28 Fakta Unik Colosseum di Jantung Roma Kuno yang Dibangun dengan Menggunakan Ribuan Budak Yahudi


Terletak di sebelah timur Roma, Colosseum dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia kuno yang sangat memukau. Pada tahun 2007 Colosseum terpilih sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.
Wajar Colosseum terpilih sebagai keajaiban dunia karena Pembangunannya hanya membutuhkan waktu 10 tahun, yakni dimulai pada 70 AD dan selesai pada 80 AD.
Keunikan dari bangunan megah ini adalah terbuat dari batu dan beton. Selain itu, monumen megah ini dibangun hanya menggunakan  kekuatan manusia. Diperkirakan lebih dari 60.000 budak Yahudi digunakan saat itu. Banyak dari orang-orang ini dihukum (tidak dibayar), untuk melakukan hal-hal yang sulit seperti menyeret batu Travertine, yang digali dari Tivoli ke Roma. Warga kota Roma lainnya yang lebih terampil, seperti arsitek, seniman, dan insinyur, dibayar untuk melakukan pekerjaan yang lebih artistik dan khusus.
Walaupun terpilih sebagai keajaiban dunia, Colosseum tidak dirancang oleh seorang desainer atau arsitek terkenal. Namun dirancang oleh penyair Romawi kuno Virgil pada abad pertengahan.

Berikut beberapa fakta menarik Colosseum yang membuat kita berdecak kagum.
1. Colosseum dibangun di bawah kekuasaan Kaisar Vespasianus, pendiri dinasti Flavianus, di jantung Roma Kuno.
2. Nama asli Colosseum adalah Flavian Amphitheatre, setelah Dinasti Kaisar Flavianus.
3. Nama Colosseum berasal dari patung raksasa Colossus Kaisar Nero yang pernah berdiri di dekatnya. Patung perunggu setinggi 30 meter (100 kaki) ini awalnya terletak di dalam istana pribadi Kaisar Nero di pusat kota Roma. Patung itu akhirnya dipindahkan ke suatu tempat di luar Flavian Amphitheatre, di mana ia berdiri selama beberapa abad sampai menghilang dari sejarah. Nasibnya masih belum diketahui hingga saat ini. Patung ini mungkin hancur atau terguling karena gempa bumi. Saat ini, tidak ada yang tersisa dari Colossus Nero kecuali fondasi alas yang berada di dekat Colosseum.
4. Monumen Roma paling populer ini dibangun karena tiga alasan, yakni:
1. Sebagai hadiah kepada Warga Roma Kuno dari Dinasti Flavianus untuk meningkatkan popularitas mereka.
2. Mempertontonkan berbagai bentuk hiburan kepada warga Roma Kuno.
3. Untuk memamerkan teknik-teknik Romawi kepada dunia.

5. Lebih dari 100.000 meter kubik batu travertine dan tufa digunakan untuk dinding luar Colosseum yang dipasang tanpa mortar yang disatukan oleh 300 ton klem besi. Di abad pertengahan, sebagian besar klem besi dicuri dan digunakan untuk membuat hal-hal lain. Kebanyakan digunakan dalam persenjataan. Batu travertine dan tufa merupakan varietas batu kapur, yang secara alami dihasilkan oleh mata air panas.
6. Bukti sejarah menunjukkan bahwa 200 gerobak sapi digunakan untuk mengangkut kelereng ke lokasi konstruksi. Jumlah total kelereng yang digunakan untuk pembangunan Colosseum diperkirakan sebanyak 100.000 meter kubik.
7. Colosseum merupakan ampiteater terbesar di dunia! Dengan bentuk elips, luas dasar colosseum sebesar 24.000 m², panjang 189 meter, lebar 156 meter, dan tinggi 50 meter (kira-kira setinggi gedung 12 lantai).

8. Bangunan yang brilian ini memiliki 80 pintu masuk dan dapat menampung sekitar 50.000 penonton yang datang untuk menyaksikan berbagai acara olahraga dan pertandingan. Peristiwa ini termasuk pertempuran gladiator, perburuan hewan liar, pertempuran laut tiruan, reka ulang berbagai pertempuran terkenal, eksekusi dan drama.
9. Di bawah Colosseum terdapat banyak kamar dan lorong bawah tanah. Area di bawah Colosseum disebut Hypogeum (yang berarti bawah tanah). Hypogeum terdiri dari dua tingkat jaringan terowongan bawah tanah dan 32 kandang hewan. Di bawah tanah inilah hewan dan gladiator berada, sambil menunggu nasib mereka. Selain itu terdapat pula 36 pintu jebakan di arena untuk beberapa efek khusus.
Hewan-hewan yang di kandang bawah arena diangkat ke atas menggunakan sistem lift yang ditarik dengan menggunakan tali. Dengan cara ini maka hingga 100 hewan bisa muncul sekaligus di arena.
10. Untuk melindungi penonton dari terik matahari dan panas, maka dipasang velarium. Velarium merupakan sebuah tenda yang bisa ditarik di atas area tempat duduk untuk memberi keteduhan. Pintar kan?
11. Gladiator adalah orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat Romawi, tanpa hak kewarganegaraan, dan pada dasarnya atau secara harfiah adalah budak. Sebagian besar Gladiator adalah budak atau tawanan perang. Setelah diterima menjadi gladiator, mereka akan dilatih di sekolah gladiator dengan gaya militer. Selain itu, para gladiator memiliki standar hidup yang lebih tinggi daripada budak biasa.
12. Jika seorang gladiator berhasil mengalahkan lawannya, maka ia akan melihat ke arah ke kaisar atau penonton untuk menjatuhkan vonis. Jempol ke bawah sama dengan kematian, sedangkan jempol ke atas berarti dia diselamatkan.
13. Pintu Keluar Barat disebut Gerbang Kematian (Gate of Death). Hal ini disebabkan karena gerbang tersebut adalah pintu keluar yang dilewati oleh gladiator yang telah mati.
14. Tidak ada biaya masuk, pada acara-acara besar Colosseum. Semuanya sering kali diselenggarakan dan dibayar oleh para kaisar sendiri. Sebagai bonus, terkadang disajikan pula makanan enak secara gratis. Kaisar melakukan hal ini sebagai cara untuk mendapatkan popularitas dan dukungan dari publik.
15. Permainan pertama yang diadakan di Colosseum pada tahun 80 AD oleh Kaisar Titus (putra Vespasian) berlangsung selama 100 hari berturut-turut. Pada saat itu terdapat lebih dari 3000 pertarungan gladiator.
16. Untuk merayakan kemenangannya, Kaisar Trajan menggunakan 11.000 hewan dan lebih dari 10.000 gladiator. Mereka semua terlibat dalam serangkaian pertunjukan berdarah selama 123 hari.
17. Hewan-hewan yang digunakan dalam pertunjukan diambil dari seluruh kekaisaran Romawi. Berbagai macam spesies, mulai dari singa, serigala, harimau, macan tutul, beruang, kuda nil, burung unta, badak, hingga buaya, pernah digunakan.
Begitu banyak binatang buas yang terbunuh di Colosseum Roma selama ratusan tahun sehingga beberapa hewan eksotis menjadi punah. Hippopotamus ditangkap dari Sungai Nil di Mesir tetapi setelah era Romawi mereka menghilang dari habitat ini.

18. Adapun jadwal harian acara di Colosseum yakni sebagai berikut:
- Pada pagi hari,  pertunjukan binatang. Terkadang hanya parade. Atau, mungkin ada perburuan hewan, yang disebut venasi, di mana seluruh set panggung akan digunakan dengan meniru lingkungan perburuan. Kaisar kadang-kadang mengambil bagian dalam acara ini. Dalam perburuan ini mereka menembaki binatang dengan busur dan anak panah dari tempat duduk mereka.
- Salah satu agian dari permainan hewan adalah Bestiarii. Bestiarii adalah pertarungan antara seorang gladiator melawan hewan liar. Hewan yang digunakan biasanya hewan yang kelaparan atau sengaja telah dipukuli agar menjadi lebih ganas.
- Masih bagian hewan, kadang-kadang penjahat yang dijatuhi hukuman mati dibiarkan melawan hewan liar di Colosseum. Penjahat seperti ini biasanya dibiarkan melawan hewan-hewan buas tanpa perlindungan atau perisai.
- Pada siang hari, ada eksekusi, kadang-kadang menggunakan penyiksaan, kadang-kadang menggunakan hewan liar untuk menyerang tahanan yang diikat.
- Pada sore hari, bagian yang paling menarik dan penting dari jadwal hari itu adalah pertarungan gladiator. Dalam beberapa kasus, pertempuran diulang kembali. Dalam beberapa kasus terjadi pertarungan sampai mati, tetapi kadang-kadang itu hanya pertarungan biasa antara gladiator tanpa saling membunuh satu sama lain.
19. Pertarungan gladiator terakhir terjadi pada abad ke-5 (435 CE) dan perburuan hewan terakhir berhenti pada abad ke-6 (523 Masehi). Pertarungan-pertarungan ini dihentikan karena biaya pengadaan hewan dan gladiator, serta menjaga fasilitas Colosseum sangat mahal.
20. Diperkirakan bahwa lebih dari 500.000 orang kehilangan nyawa mereka dan lebih dari 1.000.000 hewan liar terbunuh selama Colosseum menjadi tuan rumah bagi manusia versus binatang buas ataupun sebaliknya.
21. Banyak bencana alam telah menghancurkan struktur Colosseum. Bencana alam terparah adalah gempa bumi yang terjadi tahun 847 AD dan 1231 Masehi yang menyebabkan sebagian besar kerusakan yang masih bisa kita lihat hingga saat ini.
22. Beberapa potongan marmer Colosseum yang jatuh akibat gempa digunakan untuk membangun Basilika Santo Petrus di Vatikan.
23. Pada abad ke-8, Saint Bede, seorang biksu asal Inggris, menulis:
“Selagi Colosseum berdiri, Roma akan berdiri, tetapi ketika Colosseum jatuh, Roma akan jatuh - dan ketika Roma jatuh, dunia akan berakhir.  (While the Colosseum stands, Rome shall stand, but when the Colosseum falls, Rome shall fall – and when Rome falls, the world will end)”.
24. Ray Charles, Paul McCartney, Billy Joel, dan Elton John pernah melakukan konser di Colosseum.
25. Berkat kerja kerasnya, sutradara Ridley Scott berhasil mendapatkan ijin untuk membuat film Gladiator di Colosseum. Namun karena terlalu banyak pembatasan dan Colosseum yang sekarang tidak cukup besar untuk standar Hollywood, ia memutuskan membangun replika Colosseum di Malta dengan perkiraan biaya $1 juta.

26. Hukuman mati telah dihilangkan di Italia sejak 1948. Roman Colosseum dianggap sebagai simbol terhadap hukuman mati. Saat ini, kapan saja di dunia, hukuman mati diringankan atau dibebaskan, maka lampu-lampu di Colosseum akan berubah warna dari putih menjadi emas. Perubahan warna ini juga terjadi setiap kali suatu yurisdiksi menghapuskan hukuman mati.
27. Setelah tidak digunakan lagi untuk pertunjukan, Ahli botani atau ilmuwan tumbuhan sangat tertarik pada Colosseum. Pada 1643, ahli botani mulai membuat katalog tanaman di dalam Colosseum dan menemukan 337 spesies tanaman yang tumbuh di sana. Berbagai varietas tumbuhan yang hidup di sana diduga berasal dari biji-bijian yang dimakan oleh binatang yang digunakan dalam pertunjukan atau pertandingan. Saat ini hanya sedikit spesies yang ada di sana tetapi masih merupakan ekosistem flora yang unik.
28. Saat ini, Colosseum telah menjadi situs wisata populer di Kota Roma yang mampu menarik ribuan pengunjung setiap tahun.

*********
SUMBER RUJUKAN
- www.romewise.com/facts-about-the-roman-colosseum.html
- www.natgeokids.com/uk/discover/history/romans/colosseum
- www.aroundrometours.com/30-interesting-facts-about-the-roman-colosseum-art10-uid1.htm
- www.seriousfacts.com/the-roman-colosseum-facts
- luxeadventuretraveler.com/fun-facts-about-the-colosseum
- ohfact.com/interesting-facts-about-the-roman-colosseum/amp
- www.realmofhistory.com/2016/08/06/8-facts-about-the-colosseum
- www.softschools.com/facts/wonders_of_the_world/colosseum_facts/88
- italiannotes.com/facts-colosseum
- romancolosseum.org/roman-colosseum-facts

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *