Mengapa Nyamuk Tertarik untuk Menggigit Anda? Ternayata karena Anda Berkeringat


1. Pendahuluan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa orang digigit nyamuk sedangkan yang lainnya tidak? Ini bukanlah hanya suatu kebetulan belaka. Para ilmuwan mengatakan, sekitar 10 hingga 20 persen orang memiliki kimia tubuh unik yang bertindak layaknya magnet bagi nyamuk. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa menarik perhatian nyamuk.

 

2. Bau Badan dan Panas Tubuh

Nyamuk sangat sensitif terhadap aroma yang dihasilkan saat seseorang berkeringat. Hal ini disebabkan saat berkeringat, kita mengeluarkan beberapa zat kimia yang mampu menarik nyamuk ke arah kita. Beberapa zat yang dihasilkan adalah amonia, asam laktat, dan asam urat.

Semakin Anda berkeringat dan pakaian semakin banyak maka bakteri juga akan semakin banyak yang menumpuk di kulit Anda. Hal ini ternyata membuat diri kita semakin menarik bagi nyamuk. Artinya jika Anda berkeringat, maka nyamuk akan semakin mencintai Anda dengan sepenuh hatinya. Jadi jangan salahkan beliau nyamuk, jika ia tak bisa melepaskan Anda.

Selain keringat, nyamuk juga tertarik oleh panas yang dihasilkan tubuh kita. Semakin panas tubuh, semakin menarik bagi nyamuk. Jadi jika kita melakukan kegiatan yang meningkatkan suhu tubuh dan berkeringat, misalnya berolahraga, maka Anda telah menjadi target yang sangat indah di mata sang nyamuk betina.

 

3. Parfum dan Lotion

Selain bau badan alami, nyamuk juga terpikat oleh aroma kimia dari parfum atau cologne. Penelitian menunjukkan bahwa aroma bunga sangat menarik bagi nyamuk. Mereka juga terpikat oleh produk perawatan kulit yang mengandung asam alfa-hidroksi, yang merupakan bentuk asam laktat yang sangat disukai oleh serangga.

 

4. Karbon Dioksida (CO2)

Nyamuk dapat mendeteksi keberada karbon dioksida di udara. Semakin Anda mengeluarkan napas, semakin besar kemungkinan Anda untuk menjadi santapan nyamuk. Nyamuk biasanya terbang dalam pola zig-zag melalui gumpalan CO2 sampai mereka menemukan sumbernya. Orang dewasa sangat menarik di mata nyamuk, karena mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak daripada anak-anak dan hewan peliharaan.


5. Faktor Lain yang Belum Jelas Kebenarannya

Berdasarkan berbagai penelitian telah ditemukan bahwa nyamuk bisa berkembang dengan baik karena protein yang ditemukan dalam darah. Walaupun demikian, beberapa peneliti berpendapat bahwa nyamuk tampaknya lebih tertarik pada orang yang mempunyai golongan darah O. Namun peneliti yang lain telah mempertanyakan data di balik penelitian ini.

Beberapa orang juga berpendapat bahwa nyamuk lebih tertarik pada warna-warna gelap, terutama biru, dan bau makanan yang difermentasi seperti keju atau bir, tetapi tak satu pun dari pernyataan ini telah terbukti. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika para ilmuwan masih meragukan klaim tersebut.

 

6. Beberapa Fakta Nyamuk

- Ada lebih dari 3.500 spesies nyamuk di seluruh dunia. Sekitar 170 spesies dapat ditemukan di Amerika Serikat.

- Hanya nyamuk betina yang mengisap darah manusia. Darah tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan telur. Nyamuk jantan tidak menggigit manusia dan lebih memilih mengisap nektar bunga.

- Gigitan nyamuk dapat menyebarkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, demam kuning, virus Zika, dan virus West Nile. Ada lebih dari 30 spesies nyamuk yang membawa penyakit ini, dan mereka ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

- Di AS, enam spesies bertanggung jawab untuk menyebarkan penyakit. Dua yang paling umum adalah nyamuk demam kuning (Aedes aegypti) dan nyamuk harimau Asia (Aedes albopictus). Nyamuk demam kuning ditemukan di iklim hangat dari California ke Florida, sementara nyamuk harimau Asia berkembang dengan baik di Tenggara dan Pantai Timur.

 

SUMBER RUJUKAN

- Debbie Hadley. 2018. 16 Fascinating Facts About Mosquitoes. (www.thoughtco.com/fascinating-facts-about-mosquitoes-1968300)  diakses pada Rabu, 07 November 2018.

- Debbie Hadley. Why Are Mosquitoes Attracted to You? (www.thoughtco.com/ways-to-guarantee-youll-get-mosquito-bites-1968301)  diakses pada Rabu, 07 November 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *