Cara Menumbuhkan Kristal Garam Epsom dengan Cepat

(SUmber gambar: www.thoughtco.com/growing-epsom-salt-magnesium-sulfate-crystals-607660)

Wanibesakc - Garam Epsom sebenarnya bukan garam tetapi merupakan senyawa mineral murni alami yang terdiri dari magnesium dan sulfat. Lama dikenal sebagai obat alami untuk sejumlah penyakit, garam Epsom memiliki banyak manfaat kesehatan serta banyak kegunaan teutama dalam hal kecantikan, rumah tangga, dan berkebun.
Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dan sulfat mudah diserap melalui kulit, membuat mandi garam Epsom mudah dan ideal untuk menikmati manfaat kesehatan yang terkait. Magnesium memainkan sejumlah peran dalam tubuh termasuk mengatur aktivitas lebih dari 325 enzim, mengurangi peradangan, membantu fungsi otot dan saraf, dan membantu mencegah pengerasan arteri. Sulfat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, membersihkan racun, dan membantu meredakan sakit kepala migren.

ALAT DAN BAHAN
- Garam Epsom atau magnesium sulfat (MgSO4)
- Pewarna makanan
- Gelas, cangkir, atau mangkuk kecil

CARA KERJA
1. Dalam sebuah gelas kimia, aduklah 1/2 cangkir garam Epsom dengan 1/2 cangkir air yang sangat panas selama 10 menit. Hal ini dilakukan untuk membuat larutan jenuh. Larutan jenuh artinya tidak ada lagi garam yang bisa larut dalam air pada suhu tersebut.  Beberapa kristal yang tidak larut lagi akan berada di bagian bawah gelas kimia yang digunakan.
2. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan jika Anda ingin kristal yang dihasilkan berwarna-warni.
3. Jika terdapat beberapa sedimen yang mengambang (umumnya karena menggunakan garam Epsom tidak murni), Anda dapat menuangkan cairan melalui filter kopi untuk menghilangkannya. Gunakan cairan yang dihasilkan untuk menumbuhkan kristal.
4. Taruhlah gelas yang telah diisi dengan larutan garam epsom ke dalam kulkas.
5. Periksalah dalam beberapa jam untuk melihat gelas yang telah penuh dengan kristal.
5. Tuang larutan yang tersisa dan kumpulkan kristal yang dihasilkan.

PENJELASAN
Garam Epsom adalah nama lain untuk magnesium sulfat dan memiliki rumus kimia MgSO4. Dalam percobaan ini, suhu air sangat menentukan berapa banyak magnesium sulfat yang dapat dilarutkan. Ketika suhu makin panas, maka makin banyak MgSO4 yang larut.
Pendinginan larutan dengan cepat akan mendorong pertumbuhan kristal secara cepat karena lebih sedikit ruang yang tersedia bagi garam terlarut dalam pendingin, larutan padat. Saat larutan mendingin, atom-atom magnesium sulfat dalam larutan akan saling bertemu dan bergabung bersama dalam struktur kristal. Kristal yang tumbuh dengan cara ini akan menjadi kecil, tipis, dan banyak.
Untuk menumbuhkan kristal tunggal yang besar, Anda harus mengikuti prosedur evaporasi berikut ini:
1. Dalam sebuah gelas kimia, aduklah 1/2 cangkir garam Epsom dengan 1/2 cangkir air yang sangat panas selama 10 menit.
2. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan.
3. Biarkan larutan untuk menumbuhkan kristal garam Epsom. Hal ini dapat dilakukan dengan cara: Tuangkan larutan ke dalam wadah yang dangkal kemudian letakkan di lokasi yang cerah agar air dapat menguap.
4. Kumpulkan kristal setelah air menguap dan setelah kristal mengering.


SUMBER RUJUKAN
- GROW YOUR OWN CRYSTALS (learning-center.homesciencetools.com/article/crystal-growing-science/) diakses pada Senin, 02/07/2018.
- EPSOM SALT USES AND BENEFITS. (www.seasalt.com/epsom-salt-uses-and-benefits) diakses pada Senin, 02/07/2018.
- Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 2018. How to Grow Epsom Salt (Magnesium Sulfate) Crystals. (www.thoughtco.com/growing-epsom-salt-magnesium-sulfate-crystals-607660) diakses pada Senin, 02/07/2018.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *