Rhodochrosite: Mineral Mangan Karbonat Pink yang Digunakan sebagai Bijih, Batu Permata, dan Spesimen Kristal



Gambar beberapa Cabochons Rhodochrosite. Semua batu dipotong dari bahan yang ditambang di Argentina. (Sumber gambar: vsemart.com/love-mineral-rhodochrosite/)

Rhodochrosite adalah mineral karbonat mangan warna yang berkisar dari merah muda hingga merah terang. Rhodochrosite memiliki komposisi kimia  (Mn, Fe, Mg, Ca)CO3  dengan sistem kristal hexagonal. Mineral ini hanya ditemukan di sejumlah kecil lokasi di seluruh dunia, di mana mineral mangan lainnya biasa ditemukan.
Nama rhodochrosite berasal dari kata Yunani, "rhodokhros", yang berarti "mawar berwarna".
Kadang-kadang juga disebut "Rosa del Inca" atau "Inca rose stone" dan dikatakan bahwa suku Inca percaya bahwa rhodochrosite adalah darah dari mantan penguasa mereka yang telah berubah menjadi batu.

PEMBENTUKAN GEOLOGIS
Rhodochrosite biasanya terbentuk pada fraktur dan rongga batuan metamorf dan sedimen. Selain itu, kehadiran rhodochrosite sering dikaitkan dengan deposit perak. Oleh sebab itu, beberapa tambang perak menghasilkan rhodochrosite sebagai produk sampingan.
Rhodochrosite kadang-kadang digunakan sebagai bijih mangan tetapi jarang ditemukan dalam kuantitas ekonomi. Spesimen dengan warna pink yang indah digunakan untuk membuat batu permata yang sangat indah. Rhodochrosite jarang ditemukan sebagai kristal yang terbentuk dengan sempurna, sehingga kristal ini bisa sangat berharga sebagai spesimen mineral.
Endapan rhodochrosite utama ada di Argentina. Sumber-sumber lain termasuk Chili, Meksiko, Peru, Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Kristal Rhodochrosite juga ditemukan di Rumania dan Hongaria.

SIFAT FISIK DAN KIMIA
Rhodochrosite merupakan karbonat mangan, tetapi atom mangan dalam komposisinya sering digantikan oleh atom besi, magnesium, dan atau kalsium seperti yang ditunjukkan menggunakan rumus kimianya : (Mn, Fe, Mg, Ca)CO3.
Substitusi mangan oleh unsur-unsur yang lain dapat mengubah rumus kimia, massa jenis, kekerasan, dan warna mineral. Warna yang dihasilkan dari variabilitas kimia ini berkisar antara merah muda cerah dapat menjadi keabu-abuan, kekuningan, atau kecoklatan.
Rhodochrosite umumnya mudah diidentifikasi karena jarang bercampur dengan mineral lain. Warna merah mudanya, pembelahan yang sempurna dalam tiga arah, kekerasan rendah, dan buih yang sedikit dengan asam hidroklorat encer dingin jarang terlihat pada mineral lainnya.
Secara umum sering terjadi kekeliruan antara rhodochrosite dan rhodonite. Hal ini disebabkan keduanya sama-sama merupakan mineral mangan dengan warna merah jambu yang  sangat mirip. Walaupun rhodonit memiliki warna kemerahan sama dengan rhodochrosite, namun biasanya memiliki inklusi hitam dari oksida mangan. Sebagai anggota kelompok kalsit, rhodochrosite berkaitan dengan smithsonite, gaspeite dan kalsit. Rhodochrosite juga dapat mirip dengan fire opal (opal api), tugtupite (juga dikenal sebagai  reindeer stone (batu rusa)), turmalin pink, dan bustamite.

RHODOCHROSITE SEBAGAI GEMSTONE
Rhodochrosite adalah batu permata favorit bagi banyak orang. Namun memotong rhodochrosite merupakan pekerjaan yang sulit karena materialnya memiliki pembelahan yang sempurna, dan sangat lembut sehingga sulit dipoles.
Rhodochrosite memiliki kekerasan hanya 3,5 hingga 4 skala Mohs dan memiliki pembelahan yang sempurna dalam tiga arah. Oleh karena itu, Rhodochrosite tidak cocok digunakan pada cincin atau gelang yang mungkin mudah mengalami kerusakan akibat abrasi atau benturan.

PERAWATAN DAN PEMBERSIHAN PERHIASAN YANG MENGGUNAKAN BATU PERMATA RHODOCHROSITE
Rhodochrosite adalah batu permata yang cukup lunak, sehingga harus dirawat dengan baik untuk mencegah kerusakan. Karena debu rumah tangga mengandung kuarsa, yang memiliki skala kekerasan 7 Mohs, hanya membersihkan debu dari batu permata rhodochrosite dapat menyebabkan goresan.
Cara terbaik untuk membersihkan batu permata rhodochrosite adalah dengan menggunakan air sabun dan kain lembut. Pastikan untuk dibilas dengan baik untuk menghilangkan sisa sabun.  Jangan memaparkan rhodochrosite pada bahan kimia rumah tangga atau panas yang berlebihan.  Seperti kebanyakan batu permata, pembersih ultrasonik dan uap (steamers) tidak disarankan. Selalu singkirkan perhiasan atau batu permata apa pun sebelum berolahraga, atau terlibat dalam aktivitas fisik yang keras seperti berolahraga.  Rhodochrosite dapat dengan mudah tergores oleh zat yang lebih keras, sehingga harus disimpan jauh dari batu permata lainnya. Yang terbaik adalah membungkus batu permata dengan kain lembut atau menempatkannya di dalam kotak perhiasan berlapis kain.

SUMBER RUJUKAN
- Hobart M. King, Ph.D. Rhodochrosite: A pink manganese carbonate mineral used as an ore, a gemstone, and a crystal specimen. (geology.com/minerals/rhodochrosite.shtml) diakses pada Jumat, 06 Juli 2018.
- Rhodochrosite Gemstone Information. (www.gemselect.com/gem-info/rhodochrosite/rhodochrosite-info.php) diakses pada Jumat, 06 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *