Eksperimen: Memasukan Telur Rebus Ke Dalam Botol

(Sumber gambar: www.education.com/activity/article/Flexible_Egg/)



WANIBESAKc - Tahukah anda bahwa telur yang telah dapat dimasukan ke dalam botol? Ya benar, rebusan telur yang telah direbus dapat dimasukan ke dalam botol. Tentu kita tidak pernah berpikir untuk memasukan telur melalui botol yang mulutnya lebih kecil dibanding ukuran telur. Hal ini disebabkan jika kita mencoba memasukan dengan cara mendorong, tentu saja telur tersebut akan hancur berantakan.
Oleh sebab itu, diperlukan cara tertentu agar telur bisa masuk ke dalam botol. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah memasukan telur menggunakan tekanan udara. Eksperimen mengenai cara ini sangat mudah untuk dilakukan, sehingga Anda dapat mempraktekan di dalam laboratorium maupun dirumah Anda sendiri.

ALAT DAN BAHAN
- Telur rebus yang telah dikupas
- Botol dengan diameter mulut sedikit besar tetapi tidak dapat dilewati oleh telur rebus.
- Kertas koran sekitar 8-9 cm
- Korek api

CARA KERJA
Cara I
1. Siapkan botol yang akan digunakan.
2. Bakar selembar kertas, kemudian segera masukan ke dalam botol.
3. Sebelum api padam, letakan telur rebus telah dikupas pada mulut botol.
4. Tekan sedikit telur agar telur sesak pada mulut botol. Tujuannya tidak ada udara yang keluar maupun masuk ke dalam botol.
5. Tunggu beberapa saat.
6. Amati.
7. Jika percobaan benar maka secara perlahan telur akan tertarik masuk ke dalam botol.
 
(Sumber gambar: sites.google.com/site/daydayandkyreeproject/)
Cara II
Selain menggunakan cara di atas proses pemanasan botol dapat dilakukan menggunakan air panas (mendidih). Botol yang telah diletakan telur dimulutnya diletakan ke dalam air panas atau air mendidih.

PENJELASAN
Setelah melakukan percobaan ini tentu kita akan bertanya mengapa hal ini dapat terjadi. Untuk menjawab pertanyaan ini kita lihat kembali pada langkah 4. Pada langkah tersebut dapat dilihat bahwa telur yang telah diletakan di atas botol akan menutup keluar atau masuknya udara. Oleh sebab itu ketika kertas terbakar, maka emua oksigen di dalam botol akan digunakan untuk melangsungkan pembakaran.
Ketika api padam suhu dan tekanan di dalam botol akan menurun. Penurunan suhu yang terjadi menyebabkan tekanan udara yang berada di luar botol lebih tinggi atau lebih besar dibanding tekanan udara di dalam botol. Perbedaan tekanan inilah yang bisa membuat telur ditarik ke dalam botol.



SUMBER RUJUKAN
www.education.com/activity/article/Flexible_Egg/



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *