Pedoman Penanganan atau Cara Menggunakan Asam Nitrat dengan Aman



Gambar asam nitrat berasap yang telah terkontaminasi oleh nitrogen dioksida sehingga menjadi berwarna kuning. Asam nitrat murni tidak berwarna.

BAHAYA DARI TUMPAHAN KIMIA ASAM NITRAT
Asam nitrat atau yang dikenal pula sebagai aqua fortis adalah asam yang sangat korosif dan oksidator kuat yang sering digunakan dalam produksi pupuk dan bahan bakar roket. Asam nitrat mempunyai rumus kimia HNO3.
Tujuh puluh persen asam nitrat yang tersedia secara komersial sebagai asam nitrat pekat (concentrated nitric acid). Asam nitrat yang konsentrasinya di atas 95% disebut asam nitrat berasap putih (white fuming nitric acid), sedangkan konsentrasinya di atas 86% disebut asam nitrat berasap merah (red fuming nitric acid). Saat bersentuhan dengan udara, "asam nitrat berasap" mengeluarkan asap putih atau merah yang sangat beracun, korosif, dan reaktif dengan bahan yang mudah terbakar.
Karena karakteristik korosifnya yang berbahaya dikombinasikan dengan asapnya yang beracun, tumpahan HNO3 menciptakan bahaya serius bagi pekerja di dekatnya. Jika Anda bekerja di laboratorium atau mengelola perusahaan yang menangani asam nitrat, dalam bentuk apapun, Anda harus memiliki rencana untuk membersihkan tumpahan dengan aman.

PAPARAN YANG DIIJINKAN
Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Occupationa (OSHA, Occupationa Safety and Health Administration) saat ini menyatakan bahwa eksposur yang diizinkan untuk asam nitrat adalah 2 bagian per juta bagian udara selama delapan jam.

BAHAYA PAPARAN OKSIDA NITRAT
Gas asam nitrat dan asap dapat menyebabkan iritasi mata, tenggorokan, pernapasan dan kulit. Terlalu lama terkena asam nitrat tingkat tinggi dapat menyebabkan pembakaran mata yang parah dan bahkan kebutaan. Tingkat paparan asam nitrat seringkali diprediksi dengan cara melihat kulit karyawan. Paparan kecil mungkin memiliki dampak minimal pada kulit, tetapi paparan yang parah dapat menyebabkan luka bakar yang parah.

BEBERAPA REAKSI YANG BERBAHAYA
Asam nitrat dapat bereaksi dengan keras dan kasar dengan beberapa hal berikut:
- Mudah terbakar (Combustibles): mis. asam asetat glasial, bahan bakar diesel
- Flammables atau bahan mudah terbakar (termasuk pelarut organik yang mudah terbakar): misalnya aseton, eter, dan toluena.
- Basa: misalnya amonium hidroksida (NH4OH), kalium hidroksida (KOH), natrium hidroksida (NaOH).
- Agen pereduksi (Reducing Agents): misalnya hidrida logam, amonia, dan fosfor.
- Logam: misalnya timbal, seng (baja galvanis), dan aluminium.
- Senyawa Logam (sebagai etchant): misalnya baja, dan paduan logam.
PERHATIAN
Jangan biarkan asam nitrat terkena secara tidak sengaja atau tidak terkontrol dengan bahan-bahan ini! Produk reaksi antara asam nitrat dengan bahan kimia organik atau amonia juga bisa meledak.

BEBERAPA HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGGUNAKAN ASAM NITRAT PEKAT
- Ketika menggunakan asam nitrat dengan konsentrasi tinggi, atau ketika memanaskan asam nitrat di atas suhu kamar, pekerjaan harus dilakukan di lemari asam yang dilengkapi dengan sistem pencucian air.
- Selalu memakai sarung tangan, kacamata, pelindung wajah, dan jas lab tahan api saat menangani asam nitrat dengan konsentrasi tinggi atau jumlah besar (lebih dari 4 liter).
- Sarung tangan direkomendasikan untuk penanganan asam nitrat adalah sarung tangan Viton. Sarung tangan nitril tidak direkomendasikan untuk asam nitrat pekat (>70%). Oleh sebab itu, konsultasikan dengan produsen sarung tangan pilihan Anda untuk memastikan bahwa sarung tangan yang Anda rencanakan akan kompatibel dengan asam nitrat.
- Uap, kabut, dan cairan dari asam nitrat dapat membakar mata dan kulit. Oleh sebab itu, harus segera hubungi dokter atau layanan kesehatan jika terjadi sesuatu. Hal ini disebabkan, menunda pengobatan dapat menyebabkan edema paru-paru (pembengkakan paru-paru), bahkan kematian.
- Saat mengencerkan asam nitrat, tambahkan asam ke dalam air secara perlahan. Jangan lakukan hal yang sebaliknya.
- Setiap larutan yang mengandung asam nitrat harus dibuang sebagai limbah berbahaya setelah reaksi selesai.
- Simpan asam nitrat dalam wadah aslinya. Larutan encer harus disimpan dalam botol tahan asam. Jangan simpan asam nitrat dekat bahan yang akan bereaksi. Karena berbagai bahan kimia yang tidak kompatibel, jika memungkinkan, simpan asam nitrat dalam lemari penyimpanannya sendiri dekat lantai. Jika lemari penyimpanan khusus tidak tersedia, simpan asam nitrat dengan asam anorganik, dipisahkan dari asam lain dalam wadah sekunder (bak cucian plastik atau ember bekerja dengan sangat baik). Lemari penyimpanan yang terbuat dari laminasi plastik lebih disukai daripada lemari logam atau kayu.

MEMBERSIHKAN TUMPAHAN ASAM NITRAT
Pembersihan tumpahan asam nitrat pertama dimulai dengan peralatan perlindungan pribadi yang tepat. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, baik asap dan paparan langsung ke oksida nitrat cair berbahaya bagi manusia; oleh karena itu, pekerja harus menyiapkan kacamata pengaman kelas industri bersama dengan sarung tangan, jas lab, dan respirator.
Ada beberapa solusi berbeda yang tersedia untuk membersihkan tumpahan asam nitrat, tetapi biasanya sebaiknya menggunakan beberapa bentuk penyerap asam. Penyerap penetral asam, misalnya, akan dengan aman menyerap asam nitrat.
Tumpahan asam nitrat dalam jumlah banyak bisa sangat berbahaya. Jika kurang dari 10 mL asam pekat atau 100 mL asam encer tumpah, tumpahannya dapat dinetralkan dengan cara menambahkan secara lembut soda ash atau natrium karbonat (Na2CO3), kemudian disiram atau dibersihkan dengan banyak air. Jika tumpahannya besar (lebih dari 1 liter asam pekat atau lebih dari yang Anda miliki untuk ditangani), evakuasi laboratorium, tutup pintu, dan segera menghubungi layanan darurat.
PERINGATAN: 
Menggabungkan air ke tumpahan oksida nitrat mungkin hanya membuatnya lebih buruk. Air tidak hanya menyebarkan asam, tetapi juga bereaksi terhadapnya. Intinya adalah tidak boleh berusaha membersihkan tumpahan oksida nitrat menggunakan air.


DAFTAR PUSTAKA
- Travis Zdrazil. 2013. The Dangers of a Nitric Acid Chemical Spill.  diakses pada Sabtu, 14 Juli 2018.
- Safe Use of Nitric Acid. diakses pada Jumat, 14 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *