Bisakah Tanaman Memakan Serangga?






Ketika berpikir untuk berpetualang di hutan, apa yang terlintas dalam benak Anda? Berayun dari pohon ke pohon pada tanaman merambat? Burung-burung cantik yang terbang di udara? Monyet dan makhluk eksotis lainnya berkeliaran di hutan lebat? Ataukah Anda memikirkan tumbuhan? Mungkin tidak kan? Bagaimanapun, tanaman bukanlah makhluk hidup paling menarik di dunia. Mereka hanya terdiam di tanah, menyerap air dan nutrisi dari tanah dan matahari.
Apakah Anda percaya bahwa ada beberapa tanaman yang memakan serangga dan bahkan hewan kecil dari waktu ke waktu? Itu benar adanya! Kita menyebutnya sebagai tanaman karnivora. Meskipun kebanyakan tanaman karnivora memakan serangga kecil, beberapa tanaman karnivora yang lebih besar di daerah tropis telah diketahui menangkap tikus, burung, dan katak.
Satu tanaman karnivora yang telah banyak diketahui para secara luas adalah  penangkap lalat Venus (the Venus flytrap). "Rahangnya (jaws)" yang unik dapat dipicu oleh lalat dan serangga kecil lainnya. Begitu rahangnya mendekati mangsanya, penangkap lalat Venus mengeluarkan enzim untuk memecah serangga menjadi bubur yang dapat diserap sebagai nutrisi.
Ada beberapa contoh lain dari tanaman karnivora. Tanaman pitcher, misalnya, memiliki daun seperti gelas sampanye, yang dapat menangkap serangga. Sundews, di sisi lain, menjebak korban mereka dengan menggunakan tentakelnya yang lengket. Bladderworts tumbuh di kolam dan aliran, di mana mereka mengisap mangsa mereka seperti pembersih vakum bawah air.
Tanaman karnivora cenderung tumbuh di daerah yang tanah sangat tipis dan tidak memiliki nutrisi yang diperlukan. Untuk bertahan hidup, tanaman ini harus mencari sumber lain untuk dijadikan sebagai nutrisi yang mereka butuhkan. Menangkap dan mencerna serangga memungkinkan tanaman unik ini bertahan hidup. Sayangnya, faktor manusia dan lingkungan terus mengancam lingkungan yang terbatas di mana Anda dapat menemukan tanaman karnivora liar.
Bagi banyak orang, pikiran tentang tanaman memakan hewan tampak sangat aneh. Bahkan, lebih dari satu orang telah mengubah ide menjadi cerita atau film yang lumayan menyeramkan. Namun jangan khawatir, tanaman karnivora tidak menimbulkan bahaya bagi manusia. Kecuali Anda seukuran serangga kecil. Anda tidak perlu khawatir akan menjadi mangsa penangkap lalat Venus atau tanaman pitcher.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *