Morganite: Permata Yang Dikenal Sebagai Beryl Pink dan Beryl Mawar


Gambar morganite (Sumber gambar http://www.navneetgems.com/wholesale-morganite/)

Morganite, juga dikenal sebagai "beryl merah muda (pink beryl)", "mawar beryl (rose beryl)", "pink emerald", dan "cesian beryl atau caesian beryl". Morganite merupakan varietas langka dari beril yang memiliki warna berkisar antara oranye kekuningan, oranye, pink, dan ungu.
Warna merah jambu morganite disebabkan oleh hadirnya sejumlah kecil mangan atau sesium dalam struktur kristal.
"Rose", "salmon", dan "peach" merupakan beberapa kata yang sering digunakan untuk menggambarkan warna dari permata ini.
Setelah penemuan morganite di Madagaskar pada tahun 1910, Tiffany & Co memperkenalkan permata ini ke pasar Amerika. Mereka menamakan permata ini sebagai morganite untuk menghormati perusahaan pembiayaan JP Morgan, yang terkenal sebagai kolektor batu permata.
Morganite adalah jenis beryl yang paling sering dijumpai di toko perhiasan, tetapi pilihannya biasanya terbatas, dan batu dengan warna teratas sangat sulit ditemukan. Kebanyakan morganite yang dijual sebagai perhiasan telah diberi perlakuan panas untuk meningkatkan warnanya. Pada umumnya pemanasan dapat menghilangkan warna kuning dari batu dan mengubah batu oranye atau kekuningan menjadi warna pink yang lebih diinginkan.
Perawatan dengan cara pemanasan sukar tidak terdeteksi. Selain itu, warna yang dihasilkan sangat stabil dan tidak akan memudar.
Beberapa morganit telah diiradiasi untuk memperkuat warnanya. Morganit sintetik telah diproduksi di laboratorium tetapi belum dipasarkan secara luas. Salah satu faktor utama yang menyebabkan  Morganit sintetik belum dipasarkan adalah karena morganite belum dikenal secara luas oleh konsumen.
Tiga hal utama yang telah membatasi popularitas morganite yaitu :
1) kebanyakan spesimen memiliki warna yang sangat terang;
2) produsen perhiasan masih ragu-ragu untuk membuat komitmen besar pada permata ini karena mereka biasanya tidak memiliki sumber pasokan yang tetap; dan,
3) konsumen tidak akrab dengan morganite karena belum pernah dipromosikan secara besar-besaran.

Seperti aquamarine, morganite biasanya tidak memiliki inklusi yang bisa dilihat dengan jelas oleh mata. Oleh karena itu, Bahan yang kurang transparan sering diukir atau dipotong sebagai cabochons.
Kristal-kristal Morganite bisa sangat besar, sehingga batu-batu berukuran besar lebih umum daripada banyak batu permata lainnya. Ukuran yang lebih besar juga lebih cenderung menunjukkan warna yang kuat.

SUMBER RUJUKAN
- Hobart M. King, Ph.D. Beryl: This minor ore of beryllium is one of the most important gem minerals. (https://geology.com/minerals/beryl.shtml#morganite) diakses pada Jumat, 06 Juli 2018.
- GIA. Morganite Quality Factors. (https://www.gia.edu/morganite-quality-factors) diakses pada Jumat, 06 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *