25 Fakta Menarik Tentang Negara Israel



Israel adalah negara kecil tetapi sangat beragam yang ada di Timur Tengah dengan banyak atraksi bagi wisatawan, termasuk iklimnya yang hangat; banyaknya pantai dan situs arkeologi, serta sejarah dan alkitabiah yang menarik. 
Kota ini terletak di pantai tenggara Laut Tengah dan pantai utara Laut Merah. Ibukotanya adalah Yerusalem. Ia juga dikenal sebagai pusat tekogis di Timur Tengah. 
Karena sangat menarik, maka pada artikel kali ini kita akan melihat lebih detail fakta tentang sejarah negara Israel yang selama ini membuat kita sangat penasaran.

1. Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki nama yang sama, terletak di tanah yang sama dan berbicara dengan bahasa yang sama seperti yang pernah terjadi pada lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Sebagian besar orang Yahudi pernah dipaksa oleh orang Romawi ke Diaspora (pengasingan) setelah penghancuran Kuil Raja Salomo di Yerusalem pada tahun 70 C. Tetapi tidak semua orang-orang Yahudi pergi meninggalkan tanah leluhur mereka. 
2. Komunitas Yahudi mulai dibangun kembali di Tiberius dan Yerusalem pada abad kesembilan. Lima komunitas lain tumbuh pada abad ke-11. Sangat banyak orang Yahudi yang meninggal selama Perang Salib yang terjadi pada abad ke-12. Walaupun demikian komunitas-komunitas Yahudi mulai bangkit kembali dan membangun komunitas baru dalam tiga abad berikutnya. Dari permulaan hingga saat ini orang-orang Yahudi telah mempertahankan hubungan dengan tanah air mereka selama lebih dari 3.700 tahun.
3. Mulai tahun 1870, 78 tahun upaya pembangunan bangsa memuncak dalam pendirian kembali Negara Yahudi Israel. Pada tahun 1917 pemerintah Inggris mendukung pembentukan sebuah negara Yahudi yang permanen di Palestina melalui Deklarasi Balfour, yang dimasukkan ke dalam Mandat Liga Bangsa-Bangsa (League of Nations Mandate) pada tahun 1922. Upaya pembangunan komunitas terputus beberapa saat selama Perang Dunia II, ketika lebih dari enam juta orang Yahudi terbunuh karena Bencana.
4. Menyusul resolusi partisi PBB tahun 1947 yang menyetujui rencana pembagian Palestina, maka sekitar 600.000 orang Arab mengungsi antara 1947 dan 1949. Akhirnya Negara Israel secara resmi dideklarasikan pada 14 Mei 1948 dengan David Ben-Gurion sebagai perdana menteri pertama.
5. Setelah Israel merdeka, pasukan militer dari Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, dan Irak segera menyerang Israel. Serangan ini merupakan serangan pertama dalam serangkaian perang Arab-Israel. Perjanjian gencatan senjata dicapai pada tahun 1949 dan Tepi Barat dibagi dari Israel menjadi bagian dari Yordania sementara Jalur Gaza menjadi milik Mesir. Maksud dari perjanjian ini hanya sementara dan berfungsi sebagai pendahuluan bagi perjanjian perdamaian permanen ketika Israel diterima di PBB pada tahun yang sama.
6. Pemerintah Israel mengadopsi Hukum Pengembalian (Law of Return) pada tahun 1950 yang menyatakan bahwa "Setiap orang Yahudi memiliki hak untuk datang ke negara ini..." sebagai seorang imigran. Mereka juga menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.
7. Perang Enam Hari terjadi pada tahun 1967 antara Israel melawan Mesir, Suriah, dan Yordania. Perang ini disebut perang 6 hari karena Israel berhasil mengalahkan negara-negara tersebut hanya dalam 6 hari. Setelah memenangkan pertempuran ini, Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza, Dataran Tinggi Golan, dan Semenanjung Sinai. Pada tahun 1973 Mesir dan Suriah memulai serangan udara terhadap Israel di Yom Kippur. Pertempuran ini berakhir dalam dua minggu sesuai resolusi U. N.
8. Pada tahun 1977 Presiden Mesir Anwar Sadat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Menachem Begin di Yerusalem untuk membicarakan damai. Mereka kemudian melanjutkan pembicaraan ini dengan Presiden Jimmy Carter di Camp David pada tahun 1978 dan Kerangka Perdamaian di Timur Tengah didirikan. Keberhasilan ini membuat Sadat dan Begin memperoleh Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun itu. 
Pada Maret 1979 Perjanjian Damai Mesir - Israel ditandatangani dan Israel setuju untuk mundur dari Sinai. Mesir setuju untuk mengizinkan kapal-kapal Israel bebas melewati Terusan Suez dan membangun hubungan diplomatik dengan mereka. Kesepakatan ini membuat Mesir diusir dari Liga Arab (Arab League) dan Sadat dibunuh.
9. Pada tahun 1987 sebuah pemberontakan Palestina melawan pemerintahan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang dikenal sebagai Intifada dimulai. Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO dibentuk pada tahun 1964, (PLO = Palestine Liberation Organization).
PLO kemudian menerima dua resolusi PBB yakni untuk mengakui Israel sebagai negara yang berdaulat dan melepaskan terorisme. Pada tahun 1991 Konferensi Perdamaian Madrid diselenggarakan oleh AS dan dihadiri oleh kepala negara Timur Tengah. Pada tahun 1993, pemimpin PLO Arafat dan Perdana Menteri Israel, Rabin, berjabat tangan dengan perjanjian perdamaian Timur Tengah. Pada tahun 1994 mereka mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian. Namun seperti sebelumnya, Rabin kemudian dibunuh pada tahun 1995.
10. Israel mendaur ulang air limbah dan 50 persen airnya yang berair berasal dari ini. Lebih dari 85 persen limbah padat Israel diperlakukan dengan ramah lingkungan juga, membuat Israel menjadi salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia.
11. Tarian rakyat sangat populer di Israel, terutama tarian rakyat tradisional yang disebut Hora. Perusahaan tari modern Israel sangat diakui di dunia tari internasional. Tarian rakyat ini juga dikoreografi untuk kelompok tari rekreasi dan pertunjukan.
12. Semua warga negara di Israel, Yahudi dan Arab, menikmati hak politik penuh. Perempuan juga menikmati hak penuh, seperti mereka tidak diberikan di tempat lain di Timur Tengah.
13. Israel adalah pemimpin dunia dalam penemuan teknologi baru. Beberapa teknologi yang dihasilkannya adalah: telepon seluler, teknologi surat suara, perangkat lunak antivirus pertama, teknologi chip Pentium MMX, dan sebagian besar sistem operasi Windows NT.
14. Pusat berlian grosir terbesar di dunia adalah Israel dan sebagian besar berlian yang dipotong dan digosok di dunia berasal dari negara tersebut. Itu juga negara pertama yang mengadopsi proses Kimberly. Ini adalah standar internasional baru yang mengesahkan berlian sebagai "bebas konflik (conflict free)".
15. Pers Arab yang paling bebas dan independen di Timur Tengah adalah di negara Israel.
16. Bahasa resmi Israel adalah bahasa Ibrani dan Arab. Bahasa Ibrani sudah mati dan belum diucapkan selama berabad-abad sampai Israel menghidupkannya kembali.
17. Israel adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki persyaratan wajib militer bagi perempuan.
18. Uang kertas Israel memiliki tanda "Braille" sehingga orang buta dapat "membaca".
19. Pada tahun 1952, ilmuwan terkenal Albert Einstein ditawari posisi sebagai Presiden Israel. Beliau dengan sopan menolak posisi tersebut.
20. Sekitar 1.000 surat tiba di Yerusalem setiap tahun ditujukan kepada Tuhan.
21. Lebih dari 90 persen tanah dimiliki oleh Negara Israel dan dikelola oleh Otoritas Lahan Israel (Israel Land Authority, ILA) yang mengeluarkan hak sewa jangka panjang untuk itu.
22. Ilmuwan Israel telah memutuskan bahwa daging jerapah dan susu adalah halal.
23. Israel menjadi negara pertama yang melarang penggunaan model kurus di atas catwalk. Hal ini dilakukan untuk memerangi terjadinya anoreksia.
24. Menurut statistik terbaru, nama bayi paling populer di Israel adalah Noam, untuk anak perempuan dan juga anak laki-laki. Noam artinya "menyenangkan".

25. Hingga kini, kedamaian di timur tengah terutama Yerusalem dan sekitarnya masih sangat suram.


SUMBER RUJUKAN
Editorial Staff. Last Updated On September 12th, 2018. 50 Facts About Israel That Are Worth Reading. (Thefactfile.Org/Israel-Facts/) Diakses Pada 11/10/2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *