Cara Membuat Permen Kayu Gula yang Manis

(Sumber gambar http://www.growingajeweledrose.com/2015/02/rock-candy-experiment.html)

WANIBESAKc - Kristal adalah material padat yang atom dan molekul penyusunya tersusun dalam pola berulang dan teratur sehingga membentuk struktur kristal yang geometris. Kristal bisa mahal dan indah, seperti amethyst atau berlian, tetapi kristal juga dapat ditemukan di dapur yakni dalam bentuk gula dan garam. Di rumah kita dapat dengan mudah membuat atau menumbuhkan kristal dengan cara menambahkan bahan kimia pembentuk kristal ke dalam air dan menunggu air menjadi dingin atau cara menguapkan air melalui pemanasan.
Perhatikan bahwa percobaan yang akan kita lakukan ini adalah proyek sains khusus yang aman untuk dimakan karena kita hanya menggunakan produk makanan dan menggunakan piring bersih dari dapur sendiri.

ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN
- 1 1/2 cangkir gula putih
- 1 cangkir air
- Piring kecil
- Sebuah sendok
- Gelas
- Kertas lilin
- Panci
- Kompor
- Beberapa toples atau guci kecil yang bersih
- Stick Pop atau tusukan kayu atau lidi
- Pewarna makanan (Pilih sesuai selera)

LANGKAH KERJA
1. Tuang gula di atas piring kecil datar.
2. Isi gelas dengan air.
3. Celupkan satu ujung setiap stik ke dalam air. Jika menggunakan tusuk sate maka sebaiknya dipotong menjadi runcing pada bagian ujungnya.
4. Gulunglah lidi ke dalam gula, kemudian ketuk dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan gula.
(Sumber gambar http://www.growingajeweledrose.com/2015/02/rock-candy-experiment.html)

5. Letakan stik/tongkat pada kertas lilin agar mengering.
6. Membuat larutan jenuh gula.
Caranya: Tuanglah secangkir air ke dalam panci dan tambahkan 1/2 cangkir gula. Aduklah dengan baik sampai tidak ada lagi gula yang larut. Tambahkan lebih banyak gula (1/2 cangkir setiap kali penambahan) sampai tidak bisa larut lagi, bahkan setelah diaduk selama beberapa menit. Penambahan gula dalam panci bisa dihentikan setelah sekitar 1 1/2 cangkir gula. Tidak apa-apa jika terdapat gula yang tidak terurai di bagian bawah panci. 
7. Panaskan campuran gula di atas kompor sampai mendidih, aduk sepanjang waktu.  Kurangi nyala kompor dan terus diaduk sampai semua gula benar-benar larut.
8. Teruslah memasak dan aduk larutan. Walaupun demikian usahakan agar tidak lebih dari 5 menit. Hal ini disebabkan jika terlalu panas maka larutan gula akan berubah menjadi permen keras. Matikan kompor segera setelah mulai terlihat jernih.
9. Pindahkan panci dari kompor dan biarkan larutan menjadi hangat
10. Menuang larutan gula kental ke dalam toples secara perlahan-lahan. Isi masing-masing toples sekitar 2/3 penuh atau secukupnya sehingga larutan gula akan menutupi beberapa inci dari stik berlapis gula yang telah kita buat.
11. Tambahkan 5-6 tetes pewarna makanan ke setiap toples dan aduk hingga merata. Pewarna makanan bisa dipilih sesuai dengan selera kita. Bisa kita fariasikan menjadi dalam beberapa warna yang berbeda.
(Sumber gambar http://www.growingajeweledrose.com/2015/02/rock-candy-experiment.html)

12. Setelah larutannya dingin dan stik yang dilapisi gula benar-benar kering, taruhlah beberapa stik ke setiap stoples.
13. Pindahkan toples ke tempat yang tidak akan diganggu secara perlahan agar tidak terjadi goncangan.
14. Periksalah mereka setiap hari dan dengan lembut aduk stik di sekitar larutan gula untuk memecah kristal besar yang terbentuk di permukaan.
15. Dalam beberapa hari, Anda harus mulai melihat kristal yang tumbuh di stik.
16. Setelah sekitar satu minggu, Anda mungkin akan memiliki banyak kristal.  Ketika kristal "permen batu" Anda sebesar yang Anda inginkan, keluarkan dari stoples dan atur setiap warna permen dalam gelas yang bersih hingga kering.
(Sumber gambar http://www.growingajeweledrose.com/2015/02/rock-candy-experiment.html)

17. Setelah kering, Anda dapat membungkus dengan pembungkus makanan selofan dan mengikatnya dengan pita berwarna jika ingin digunakan sebagai hadiah yang manis.

CATATAN
Kita dapat membuat Rock Candy tanpa stik atau kayu. Kita bisa menggunakan seutas tali atau benang kapas yang bersih.



RUJUKAN
GROW YOUR OWN CRYSTALS. Online. (learning-center.homesciencetools.com/article/crystal-growing-science/) diakses pada Selasa, 03 Juli 2018.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *