Zamrud atau Emerald: Fakta Batu Permata Hijau yang sangat Mahal

(gemfields.com/gemstones/emerald/)



1. Zamrud atau emerald adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dengan rumus kimia Be3Al2SiO6 (Berilium Aluminium Silikat).
2. Emerald adalah batu yang paling berharga dalam kelompok beril.
3. Nama zamrud (emerald) diambil dari bahasa Prancis kuno dari kata 'esmeralde', yang berasal dari kata Yunani 'smaragdos' yang berarti 'batu hijau (green stone).
4. Warna hijau yang dimiliki oleh zamrud disebabkan oleh adanya ion kromium dalam struktur kristal senyawa.
5. Beryl berwarna hijau (Green beryl colored) karena hadirnya ion vanadium tidak dianggap sebagai zamrud sejati, melainkan hanya sebagai beryl hijau  (simply green beryl).
6. Sejak tahun 1960-an, industri perhiasan Amerika Serikat memasukkan beryl vanadium berwarna (vanadium colored beryl) sebagai 'zamrud'. Walaupun demikian, beberapa negara di dunia, termasuk Inggris dan Eropa belum melakukan hal itu.
7. Warna hijau historis dari zamrud sangat kuat dan tak tertandingi di dunia batu permata. Oleh sebab itu, zamrud dianggap sebagai salah satu paling mahal dari empat batu permata berharga, yang mencakup safir (sapphire), rubi (ruby), dan berlian (diamond).
8. Meskipun zamrud menjadi salah satu batu permata paling berharga yang ada saat ini, sebagian besar memiliki ketahanan yang buruk terhadap kerusakan.
9. Beberapa dekade terakhir telah terjadi peningkatan produksi zamrud. Beberapa Negara dan Benua penghasil zamrud adalah:
1. Kolombia
2. Amerika Selatan
3. Afrika
4. Seluruh Eropa
5. Brasil
6. Zambia
Deposito zamrud, terdapat pula di:  Afghanistan, Australia (New South Wales dan Western Australia), Ghana, India, Madagaskar, Malawi, Mozambik, Namibia, Nigeria, Pakistan, Tanzania, Rusia, Zambia, dan Amerika Serikat (North Carolina).
10. Istilah "zamrud Kolombia" sering digunakan untuk menggambarkan batu hijau kebiruan mulai dari medium hingga gelap, terlepas dari asal geografisnya. Zamrud yang memiliki warna yang lebih terang kadang-kadang disebut "zamrud Brasil", bahkan jika mereka ditambang di Afrika.
11. Zamrud Brasil termasuk mahal karena kejernihannya yang sangat bagus dengan warna hijau kekuningan.
12. Zamrud Zambia memiliki warna hijau sedikit kebiruan, yang mirip dengan zamrud hijau Kolombia ('emerald-green Colombia').
13. Salah satu metode termudah untuk mengidentifikasi zamrud adalah dengan mengukur massa jenis (densitas) dan kekerasan.
14. Dari semua mineral kelompok beryl, zamrud lebih kuat dibanding apatit, kuarsa, dan feldspar, namun sedikit lebih lembut daripada spinel, topaz, dan safir. Walaupun seperti itu, zamrud umumnya lebih rapuh dari pada permata beryl lainnya.
15. Zamrud memiliki kilau vitreous (seperti kaca) saat dipotong dan dipoles. Meskipun kejernihan (Clarity) mereka dapat terjadi dari tembus pandang ke buram, spesimen zamrud transparan paling banyak diminati dan jauh lebih berharga.
16. Zamrud paling sering dipotong dalam potongan khusus yang dirancang hanya untuk permata ini, yakni: "potongan zamrud (the emerald-cut)".
Potongan zamrud adalah potongan yang menampilkan bentuk persegi panjang atau persegi dengan sudut terpotong. Gaya pemotongan seperti ini untuk memaksimalkan keindahan dan warna batu, sekaligus melindunginya batu dari ketegangan mekanis dan tekanan internal.
Zamrud juga dipotong menjadi berbagai bentuk tradisional lainnya seperti pir, oval, dan bulat. Bahan kelas bawah sering dipotong menjadi manik-manik.

17. Meminyaki adalah tritment umum zamrud (common emerald treatment) dan dalam banyak kasus, dilakukan di lokasi penambangan. 
Istilah 'meminyaki' mengacu pada praktik merendam zamrud dengan minyak atau resin tak berwarna (paling sering menggunakan minyak cedar). Hal ini lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan warna, kejernihan, dan stabilitas. Hal ini juga sering dilakukan dengan menggunakan ruang vakum untuk membantu penetrasi.
Perawatan non-standar melampaui cara ini dan terkadang menggunakan minyak berwarna dan resin mirip epoksi. Perawatan ini secara dramatis memperbaiki penampilan permata, namun memerlukan perawatan khusus dalam pembersihan dan pengaturan / penyimpanan.
18. Terdapat banyak batu permata berwarna hijau lainnya yang bisa membingunkan kita dengan zamrud hijau, termasuk:
- kuarsa aventurine hijau (including green aventurine quartz)
- garnet demantoid (demantoid garnet)
- tsavorite
- turmalin kromat (chrome tourmaline)
- diopside krom (chrome diopside)
- garnet grossularite (grossularite garnet)
- garnet uvarovite (uvarovite garnet)
- verdelite
- fluorite
- hiddenite
- peridot.
19. Suku Inca dan suku Aztec di Amerika Selatan, menganggap zamrud sebagai batu permata suci. Di sana zamrud terbaik masih ditemukan sampai sekarang.
Namun, mungkin penemuan tertua ditemukan di dekat Laut Merah di Mesir. Tambang batu permata ini, yang dieksploitasi oleh firaun Mesir antara 3000 dan 1500 SM dan kemudian disebut sebagai "Tambang Cleopatra (Cleopatra's Mines)", telah habis pada saat mereka ditemukan kembali pada awal abad ke-19.
20. Kitab Weda, kitab suci umat Hindu, yang ditulis berabad-abad yang lalu mengatakan permata hijau berharga dan memiliki khasiat penyembuhannya. 'Emerald menjanjikan keberuntungan (Emeralds promise good luck)' dan 'zamrud meningkatkan kesejahteraan (the emerald enhances the well-being)'. Tak heran peti harta karun maharajas dan maharanis India mengandung zamrud yang sangat indah.
21. Emerald adalah birthstone resmi untuk bulan Mei dan sebagai batu permata untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke 20 dan ke 35.
22. Salah satu zamrud terbesar di dunia dan sangat terkenal adalah 'Mogul Emerald'. Mogul emerald berasal dari tahun 1695, memiliki berat 21.780 karat, dan tingginya 10 cm. 
Satu sisi  tertulis dengan teks doa, dan ada ukiran bunga yang megah di sisi lain. Zamrud legendaris ini dilelang oleh Christie's of London ke pembeli tak dikenal seharga 2,2 juta dolar pada tanggal 28 September 2001.
23. Zamrud telah dijunjung tinggi sejak zaman purba. Oleh karena itu, beberapa zamrud yang paling terkenal hanya bisa dilihat di museum dan koleksi pribadi.
24. Museum Sejarah Alam New York, misalnya, menunjukkan cangkir yang terbuat dari zamrud murni, yang merupakan milik Kaisar Jehangir, di samping 'Patricia', salah satu kristal zamrud Kolombia terbesar, yang memiliki berat 632 karat.
25. Ratu Elizabeth II, memiliki begitu banyak perhiasan sehingga dia memiliki ruangan khusus untuk menyimpannya, berukuran kira-kira seukuran arena es, dan terletak 40 kaki di bawah Istana Buckingham. Ini bahkan tidak termasuk British Crown Jewels, yang disimpan di Menara London.
Perhiasan pribadi Ratu secara konservatif bernilai $57 juta dan sebagian besar diterima sebagai hadiah. Permata menakjubkan dalam koleksinya meliputi "Cambridge and Delhi Dunbar Parure", rangkaian fantastis perhiasan zamrud yang mencakup mahkota zamrud.
26. Elizabeth Taylor juga memiliki koleksi perhiasan yang terkenal. Sebagai hadiah pertunangan, Richard Burton memberinya zamrud dan bros berlian, yang dia kenakan dengan kalung zamrud yang dia berikan sebagai hadiah pernikahan. Diikuti anting, gelang, dan cincin.
27. Zamrud peka terhadap panas dan tekanan, sehingga harus berhati-hati saat mengatur perhiasan. Zamrud juga rentan terhadap bahan kimia rumah tangga.
28. Hindari memakai perhiasan zamrud saat bekerja dengan bahan kimia keras atau pembersih rumah tangga, seperti pemutih atau asam.  
29. Saat membersihkan perhiasan zamrud, sebaiknya menggunakan air sabun hangat dan tissue atau kain lembut. Kemudian pastikan untuk membilas zamrud dengan baik, agar semua residu sabun hilang.
Hindari membersihkan zamrud dengan menggunakan pembersih ultrasonik (ultrasonic cleaners) dan uap. Hal ini disebabkan kedua cara tersebut dapat menghilangkan minyak yang digunakan untuk meningkatkan kualitas zamrud. Minyak tradisional (Traditional oiling) yang digunakan pada zamrud stabil namun tidak permanen. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar zamrud perlu diminyaki kembali untuk mengembalikan warna dan keharumannya yang hilang.
30. Selalu tanggalkan perhiasan yang terbuat dari zamrud sebelum berolahraga, bertani, ataupun aktivitas fisik yang kasar lainnya.
31. Zamrud dapat digores oleh permata yang lebih keras seperti topaz dan safir. Untuk mencegah terjadinya goresan, maka zamrud atau perhiasan yang terbuat dari zamrud perlu dipisahkan dari batu permata lain (other gemstones) dan perhiasan batu permata (gemstone jewelry).
32. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya menyimpan batu permata dengan cara membungkusnya dengan menggunakan kain lembut, serta menempatkan di dalam kotak berlapis kain.
33. Untuk memperbaiki penampilan, kebanyakan zamrud dipotong diperlakukan dengan minyak, wax, polimer, fluks, atau zat lain yang memasuki fraktur dan membuatnya kurang jelas. Meskipun perawatan ini dapat memperbaiki penampilan, mereka seringkali tidak meningkatkan daya tahan permata dan dapat berubah warna atau memburuk seiring berjalannya waktu.
Dengan informasi itu, zamrud harus dianggap sebagai batu rapuh yang paling baik dipakai pada acara-acara khusus daripada sehari-hari. Emerald lebih cocok untuk anting dan liontin yang biasanya terkena dampak dan abrasi lebih sedikit daripada cincin dan gelang.

34. Zamrud sintetis pertama diproduksi pada pertengahan 1800-an, tapi baru pada tahun 1930 Carroll Chatham mulai memproduksi zamrud sintetis dalam jumlah komersial. Begitu produksi komersial dimulai, pasokan zamrud sintetis mulai memasuki pasar.
Sampai saat ini, beberapa perusahaan termasuk Chatham Created Gems, Gilson, Kyocera Corporation, Lennix, Seiko Corporation, Biron Corporation, Lechleitner, dan Regency, telah menghasilkan zamrud sintetis dengan proses fluks dan hidrotermal.
35. Zamrud sintetis, juga dikenal sebagai zamrud buatan laboratorium, memiliki komposisi kimia dan struktur kristal yang sama dengan zamrud alam. Mereka dijual di samping zamrud alam di sebagian besar toko perhiasan mal di Amerika Serikat. Bila dibandingkan dengan zamrud alam, biasanya zamrud sintetis memiliki kejernihan yang superior dan penampilan yang lebih seragam dibanding batu alam dengan biaya setara.
36. Tidak ada yang salah dengan zamrud sintetis, atau batu sintetis dalam bentuk apapun - selama asal sintetisnya diungkapkan dengan jelas ke pembeli. Mereka hanyalah pilihan lain bagi pembeli. Banyak konsumen membeli zamrud sintetis dan menikmatinya karena mereka mendapatkan penampilan superior dengan biaya lebih rendah.
37. Dua tes kunci untuk memisahkan zamrud alam dari zamrud sintetis adalah indeks bias dan pembesaran. 
Zamrud alam umumnya memiliki indeks bias yang sedikit lebih tinggi daripada kebanyakan zamrud sintetis yang diproduksi secara hidrotermal dan jauh lebih tinggi daripada kebanyakan zamrud sintetis yang tumbuh dengan fluks. Perbedaan ini tidak cukup besar untuk diandalkan untuk penentuan keaslian. Walaupun demikian, mereka bisa menjadi indikator berharga.
38. Pembesaran adalah indikator yang paling penting untuk memisahkan zamrud alami dari zamrud sintetis. Zamrud sintetis sering dapat diidentifikasi karena mengandung karakteristik yang terlihat sebagai produk teknik yang digunakan untuk membuatnya.
Banyak ahli permata dapat dengan cepat mengidentifikasi zamrud sintetis dengan pemeriksaan mikroskopik.

SUMBER RUJUKAN
www.gemselect.com. 2017. Emerald Gemstone Information. Online. (www.gemselect.com/gem-info/emerald/emerald-info.php) diakses pada Jumat, 02 Februari 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *