Ekperimen membuat Ular Firaun atau Pharaoh Snakes



WANIBESAKc - Ular Firaun atau Pharaoh's snakes atau Pharaoh's merupakan sejenis kembang api tablet yang menyala memancarkan asap dan abu di kolom dapat tumbuh menyerupai ular. Meskipun ular Firaun digolongkan sebagai kembang api, ular firaun tidak meledak atau memancarkan bunga api. Ular firaun hanya terbakar di tanah dan membebaskan uap berasap.

WARNING!
- Versi modern dari kembang api ini adalah ular hitam yang tidak beracun.
- Ular Firaun memiliki tampilan yang lebih spektakuler, tetapi sangat beracun sehingga kembang api ini hanya demonstrasikan saja. Namun jika disekolah Anda memiliki bahan dan lemari asam yang berfungsi dengan baik maka Anda dapat membuat ular Firaun Anda sendiri.
- Semua aspek reaksi dapat berbahaya, termasuk menangani merkuri tiosianat, menghirup asap atau menyentuh kolom abu, dan kontak dengan sisa reaksi selama membersihkan. Oleh sebab itu, jika Anda benar-benar ingin melakukan reaksi ini, maka harus menggunakan tindakan pencegahan yang tepat untuk menangani merkuri.

CARA KERJA
Membuat ular firaun merupakan demonstrasi kembang api yang sangat sederhana. Hal ini disebabkan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalakan setumpuk kecil merkuri(II) tiosianat, Hg(SCN)2. Setelah terbakar maka ular firaun akan merayap naik dengan sangat spektakuler. Biasanya efek terbaik diperoleh dengan cara membentuk tumpukani di piring dangkal penuh pasir.
 
(SUMBER GAMBAR: www.gizmodo.co.uk/2016/05/the-pharaohs-serpents-never-ending-chemical-reaction-is-always-so-gross/)
Merkuri(II) tiosianat yaitu padatan putih yang tidak larut dalam air yang dapat dibeli sebagai reagen. Selain itu dapat pula diperoleh sebagai endapan dengan cara mereaksikan merkuri(II) klorida atau merkuri(II) nitrat dengan larutan kalium tiosianat (KSCN). Semua senyawa merkuri beracun, jadi demonstrasi harus dilakukan di lemari asam.

REAKSI KIMIA YANG TERJADI DALAM PEMBUATAN ULAR FIRAUN
Ketika dibakar merkuri(II) tiosianat akan terurai menjadi karbon nitrida (C3N4) yang berwarna coklat. Selain itu, reaksi kimia ini juga menghasilkan Merkuri(II) sulfida dan karbon disulfida.
Persamaan reaksinya sebagai berikut.
2Hg(SCN)2 → 2HgS + CS2 + C3N4

Karbon disulfida yang mudah terbakar akan terbakar menjadi karbon(IV) oksida dan sulfur(IV) oksida, sesuai reaksi di bawah ini:
CS2 + 3O2 → CO2 + 2SO2

Karena adanya api yang panas maka C3N4 yang telah terbentuk akan terurai sebagian membentuk gas nitrogen dan dicyan:
2C3N4 → N2 + 3(CN)2

Sedangkan Merkuri(II) sulfida (HgS) bereaksi dengan oksigen membentuk uap merkuri dan sulfur dioksida. Jika reaksi ini dilakukan di dalam sebuah wadah, maka kita dapat mengamati lapisan film merkuri yang berwarna abu-abu di permukaan interiornya.
Persamaan reaksi:
HgS + O2 → Hg + SO2




DAFTAR PUSTAKA
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. Updated June 08, 2018. How to Make a Pharaohs SnakeFirework  () DIAKSES PADA JUMAT, 22 JUNI 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *