Spinel: Batu Permata yang Dianggap sebagai Ruby dan Safir Selama Lebih dari 1000 Tahun

Gambar Spinel merah dan biru. Spinel terbentuk dalam berbagai warna. Warna merah dan biru adalah jenis warna spesimen yang paling spektakuler. Sangat mudah untuk memahami bagaimana pedagang permata zaman dulu menganggap spinel sebagai rubi dan safir selama lebih dari 1000 tahun. (Spesimen dan foto oleh Arkenstone / iRocks.com dan geology.com)

Spinel merupakan salah mineral batu permata yang dulu dianggap sebagai ruby dan safir selama lebih dari 1000 tahun. Beberapa spinel paling spektakuler yang pernah ditemukan dipasang sebagai "permata mahkota" dan "perhiasan penting lainnya" di bawah asumsi bahwa mereka adalah batu rubi atau safir.
Hal ini disebabkan spinel memiliki warna merah dan biru terang yang nampak sama seperti rubi dan safir.

Gambar Beberapa spinel berdesain cantik. Tiga batu merah dan merah muda dipotong dari bahan yang ditambang di Myanmar. Sedangkan Batu-batu biru di bawahnya dipotong dari bahan yang ditambang di Tanzania. (Sumber gambar Geology.com)

Pada zaman dahulu, pedagang batu permata kuno tidak tahu bahwa spinel dan corundum (mineral ruby dan safir) memiliki komposisi kimia dan struktur kristal yang berbeda. Sebagai gantinya, pedagang permata berpikir bahwa setiap batu permata yang berwarna merah terang adalah "ruby" dan setiap batu permata yang berwarna biru tua adalah "safir." 
Akibatnya, banyak spinel sekarang berada dalam koleksi perhiasan yang sangat penting berdasarkan identifikasi mereka yang tidak tepat sebagai batu rubi.
Spinel memiliki bentuk batuan yang sama dengan ruby dan safir dan biasanya ditemukan bersama-sama dengan mineral ruby dan safir. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika pedagang permata kuno mengira bahwa spinels yang berwarna-warni ini adalah batu rubi dan safir.
Contoh paling terkenal dari spinel yang diidentifikasi sebagai ruby adalah spinel merah 170 karat yang dinamai "Ruby Pangeran Hitam". Pemilik pertama yang terkenal dari batu yang indah ini adalah Abu Sa'id, Pangeran Moor dari Granada, pada abad ke-14. 
Batu itu melewati beberapa pemilik dan akhirnya berhasil masuk ke Mahkota Negara Kekaisaran Kerajaan Inggris. Ia dipasang tepat di atas berlian Cullinan II yang terkenal.
"Ruby Timur" adalah spinel merah terang 352,5 karat yang saat ini ada dalam kalung Koleksi Royal yang dibuat untuk Ratu Victoria pada tahun 1853. Batu itu ditemukan di Afghanistan. Sedangkan sekelompok spinels dari Lahore Treasure diberikan kepada Ratu Victoria oleh East India Company pada tahun 1849.
Gambar Mahkota Catherine yang Agung: Mahkota Kekaisaran Agung dibuat untuk Permaisuri Catherine II Penobatan Agung pada tahun 1762. Batu merah besar di puncak mahkota adalah spinel terbesar kedua yang diketahui, dengan berat 398 karat. Telah diberi nama: "Catherine the Great's Ruby." (Sumber gambar Geology.com)

PERBEDAAN ANTARA SPINELRUBYDAN SAFIR
Saat ini, ahli permata memahami bahwa ada perbedaan yang signifikan antara spinel dan corundum (mineral ruby dan safir). Perbedaan antara spinel, ruby, dan Safir dirangkum sebagai berikut.
Sifat optik juga bisa digunakan untuk membedakan spinel dari korundum. Pedagang permata di Myanmar adalah orang pertama yang mengenali spinel karena sangat berbeda dengan rubi di akhir tahun 1500-an. Di Eropa, spinel terus salah diidentifikasi sebagai ruby sampai pertengahan 1800-an.

PENGGUNAAN SPINEL
Penggunaan spinel hanya penting sebagai batu permata. Itu terjadi dalam berbagai warna seperti tidak berwarna, pink, merah, oranye, biru, ungu, coklat, dan hitam. Warna yang sama seperti ruby dan safir adalah yang paling populer, bersamaan dengan warna merah oranye yang dikenal sebagai "spinel api."
Spinel merah dan biru berkualitas termasuk permata yang sangat langka. Mereka jauh lebih sedikit daripada batu rubi dan safir dengan kualitas dan warna yang sama. Bahkan dengan keindahan yang setara dan kelangkaan yang lebih besar, harganya jauh lebih rendah daripada batu rubi dan safir.
Ini merupakan contoh nyata bagaimana kelangkaan belum tentu menentukan harganya.
Spinel tidak begitu berharga karena tidak begitu populer. Spinel belum dipromosikan dengan kuat sebagai batu permata dalam perdagangan perhiasan karena pasokannya terbatas dan tidak dapat diandalkan. 
Terkadang spinel yang sangat bagus atau barang perhiasan yang bernilai sejarah dijual atau dilelang dengan harga yang sangat tinggi. Satu kalung berisi sebelas kilau merah terang, berjumlah 1.132 karat, dijual dengan harga lebih dari $5 juta.

Gambar Spinel Samarian: Spinner Samarian merupakan spinel terbesar yang diketahui di dunia dan bagian dari Crown Jewels Iran. Beratnya sekitar 500 karat. Batu spinel ini memiliki prasasti yang berasal dari pertengahan 1600-an yang menghubungkan kepemilikannya dengan Jehangir, Kaisar Mogul India (Sumber gambar Geology.com)


SPINEL SINTETIS
Spinel sintetis pertama diproduksi pada tahun 1847 oleh Jacques-Joseph Ebelmen, seorang Kimiawan Prancis. Produksi komersial spinels sintetis sangat terbatas di tahun 1800-an. Namun, pada tahun 1930-an spinel sintetis dalam berbagai warna diproduksi dengan cara meniru batu permata populer seperti aquamarine, zirkon, turmalin, zamrud, chrysoberyl, dan ruby.
Warna-warna tersebut dihasilkan dengan memasukkan logam dalam jumlah sedikit ke dalam batu dengan beberapa zat tambahan seperti oksida kobalt (biru), mangan (kuning), kromium oksida (hijau), dan besi (pink). Untuk mengendalikan warna batu maka prosedur kimia yang digunakan harus benar-benar cermat.
Selain penggunaannya sebagai batu permata, spinel sintetis juga digunakan sebagai bahan tahan api. Biasanya digunakan untuk menghasilkan pelapis tahan panas pada alat logam dan sebagai aditif dalam membuat batu bata tahan api dan keramik.

KELOMPOK MINERAL SPINEL
Nama "spinel" juga digunakan untuk kelompok mineral yang luas dengan komposisi kimia umum XY2O4
"X" pada rumus dapat ditempati oleh: 
- Mg (magnesium)
- Fe+2 (ion magnesium)
- Zn (zeng)
- Mn2+ (ion mangan II)
- Ni (nikel)
- Co (kobalt)
- Cu (tembaga)

"Y" pada rumus dapat ditempati oleh: 
- Al (aluminium)
- Fe+3 (ion besi III)
- Cr (krom)
- V3+ (ion vanadium III)
- Ti4+ (ion titanium)
- Ge (germanium)
- Sb (antimon)
Contoh mineral kelompok spinel meliputi gahnite, magnetite, franklinite, chromite, chrysoberyl, dan Columbite-Tantalite.


SUMBER RUJUKAN
www.geology.com dengan judul artikel “Spinel”. diakses pada tanggal 11 agustus 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *