10 Fakta Ikan Mudskipper Yang Bisa Berjalan Di Darat

akuariumhias.blogspot.com/2014/06/mengenal-ikan-gelodok-mudskipper.html?m=1


Ikan ini dinamakan mudskipper, karena kebiasaannya melompat-lompat di lumpur.
Ikan mudskipper sangat suka melompat ke daratan air payau dan sering dijumpai di daerah berlumpur, rawa-rawa, terutama yang berada di hutan-hutan bakau (mangrove) saat air sedang surut.
Bukan hanya melompat, ikan mudskipper juga mampu berjalan di darat dan memanjat pohon.
Meskipun hanya mengandalkan dua buah sirip, kehebatan ikan mudskipper dalam berjalan melebihi ikan salamander dan axolotl yang mempunyai empat kaki.

FAKTA-FAKTA MENARIK NAAN MATLETE
1. Berdasarkan penelitian terhadap fosil ikan Mudskipper, diketahui bahwa eksistensi ikan ini sudah ada sekitar 22,5 juta tahun. Artinya ikan Mudskipper merupakan salah satu hewan purba yang sanggup bertahan hidup sampai sekarang dari kepunahan.
2. Ikan Mudskipper bisa ditemukan di pantai-pantai yang beriklim tropis dan subtropis di wilayah Indo-Pasifik sampai ke pantai Atlantik, benua Afrika.
Di Indonesia, populasi terbesar ikan mudskipper berada di Kalimantan.
3. Ikan Mudskipper mempunyai nama yang bervariasi yakni timpakul, tembakul, gelodok, belodok, belodog, blodog atau belacak (bahasa Melayu), gabus laut, lunjat dan lain-lain.
4. Orang-orang Wanibesak di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusantara Tenggara Timur (NTT), menamakan ikan Mudskipper sebagai 'Naan Matlete', artinya ikan mata ke atas. Hal ini wajar karena kedua mata ikan tersebut sangatlah menonjol bagaikan mata yang sedang melotot. Dan lucunya kedua mata ikan ini bisa berputar 360 derajat melihat ke segala penjuru arah.
5. Kedua mata Naan Matlete sangatlah unik. Matanya mempunyai dua susunan kornea serta sejenis kulit yang berlapis-lapis di dalamnya. Karena hal inilah maka matanya mampu menahan air dan terhindar dari kekeringan ketika berada di daratan.
6. Ikan mudskipper bisa bertahan di daratan sebelum kembali lagi ke dalam air selama 7-8 menit.
7. Naan Matlete biasanya menggali lubang di lumpur yang lunak untuk sarangnya. Lubang yang digali biasanya sangat dalam dan bercabang-cabang, berisi air, dan terdapat ruang-ruang tertentu dengan sedikit udara.
Ketika terjadi pasang, ikan gelodok akan bersembunyi di lubang-lubang yang telah digali tersebut untuk menghindari predator yang datang bersama dengan air.
8. Setelah kawin, telur-telur yang dikeluarkan akan disimpan dalam lubang sarangnya dan dijaga oleh sang betina. Telur-telur tersebut menempel di lubang sarang. Jumlah telur yang dihasilkan sangat banyak, yakni berkisar antara 65.000 sampai 72.000 butir telur.
9. Ikan Matlete memangsa berbagai jenis hewan, mulai dari ketam binatu (Uca spp), ikan, udang, kerang, cumi-cumi, semut ngangrang, dan lalat. Selain itu, ikan yang mempunyai mata seperti kodok ini juga sering memakan tumbuhan.
10. Ikan gelodok biasanya mengklaim daerah teritorialnya. Oleh sebab itu, mereka sering mengejar atau mengusir ikan gelodok lain yang memasuki daerah kekuasaannya.

SUMBER RUJUKAN
- id.m.wikipedia.org/wiki/Tembakul
- www.goodnewsfromindonesia.id/2017/07/19/satu-satunya-ikan-yang-bisa-berjalan-ini-hidup-di-kalimantan
- www.kejadiananeh.com/2017/07/mudskipper-ikan-berjalan.html


IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *