunia II, namun tak ada yang tahu dengan pasti mengapa sejumlah wilayah kepulauan itu penampakannya dikaburkan dalam Google Earth. Beberapa sumber mengatakan mungkin saja hal ini berkaitan dengan masalah penangkapan ikan.

20. Kilang Minyak Szazhalombatta, Hungaria
(Sumber gambar: m.brilio.net)

Kilang minyak Szazhalombatta, menjadi tempat teraneh yang diblok Google Earth. Yang membuat aneh adalah sejumlah bangunan dan lahan yang ada di sekitar kilang minyak dihapus atau diedit habis-habisan, sehingga hanya tersisa warna hijau.
Hingga sekarang alasannya masih belum diketahui. Namun ada desas desus yang beredar bahwa wilayah yang ditutupi warna hijau tersebut aslinya adalah lahan berumput. Tetapi yang jadi pertanyaan adalah, apa sesungguhnya yang ada di balik rerumputan itu? Apakah ada sesuatu yang tersembunyi dibalik rumput tersebut?

21. Penjara Portlaoise, Irlandia
(Sumber gambar: inet.detik.com)

Penjara Portlaoise yang berada di Irlandia adalah tempat tahanan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Wajar saja karena Portlaoise Prison ini adalah lokasi hukuman para kriminal kelas kakap.
Meskipun tidak dikaburkan oleh Google Earth, jika dilihat lebih seksama, warna bangunan terlihat tidak sama dengan sekelilingnya. Ini karena gambar itu sebenarnya bangunan lama, sedangkan bangunan baru tidak ditampakkan. Kemungkinan mengapa hal ini dilakukan adalah untuk mencegah para penjahat berencana kabur dari sana.

22. Kota Valencia, Filipina

Filipina adalah salah satu negara yang memiliki banyak pulau tersebar di wilayahnya. Karena itulah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki jumlah provinsi yang banyak termasuk provinsi Bukidnon. Di provinsi ini terdapat sebuah kota kecil bernama Valencia. Kota Valencia di Filipina tak cuma rumah bagi lebih dari 160.000 orang namun juga dianggap sebagai markas fasilitas pengujian rudal Pemerintah. Alasan iniah yang membuat Google Earth mengaburkannya.

23. Shamsi Airfield, Pakistan
Shamsi Airfield merupakan sebuah pangkalan udara yang berada di Pakistan. Jika kamu mencari tempat tersebut dengan menggunakan Google Earth, akan terlihat beberapa bagian gambar yang sengaja ditutupi. Mungkin terdapat rahasia tertentu yang tidak ingin diketahui oleh publik.

24. Military Sites, Taiwan
(Sumber gambar: travel.tribunnews.com)

Pihak Taiwan meminta kepada pihak Google Earth untuk menyamarkan daerah militernya yang ada di sebuah pulau. Jika kamu penasaran dan mencarinya di Google Earth, maka anda akan menemukan tempat tersebut terlihat tidak begitu jelas.

25. Pangkalan Angkatan Udara Ramstein, Jerman

(Sumber gambar: m.brilio.net)

Pangkalan Udara Ramstein yang bertempat di Jerman ini bisa menjadi target sasaran para teroris, mungkin itulah yang menjadi alasan Google Earth memblok area ini.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *