Cara Membersihkan Perhiasan Batu Permata

Gambar "Cincin Zamrud atau Emerald Ring" (Foto oleh Artemas Liu. Diambil dari www.gemsociety.org/article/clean-gemstone-jewelry/)

Apa yang dibutuhkan untuk membersihkan perhiasan batu permata dan berlian Anda?
Membersihkan batu permata dan berlian mungkin terdengar cukup mudah, tetapi harus berhati-hati agar tidak merusak batu permata Anda. 
Mencoba membersihkan perhiasan dengan menggunakan metode yang tidak benar atau larutan pembersih yang salah, dapat dengan cepat merusak kilau dan membuatnya menjadi kusam sehingga tidak menarik lagi di mata.
Untuk sebagian besar permata, deterjen cair ringan (mild detergent), air hangat, dan sikat yang lembut adalah awal yang baik. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membersihkan koleksi permata Anda sendiri, luangkan sedikit waktu  untuk membaca artikel berikut. Setidaknya artikel ini sedikit membantu Anda membuat pilihan terbaik membersihkan perhiasan batu permata dan berlian Anda dengan aman.

MENGENAL BATU PERMATA MILIK ANDA DENGAN BAIK
Sebelum mulai membersihkan batu permata Anda, ada baiknya mengetahui jenis batu permata Anda. Batu permata yang berbeda memiliki sifat fisik yang berbeda. Hal ini disebabkan, masing-masing permata dapat bereaksi dengan sangat berbeda terhadap panas, cahaya, asam, dan goresan.
Beberapa bahan permata sensitif terhadap panas. Bahan-bahan lain mungkin bereaksi keras terhadap bahan kimia. Inklusi, kristal kecil, dan patahan di dalam permata, dapat melemahkan beberapa spesimen permata. Di sisi lain, beberapa permata cukup tahan lama. Namun demikian, air hangat, deterjen ringan, dan sikat lembut adalah bahan pembersih paling aman untuk hampir semua permata.

KEKERASAN PERMATA DAN JENIS PAPARAN
Jangan menganggap resistensi permata terhadap satu jenis paparan sama untuk semua jenis paparan. Kekerasan merupakan kualitas fisik yang sering dirujuk untuk batu permata, dan dinyatakan dalam skala Mohs. Namun perlu diperhatikan bahwa, skor Mohs yang tinggi tidak membuat batu permata tidak bisa dihancurkan. 
Kekerasan adalah kemampuan untuk menahan goresan, tidak lebih. Misalnya, berlian memiliki kekerasan terbesar dari setiap bahan alami. Namun, mereka dapat memiliki inklusi dan pembelahan baru (incipient cleaves) yang mungkin memiliki reaksi yang tidak menguntungkan terhadap panas atau pembersihan mekanis.
Perawatan batu permata dapat meningkatkan penampilan tetapi juga dapat berinteraksi secara negatif dengan beberapa proses pembersihan. Misalnya, pedagang permata kadang-kadang mengisi fraktur kecil di permata zamrud dengan minyak. Perawatan ini dapat meningkatkan transparansi zamrud. Namun, mengekspos zamrud yang telah diolah dengan minyak pada panas atau pembersihan ultrasonik dapat merusaknya.

REKOMENDASI UNTUK MEMBERSIHKAN PERHIASAN BATU PERMATA DI RUMAH
- Menggunakan sikat lembut untuk permata keras
Alat pembersih yang paling populer adalah sikat gigi berbulu lembut (bukan sikat gigi). Sikat harus lembut; jika tidak, maka mungkin lebih berbahaya. Sikat bulu keras bisa merusak logam yang memegang permata dan berlian itu sendiri. Lebih baik tidak mengambil risiko. Untuk membersihkan perhiasan Anda, dapatkan menggunakan semangkuk air hangat dan gosok dengan beberapa tetes deterjen cair biasa.

- Menggunakan pembersih kaca biasa
Salah satu metode pembersihan yang sangat populer di kalangan penjual perhiasan adalah membersihkan permata menggunakan pembersih kaca rumah tangga biasa. Pembersih kaca biasa dengan cepat menghilangkan minyak dan kotoran, meninggalkan kilau yang hidup. Saat membersihkan sebaiknya mengenakan sarung tangan karet agat aroma pembersih yang digunakan tidak melekat pada kulit Anda.

- Menggunakan Pembersih Jendela
Cukup semprotkan pembersih jendela ke perhiasan, kemudian lap sampai kering menggunakan kain yang tidak berbulu. Jika Anda alergi terhadap bahan kimia, sebaiknya menghindari penyemprotan, karena zat kimia yang ada dapat masuk ke dalam jaringan kulit.

- Rendam Permata dalam air sabun hangat
(Sumber gambar: www.wikihow.com/Clean-Your-Gems-and-Diamonds)

Isi mangkuk dengan air sabun hangat dan biarkan perhiasan Anda terendam beberapa saat. Jangan merendam perhiasan Anda di dalam wastafel karena dapat jatuh ke dalam pipa.

- Cobalah menggunakan soda kue
Soda kue memiliki kemampuan membersihkan yang luar biasa, sehingga dapat menghilangkan kotoran dari perhiasan Anda. Campurkan soda kue dengan air untuk membuat pasta, kemudian gunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok lembut permata dan logam Anda. Selanjutnya, keringkan dan atau oles menggunakan kain yang tidak berbulu.

CARA MERAWAT MUTIARA
Mutiara dapat bereaksi keras terhadap asam dan alkohol. Oleh karena itu, jika memungkinkan, pakailah parfum dan cologne di area yang tidak akan bersentuhan dengan permata yang dikenakan. Ketika memakai mutiara usahakan agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit, baik saat memakai parfum atau tidak. Oleh karena itu, jika tidak mungkin untuk menjauhkan mutiara dari kulit Anda (misalnya chokers (kalung kecil) atau bracelets (gelang)), maka segera bersihkan mutiara menggunakan kain lembab setelah memakainya.
Keringat biasanya tidak baik untuk mutiara, karena dapat bereaksi terhadap bahan kimia dan bahkan keringat. Idealnya, pakailah di atas bahan kain. Jika dikenakan pada kulit, cobalah untuk menjauhkan mutiara dari parfum dan kosmetik. Sebaiknya gunakan parfum dan semprotan lainnya sebelum memakai mutiara, jangan sebaliknya.

SUMBER RUJUKAN
- Dr. Gerald Wykoff GG CSM. How to Clean Your Gemstone Jewelry. (www.gemsociety.org/article/clean-gemstone-jewelry/) Diakses pada Selasa, 10 Juli 2018.
- Wikihow. How to Clean Your Gems and Diamonds. (m.wikihow.com/Clean-Your-Gems-and-Diamonds) Diakses pada Selasa, 10 Juli 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *