12 Fakta Keren Bintang Laut

Foto close up dari bintang laut jingga di atas pasir putih

Starfish atau bintang laut adalah hewan laut yang indah yang ditemukan dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. 
Karakteristik yang paling khas saat dilihat adalah lengan mereka yang membentuk bentuk bintang. 
Semua bintang laut menyerupai bintang dan yang paling umum hanya memiliki 5 lengan. Walaupun demikian, beberapa bintang laut dapat memiliki 40 lengan. 
Salah satu keunikan, makhluk laut menakjubkan yang termasuk kelompok hewan echinodermata ini adalah berjalan menggunakan kaki kecil yang berbentuk tabung.

01. Bintang Laut Bukan Ikan
Meskipun bintang laut hidup di bawah air dan biasanya disebut "bintang laut," tetapi harus diingat bahwa bintang laut bukanlah ikan sejati. Mereka tidak memiliki insang, sisik, atau sirip seperti ikan.
Pergerakan bintang laut juga sangat berbeda dari ikan. Ikan mendorong diri dengan menggunakan ekor, sedangkan bintang laut memiliki kaki tabung kecil yang membantu mereka untuk bergerak.
Karena mereka tidak digolongkan sebagai ikan, para ilmuwan lebih suka menyebut bintang laut sebagai bintang laut.

02. Bintang Laut Adalah Echinodermata
Bintang laut termasuk dalam filum Echinodermata. Hal ini menunjukan bahwa bintang laut berkaitan dengan dolar pasir (sand dollars), bulu babi (sea urchins), teripang (sea cucumbers), dan bunga lili laut (sea lilies). Secara keseluruhan, filum ini mempunyai lebih dari 6.000 spesies.

03. Ada Ribuan Spesies Bintang Laut
Terdapat sekitar 2.000 spesies bintang laut.  Sebagian hidup di zona intertidal, sedangkan yang lainnya hidup di laut dalam. Banyak spesies bintang laut hidup di daerah tropis. Selain itu dapat ditemukan juga di daerah dingin — bahkan daerah kutub.

04. Tidak Semua Bintang Laut Memiliki Lima Lengan
Bintang Matahari (Sumber gambar: www.thoughtco.com/facts-about-sea-stars-2291865))

Mungkin banyak orang paling akrab dengan spesies bintang laut yang memiliki lima lengan. Namun perlu diingat bahwa tidak semua bintang laut hanya memiliki lima lengan. Beberapa spesies memiliki lebih banyak lengan lagi, misalnya bintang matahari dapat memiliki hingga 40 lengan.

05. Bintang Laut Dapat Meregenerasi Lengannya
Salah satu kehebatan bintang laut adalah dapat meregenerasi lengannya yang hilang, misalnya terluka atau putus katena adanya predator.

06. Bintang Laut Dilindungi oleh Armor
Bintang laut yang berduri (Sumber gambar: www.thoughtco.com/facts-about-sea-stars-2291865)

Tergantung pada spesiesnya, kulit bintang laut mungkin terasa kasar atau sedikit berduri. Bintang laut memiliki lapisan keras di sisi atasnya, yang terdiri dari lempeng kalsium karbonat dengan duri kecil di permukaannya.
Duri bintang laut digunakan untuk melindungi diri dari predator, seperti burung, ikan, dan berang-berang laut. Salah satu bintang laut yang sangat berduri adalah bintang laut mahkota duri.

07. Bintang Laut Tidak mempunyai Otak dan Darah
Tanpa otak atau darah, tampaknya gila untuk berpikir bahwa bintang laut dapat bertahan hidup di kedalaman samudera luas. Namun, mereka menemukan cara yang sangat pintar dan sederhana untuk mengatasinya.
Alih-alih berdarah, bintang laut memiliki sistem yang sirkulasinya terdiri dari air laut.
Air laut dipompa ke dalam sistem vaskular bintang melalui sebuah pelat berbentuk saringan. Saringan ini seperti pintu perangkap yang disebut madreporite, yang sering terlihat sebagai titik berwarna terang di bagian atas bintang laut.
Dari madreporite inilah air laut bergerak ke kaki tabung bintang laut sehingga menyebabkan lengannya melebar. Otot yang berada di dalam kaki tabung digunakan untuk menarik kembali anggota gerak.

08. Bintang Laut Bergerak Menggunakan Kaki Tabungnya
Kaki tabung bintang laut yang digunakan untuk bergerak (Sumber gambar: www.thoughtco.com/facts-about-sea-stars-2291865)

Bintang laut bergerak menggunakan ratusan kaki tabung, yang terletak di bagian bawahnya. Kaki tabung diisi dengan air laut, yang dibawa oleh bintang laut melalui madreporite di sisi atasnya.
Bintang laut dapat bergerak lebih cepat dari yang Anda duga. Jika Anda memiliki kesempatan, cobalah mengunjungi kolam air pasang atau akuarium dan luangkan waktu sejenak untuk menyaksikan pergerakan bintang laut. Anda akan menyadari bahwa pergerakan ini termasuk salah satu pemandangan di lautan yang paling menakjubkan.
Kaki tabung yang dimiliki bintang laut juga membantu bintang laut memegang mangsanya, termasuk kerang dan kerang.

09. Bintang Laut Memiliki Mata
Banyak orang terkejut ketika mengetahui bahwa bintang laut ternyata memiliki mata. Mata bintang laut terletak pada ujung setiap lengan. Hal ini menunjukan bahwa bintang laut yang mempunyai 5 lengan pasti memiliki lima mata.  Sedangkan bintang matahari yang memiliki 40 lengan pasti memiliki 40 mata.
Setiap mata bintang laut sangat sederhana dan terlihat seperti sebuah titik merah. Mata bintang laut tidak mampu melihat banyak detail tetapi dapat merasakan terang dan gelap. Fungsi ini tentu lebih dari cukup untuk lingkungan tempat tinggal bintang laut.

10. Bintang laut bisa makan di luar tubuh
Gambar bintang laut yang sedang menangkap kerang (Sumber gambar: www.thoughtco.com/facts-about-sea-stars-2291865)

Karena mulut kecil mereka di bagian bawah tubuh mereka, bintang laut telah beradaptasi dengan cara yang cerdik untuk makan hal-hal yang lebih besar daripada yang bisa masuk ke mulut mereka.
Mereka memiliki perut yang dapat mencerna makanan di luar tubuh mereka, sehingga bisa masuk ke mulut mereka. Ini memungkinkan makanan untuk dipecah lebih jauh di dalam tubuh.

11. Tidak semua bintang laut berbentuk bintang
Hampir semua bintang laut terbentuk seperti bintang, yaitu bagaimana mereka mendapatkan nama kelompoknya. Namun, ada beberapa kasus khusus.
The Cushion Starfish memiliki bentuk bulat seperti gumpalan, sementara memiliki semua kualitas genetik yang diperlukan untuk menjadi bintang laut. Bintang laut ini sebenarnya jauh lebih lembut daripada bintang laut lainnya, memakan detritus dan tumbuhan. Bintang laut lainnya akan cenderung memakan kerang atau tiram.

12. Bintang Laut Memiliki Dua Cara untuk Mereproduksi
Bintang laut jantan dan betina sangat sulit untuk dibedakan karena mereka terlihat identik. Mungkin banyak spesies hewan yang bereproduksi hanya menggunakan satu metode, tetapi bintang laut sedikit berbeda.
Bintang laut dapat bereproduksi secara seksual dengan cara melepaskan sperma dan telur (disebut gamet) ke dalam air. Sperma menyuburkan gamet dan menghasilkan larva yang akan berenang, akhirnya menetap di dasar samudra, dan tumbuh menjadi bintang laut dewasa.
Bintang laut juga dapat bereproduksi secara aseksual melalui regenerasi, yang terjadi ketika bintang laut kehilangan lengannya.

SUMBER RUJUKAN
www.thoughtco.com/facts-about-sea-stars-2291865
www.visitsealife.com/blackpool/conservation/sea-life-blog/7-amazing-starfish-facts/

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *