5 Hewan yang Memiliki Otak Paling Besar


Otak manusia adalah pusat komando untuk sistem saraf manusia. Ia menerima masukan dari organ-organ sensorik dan mengirimkan output ke otot-otot.
Otak manusia memiliki struktur dasar yang sama dengan otak mamalia lainnya, tetapi lebih besar dalam kaitannya dengan ukuran tubuh daripada otak makluk hidup lainnya.
Otak  manusia dewasa massanya sekitar 2,7 Kg. Namun berdasarkan penelitian ditemukan bahwa otak manusia zaman sekarang lebih kecil daripada otak manusia zaman dulu.
Pada artikel kali ini kita tidak membahas tentang otak manusia, kita akan membahas ukuran atau massa otak beberapa hewan yang dianggap paling besar.

1. PAUS SPERMA (Whale Sperm)

Paus sperma atau paus kepala kotak yang memiliki nama Latin Physeter macrocephalus merupakan mamalia predator bergigi terbesar dan menjadi yang paling besar jika dibandingkan dengan semua paus bergigi.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa otak yang dimiliki oleh paus kepala kotak mencapai 7 Kg. Hal ini menjadikannya sebagai hewan yang memiliki otak paling besar di dunia hewan.
Paus sperma memiliki nama unik seperti itu karena di bagian kepalanya yang berongga terdapat zat cair kental yang mirip dengan sperma. Oleh sebab itu, pada awalnya para ilmuwan berpikir bahwa zat tersebut adalah sperma paus itu. Setelah diteliti lebih jauh diketahui bahwa zat tersebut bukan sperma. Zat ini kemudian dinamakan sebagai Spermaceti.
Hingga saat ini belum dipahami dengan baik fungsi dari Spermaceti. Beberapa ilmuwan mengatakan zat yang memiliki aroma seperti susu itu berfungsi untuk membantu tenggelam dan terapungnya ikan paus. Namun ada pula yang menyatakan untuk membantu pertukaran panas. 
Seekor paus sperma yang mati karena salah mengkonsumsi sampah platik di lautan ditunjukan pada gambar berikut ini.
 
2. PAUS BIRU (Blue Whale)

Paus biru yang memiliki nama Latin Balaenoptera musculus merupakan mamalia laut yang panjang tubuhnya mencapai lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton bahkan lebih. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika binatang ini diyakini sebagai hewan terbesar yang pernah diketahui.
Walaupun memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih berat dibanding paus sperma atau paus kepala kotak, namun massa otak paus biru hanya sebesar 5 Kg.
Hingga awal abad ke-20 populasi paus biru diseluruh dunia sangat melimpah. Namun karena terus diburu selama lebih dari satu abad, keberadaan paus ini hampir punah. Akhirnya paus biru dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966.

3. GAJAH (Elephant)

Gajah tergolong hewan mamalia dan memiliki gading di kedua ujung mulutnya. Selain belalainya yang panjang, gajah juga mempunyai telinga yang besar.
Namun, tahukah anda bahwa gajah yang sering dianggap sebagai hewan paling pintar ini memiliki massa otak sebesar 4,7 Kg?
Gajah tergolong hewan yang yang sangat besar. Massa bayi gajah yang baru saja lahir sekitar 75 Kg sampai dengan 115 Kg dan tinggi bahu yang dimiliki mencapai 100 Cm.
Ketika gajah beranjak dewasa, gajah yang memiliki tinggi bahu 2,5 meter bisa mempunyai massa tubuh sebesar 3000 Kg – 5000 Kg.
Walaupun memiliki massa tubuj yang besar, namun binatang ini masih bisa berlari dengan kecepatan mencapai 20 Mil/Jam.
Selain itu, terdapat keunikan lain yang perlu kita ketahui bersama yakni gajah hanya membutuhkan waktu 4 untuk beristirahat atau tidur. Jadi fakta yang mengatakan binatang yang memiliki ukuran tubuh besar waktu tidurnya lebih banyak tidak berlalu untuk gajah.

4. LUMBA-LUMBA (Dolphin)

Massa otak lumba-lumba dipengaruhi oleh massa tubuhnya. Oleh sebab itu, massa otak lumba-lumba bervariasi. Ada yang massanya 2 Kg, ada pula yang 1,7 Kg.
Jika di darat gajah dan simpanse yang dikatakan sebagai hewan yang cerdas, maka di laut lumba-lumba yang mendapat kehormatan tersebut. Perlu diketahui bersama bahwa lumba-lumba yang sudah terlatih mampu melakukan berbagai atraksi unik. Bahkan bisa berhitung dan menerobos lingkaran api.
Sebagai mamalia laut yang sangat cerdas, banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Dua contoh teknologi yang meniru lumba-lumba yaitu pembuatan baju renang dan radar kapal selam.
Lumba-lumba dapat berenang dengan cepat karena gesekan antara kulitnya dengan air sangat kecil. Karena hal inilah maka baju renang dirancang mirip kulit lumba-lumba. Untuk mengetahui keberadaan benda-benda disekitarnya sehingga terhindar dari benturan, lumba-lumba menggunakan sistem komunikasi yang dinamakan sistem sonar. Selain untuk menghindari benda-benda yang ada di depan, sistem sonar juga digunakan untuk mengetahui dengan tepat posisi mangsa. Sistem sonar seperti inilah yang diterapkan pada radar kapal selam untuk mengetahui benda-benda yang ada di depan kapal selam.

5. WALRUS

Sama seperti gajah, walrus juga memiliki dua buah gading di mulutnya. Perbedaannya gading walrus mengarah ke bawah. Panjang gading mereka dapat tumbuh hingga 1 meter dan massanya bisa mencapai 5 Kg pada walrus jantan besar.
Hewan yang sering digambarkan sebagai hewan pintar di beberapa film animasi ini memiliki massa otak sebesar 1,1 Kg.
Walrus merupakan hewan yang sangat sosial, dan ketika berada di darat atau es mereka biasanya ditemukan dalam kelompok, mulai dari beberapa individu hingga ribuan. Di laut, mereka juga melakukan perjalanan secara berkelompok.

HEWAN YANG MEMILIKI OTAK TERKECIL
TIKUS LEMUR (dailymail.co.uk)

Gorila memiliki massa otak sebesar 430 gram, sedangkan massa otak simpanse sekitar 350 gram. Massa otak yang paling kecil dikalangan primata jatuh kepada tikus lemur yang ditemukan di Madagaskar. Tikus lemur memiliki massa otak sebesar  2 gram.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *