Bahaya dan Perawatan Terhadap Terpaparnya Asam Fluorida (HF)

Gambar Larutan HF

Hidrogen fluorida atau asam fluorida atau Hydrofluoric acid memiliki rumus HF. HF pada suhu kamar merupakan gas beracun yang tidak berwarna dengan bau yang tajam. Gas ini mencair pada suhu 19,5 ºC menjadi cairan beracun yang sangat kental.
Hydrofluoric acid adalah senyawa berair dari hidrogen fluorida. Meskipun digolongkan sebagai asam lemah, asam fluorida adalah senyawa yang sangat korosif.
Asam HF dengan mudah menembus kulit dan otot, menghancurkan selaput sel dan saraf dengan cepat, menyebabkan nekrosis. Orang-orang yang terpapar juga dapat mengalami efek sistemik seperti detak jantung dan kram.
Gas hidrogen fluorida akan berubah menjadi asam fluorida ketika kontak dengan kelembaban di mata, selaput lendir dan kulit. Gejala kerusakan dan efeknya sama dengan HF atau asam fluorida secara umum.
Perlu diperhatikan bahwa, setelah terpapar HF kita tidak merasakan apa-apa. Dapat memakan waktu beberapa jam sebelum rasa sakit dan cedera berkembang di jaringan tubuh. Oleh karena itu sangat penting bahwa untuk tidak meremehkan HF, jika Anda tidak memiliki gejala aneh setelah terpapar. Jangka waktu dari paparan asam flurida terhadap rasa sakit dan korosi tergantung pada konsentrasi. Konsentrasi asam fluorida dan waktu yang dibutuhkan hingga memunculkan gejala:
- 0-20% hingga 24 jam
- 20-50% 1-8 jam
- > 50% segera dirasakan.

Untuk larutan di atas 50%, efek sistemik terjadi ketika lebih dari 1% permukaan kulit terpapar.  Untuk larutan konsentrasi dengan konsentrasi di bawahnya, efek sistemik terjadi ketika lebih dari 5% permukaan kulit terpapar. Efek sistemik mungkin juga terjadi akibat konsumsi oral atau inhalasi.



BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT BEKERJA DENGAN ASAM FLUORIDA
- Selalu bekerja di lemari asam atau di lokasi yang mempunyai ventilasi baik.
- Selalu gunakan alat pelindung yang sesuai, misalnya:
* Pelindung wajah
* sarung tangan yang sesuai.
Terdapat berbagai jenis sarung tangan yang berbeda, pastikan untuk menggunakan jenis yang tepat sesuai dengan konsentrasi yang Anda gunakan.
* Jas lab
* Sepatu bot poliuretan / pelindung kaki / penutup sepatu
* Celemek poliuretan atau setelan ketel uap.
- Jangan gunakan lensa kontak.
Cairan atau gas yang mengarah ke mata bisa berada di belakang lensa sehingga lensa akan menempel pada mata. Hal ini dapat merusak kornea mata dengan cepat.
- Hindari asam hidrofluorik bersentuhan dengan logam, logam alkali, kaca, kalium permanganat, fluor, silikon, alkali (basa) dan oksida fosfor.
- Hindari asam hidrofluorik bersentuhan dengan gas hidrogen. Jika asam hidrofluorik bersentuhan dengan gas hidrogen, maka dapat menyebabkan terjadi reaksi yang eksplosif.
- Botol, kaleng, dan lain-lain yang mengandung asam fluorida harus diberi label yang jelas dengan nama dan tanda peringatan, kemudian letakan mereka di lokasi yang mempunyai ventilasi yang baik.
- Tumpahan yang mengandung asam fluorida harus dinetralisir dengan absorben berkapur yang cocok, kemudian dilap hingga bersih.
- Semua jenis limbah yang atau mungkin yang telah terkontaminasi dengan asam fluorida harus dibuang sebagai limbah kimia .

GEJALA KHAS DAN TANDA-TANDA KLINIS KETIKA TERPAPAR ASAM FLUORIDA
Tumpahan pada kulit
- Nyeri hebat.
- Kemerahan (eritema), akumulasi cairan (edema) dan lecet.
- Setiap dekolorasi kulit dan pembentukan kulit koagulasi yang keras.
- Nekrosis di jaringan yang lebih dalam. Hilangnya kapur dan korosi pada tulang di bawahnya.
Kulit yang terpapar HF

Muncrat ke mata
- Nyeri, konjungtivitis, lakrimasi, edema, peningkatan tekanan di mata (glaukoma), kerusakan pada kornea, berdampak pada atau kehilangan penglihatan dan jaringan parut.

Inhalasi (menghirup asap atau gas)
- Inhalasi dapat menyebabkan berbagai efek, mulai dari gejala ringan di saluran pernapasan atas hingga penyempitan saluran udara, perdarahan, edema paru, dan kematian.
- Batuk, sensasi terbakar di saluran udara, nyeri dada, kulit berwarna biru (blue-coloured) yang disebabkan oleh pasokan oksigen yang rendah.

Konsumsi
- Risiko tinggi korosi di mulut, kerongkongan dan perut, bersama dengan efek sistemik. Menelan, bahkan larutan yang relatif encer, bisa berakibat fatal.
- Mual, muntah, dan diare.
- Luka dan perdarahan di mulut, kerongkongan dan lambung.
- Nyeri hebat.
- Penyempitan saluran pernapasan bagian atas.

PERTOLONGAN PERTAMA JIKA TERJADI KECELAKAAN YANG MELIBATKAN HF
Perawatan pertolongan pertama sesegera mungkin setelah terpapar, sangat penting untuk mengurangi kerusakan kecelakaan yang melibatkan asam fluorida. Setwlah dilakukan pertolongan pertama, orang yang terluka harus dibawa ke rumah sakit secepat mungkin. Namun perlu diperhatikan bahwa orang yang melakukan pertolongan pertama harus menggunakan alat pelindung untuk memastikan keamanan dirinya sendiri.
Berikut akan dibahas beberapa hal yang bisa dilakukan jika terpapar asam fluorida.

Tumpahan pada kulit
- Bilas segera dan saksama dengan banyak air. Gunakan pancuran atau air yang mengalir jika terkena pada area kulit yang lebih besar.
- Lepaskan pakaian, sepatu, perhiasan, jam tangan, dll., \
- Setelah semua dilepaskan, lanjutkan proses pembilasan hingga lima menit.
- Segera antar ke dokter atau pusat kesehatan terdekat.
- Jika memungkin, selama perjalanan ke rumah sakit atau puskesmas, area yang terkena HF terus dibilas dengan air.

Muncrat ke mata
Bila mata terkena HF, maka segera bilas dengan air dalam jumlah besar selama minimal 30 menit. Lanjutkan pembilasan selama transportasi ke rumah sakit.

Kelopak mata dan atau kulit di sekitar mata sering juga terkena bersamaan dengan mata. Oleh sebab itu, lakukan perawatan sesuai dengan tumpahan pada kulit.

Inhalasi (menghirup aerosol, asap atau gas)
Pergi keluar untuk mencari udara segar dan hindari melakukan aktivitas fisik untuk sementara waktu.

Konsumsi
Banyak mium air segera, sebaiknya susu. Jangan berikan karbon aktif. Jangan dimuntahkan. Tertelannya HF bisa juga menyebabkan risiko cedera inhalasi.


SUMBER RUJUKAN 
- innsida.ntnu.no. Working with hydrogen fluoride and related substances. Diakses pada Rabu, 19 Juli 2018.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *