14 Fakta Menarik tentang Orang Yahudi


1. Orang Yahudi adalah kelompok etnis-agama yang berasal dari Ibrani, atau Israel. Kebangsaan orang Yahudi, agama, dan etnisitas sangat terkait. Yudaisme adalah iman tradisional orang-orang Yahudi tetapi ketaatannya dapat bervariasi dari ketaatan yang ketat hingga tidak ada ketaatan sama sekali.
2.  Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia. Orang Yahudi percaya bahwa tanah Israel adalah pusat Yudaisme sebagai tanah yang Tuhan berikan kepada mereka.
3. Orang-orang Yahudi telah mempertahankan kehadiran mereka di Israel yang tak terputus di sana selama lebih dari 3.000 tahun. Berbagai situs sejarah dan arkeologinya menjadi saksi nyata tentang kehidupan Yahudi selama berabad-abad. Bahkan Alquran mengacu pada orang Yahudi sebagai "Anak-anak Israel (Children of Israel)".
4. Secara historis dari masa Abraham selama sekitar 1.500 tahun, jika seseorang memiliki ayah Yahudi maka anak dari orang tersebut termasuk keturunan seseorang menjadi Yahudi. Selama 1.900 tahun berikutnya, anak-anak dari seorang ibu yang berketurunan Yahudi digolongkan sebagai orang Yahudi. Aturan itu telah berubah dalam 20 tahun terakhir. Sekarang jika Anda Ortodoks atau Konservatif, Anda adalah orang Yahudi jika ibu Anda adalah orang Yahudi. Jika Anda seorang Yahudi Reformasi atau Rekonstruksionis, Anda adalah orang Yahudi jika salah satu orang tua anda adalah orang Yahudi. Anda dilahirkan sebagai orang Yahudi dan tidak ada yang dapat mengambilnya dari Anda.

5. Bahasa Yiddish telah menjadi bagian dari identitas Yahudi selama lebih dari seribu tahun. Yiddish digunakan oleh orang Yahudi Ortodoks di seluruh dunia dan merupakan bahasa pertama Haredi Yudaisme di rumah, sekolah, dan di banyak lingkungan sosial. Ini juga digunakan dalam Hasidic Yeshivas.
6. Saat ini terdapat sekitar lebih dari 14.500.000 orang Yahudi di dunia.
7. Yudaisme adalah agama, budaya, filsafat, dan cara hidup orang-orang Yahudi. Agama monoteistik kuno, Yudaisme adalah agama terbesar ke-10 di dunia. Yudaisme adalah ekspresi dari hubungan perjanjian yang telah ditetapkan Allah dengan “anak-anak Israel”.
8. Dalam agama Yahudi, agama dan kehidupan adalah satu. Mereka tidak bisa dipisahkan. Ada perayaan dan liburan sepanjang tahun, seperti Paskah, Rosh Hashanah, dan Yom Kippur. Hari libur lainnya termasuk hari Sabat, Festival Booths (the Festival of Booths), Hanukkah dan Purim.
9. Di Israel saat Yom Kippur semua toko ditutup dan tidak ada lalu lintas karena semua orang akan berada di rumah untuk merayakannya.
10. Yudaisme dan Yahudi menggunakan kalender lunar di mana Tahun Baru terjadi pada awal Agustus hingga Oktober.  
11. Ketika seorang anak laki-laki Yahudi berusia 13 tahun atau seorang gadis Yahudi berumur 12 tahun, maka mereka akan merayakan Bar Mitzvah atau Bat Mitzvah. Hal ini merupakan sebuah ritus peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. 
12. Yudaisme telah mengembangkan sekte dan ekspresi iman yang berbeda dari waktu ke waktu. Ini termasuk Yudaisme Konservatif, Ortodoks, Hasid, dan Reformed. Bintang Daud adalah simbol agama Yudaisme. Tutup kepala tanpa alas yang dipakai di Temple (dan setiap saat oleh beberapa pria) adalah kippah dan selendang shalat disebut Tallit.
13. Diet halal melibatkan makan sesuai dengan hukum diet yang ditemukan dalam Taurat. Kosher berarti cocok untuk digunakan dan karena ini berhubungan dengan makanan, itu berarti tidak hanya makan sesuai dengan kode Alkitab yang ditentukan tetapi juga dengan penghormatan untuk semua kehidupan dan hubungan antara apa yang kita makan dan bagaimana kita bertindak di dunia.
14. Makanan yang berbeda akan dimakan pada hari raya dan perayaan Yudaisme yang berbeda. Untuk makan malam Paskah, orang Yahudi masih makan roti renyah (crispy flat bread) yang disebut matza. Roti yang dibuat untuk makan malam pada hari Sabat disebut challah.


SUMBER RUJUKAN
50 Facts About IsraelThat Are Worth Reading. 12 September 2018. () diakses Pada 11/10/2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *