Rompi Anti Peluru (Kevlar): Fakta, dan Informasi Unik Yang Perlu Diketahui



PENDAHULUAN
WANIBESAKc - Alam telah memberi kepada kita beberapa bahan yang menakjubkan. Ada kayu: bahan yang sangat kuat dan serbaguna. Bahan ini bisa digunakan untuk membuat segala hal mulai dari membuat kertas hingga bangunan rumah. Atau bagaimana dengan kulit kita? Kulit merupakan bahan yang akan memperbaiki dirinya secara otomatis hanya dalam hitungan hari dan sama sekali tidak terlihat. Bukankah itu menakjubkan??
Sungguh luar biasa. Meskipun bahan-bahan ini jauh dari sempurna untuk setiap aplikasi, terutama di dunia modern dimana tantangan yang kita hadapi tidak akan pernah bisa diantisipasi. Itu sebabnya kita sekarang kita mengandalkan banyak bahan sintetis. Salah satu contoh bahan sintetis modern adalah "Kevlar". Kevlar merupakan plastik yang cukup kuat dan mampu menghentikan peluru. Kevlar dikatakan lima kali lebih kuat dari baja dengan bobot yang sama. Kevlar juga memiliki banyak kegunaan lain,  mulai dari membuat kapal dan tali busur hingga memperkuat ban dan bantalan rem.
Oleh sebab itu, pada artikel ini, mari kita bersama-sama melihat lebih dekat apa yang membuat kevlar sangat kuat dan istimewa.

Sang Penemu Kevlar, Ahli kimia Amerika Serikat asal Polandia, Stephanie Kwolek (Sumber gambar: en.wikipedia.org/wiki/Kevlar)

KEVLAR ITU SEBENARNYA APA?
Kevlar adalah salah satu bahan modern yang selalu dibicarakan orang sepanjang waktu tanpa pernah menjelaskan lebih jauh.
"Ini terbuat dari Kevlar", kata mereka, dengan anggukan yang jelas, seolah-olah itu adalah semua penjelasan yang kita butuhkan.
Kevlar hanyalah plastik super kuat. Jika kedengarannya tidak mengesankan, ingatlah bahwa ada kata plastiknya. Ada ratusan plastik sintetis yang dibuat melalui reaksi polimerisasi (bergabung bersama membentuk molekul rantai panjang) dan mereka memiliki sifat yang sangat berbeda. Sifat menakjubkan Kevlar sebagian disebabkan oleh struktur internalnya (bagaimana molekulnya diatur secara alami dalam garis sejajar dan paralel) dan sebagian karena cara proses pembuatannya menjadi serat yang dijahit erat-erat.
Rumus struktur dari kevlar sebagai berikut.

Struktur molekul Kevlar: bagain yang dicetak tebal (bold) mewakili unit monomer, garis putus-putus menunjukkan ikatan hidrogen. (Sumber gambar: en.wikipedia.org/wiki/Kevlar)

Kevlar tidak seperti kapas - ini bukan sesuatu yang bisa dibuat dari bahan baku yang tepat. Kevlar merupakan bahan eksklusif yang dibuat hanya oleh perusahaan kimia DuPont™ dan dilengkapi dalam dua varietas utama yang disebut Kevlar 29 dan Kevlar 49 (varietas lain dibuat untuk aplikasi khusus). Dalam struktur kimianya, sangat mirip dengan bahan pelindung serbaguna lainnya yang disebut Nomex. Kevlar dan Nomex adalah contoh bahan kimia yang disebut polyaromatic atau aramid.


BEBERAPA HAL PENTING MENGENAI KEVLAR
* Kevlar merupakan bahan sintetis yang dibuat di laboratorium kimia. Artinya kevlar bukan tekstil alami seperti kapas yang berasal dari tanaman, dan wol yang berasal dari hewan.
* Molekul Kevlar memiliki struktur cincin (aromatik) yang kuat seperti benzena.
* Poliamida berarti molekul aromatik seperti cincin terhubung bersama untuk membentuk rantai panjang.
* Kevlar diperkenalkan pada tahun 1971 dang telah ditemukan pada awal tahun 1960 oleh ahli kimia Stephanie Kwolek. Beliau memperoleh hak Patent untuk penemuannya, dengan Paul Morgan pada tahun 1966.
* Kevlar sangat kuat tapi relatif ringan. Kekuatan peregangan atau kekuatan tarik Kevlar adalah 29. Kevlar 49 delapan kali lebih besar dari pada kawat baja.
* Tidak seperti plastik yang mudah meleleh, kevlar cukup baik menahan suhu dan terurai pada suhu sekitar 450 °C (850 °F).
* Berbeda dengan bahan kembarnya, Nomex, Kevlar bisa dibakar tetapi biasanya pembakaran akan berhenti saat sumber panas dikeluarkan.
* Suhu yang sangat rendah tidak berpengaruh pada Kevlar. DuPont menemukan tidak akan mengalami degradasi sampai suhu -196 °C (-320 °F).
* Seperti plastik lainnya, paparan sinar ultraviolet yang lama (misalnya berada di bawah sinar matahari) menyebabkan terjadinya perubahan warna dan beberapa serat Kevlar akan mengalami degradasi.
* Kevlar dapat menahan serangan dari berbagai bahan kimia, meskipun semakin lama terekspos asam kuat atau basa kuat akan menurunkan kualitasnya dari waktu ke waktu.
* Dalam tes DuPont, Kevlar tetap atau hampir tidak berubah setelah terpapar air panas selama lebih dari 200 hari dan sifat super kuatnya hampir tidak terpengaruh oleh kelembaban.

(GoGo Gear Kevlar Leggings (www.scooterstyle.com.au/wp-content/uploads/2015/07/GoGo-Gear-Kevlar-leggings-Womens-5.jpg))

APA KEKURANGAN KEVLAR?
Perlu dicatat bahwa Kevlar juga memiliki kekurangan. Secara khusus, meskipun memiliki kekuatan tarik (melar) yang sangat tinggi, kekuatan tekannya sangat buruk. Itu lah sebabnya Kevlar tidak digunakan untuk menggantikan baja sebagai bahan bangunan utama, dalam hal-hal seperti rumah, jembatan, dan bangunan lainnya, dimana kekuatan tekan sering terjadi.

APA KEGUNAAN KEVLAR?
Kevlar dapat digunakan sendiri atau sebagai bagian dari bahan komposit (satu bahan digabungkan dengan yang lain) untuk memberi kekuatan tambahan. Fungsi Kevlar yang paling banyak diketahui adalah digunakan dalam rompi antipeluru dan pelindung tubuh (knifeproof body armor).
Helm dan rompi PASGT (Personnel Armor System for Ground Troops) yang digunakan oleh pasukan militer Amerika Serikat, gunakan Kevlar sebagai komponen kunci dalam konstruksi mereka. Penggunaan militer lainnya termasuk masker wajah antipeluru dan spall liners yang digunakan untuk melindungi awak kendaraan tempur lapis baja. Kapal induk kelas Nimitz (Nimitz-class aircraft carriers) memanfaatkan penguatan Kevlar di beberapa area vital.
Aplikasi sipil meliputi: seragam tahan panas yang dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran, pelindung tubuh yang dikenakan oleh petugas polisi, keamanan, dan tim taktis polisi seperti SWAT.
Kevlar juga memiliki puluhan aplikasi lain, misalnya, sebagai penguatan ban mobil, rem mobil, dan senar busur panahan, serta beberapa bagian mobil, kapal, dan bahkan badan pesawat terbang.


APA YANG MENJADIKAN KEVLAR SEBAGAI BAHAN ANTIBALIK YANG BAIK??
Jika Anda telah membaca artikel tentang peluru, maka Anda akan tahu bahwa peluru memiliki daya rusak yang besar sehingga ia akan merusak apa saja yang dikenainya termasuk manusia. Hal ini disebabkan ketika dilesakan, maka peluru akan melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi sehingga memiliki energi kinetik yang besar.
Meskipun tidak ada benda yang benar-benar "antipeluru", bahan seperti kaca anti peluru melakukan tugasnya dengan baik dalam melindungi kita dengan cara menyerap dan melenyapkan (menyebarkan) energi dari peluru.

Gambar tentara yang sebagian besar tubuhnya dilindungi oleh kevlar (Sumber gambar bulletproofvestshop.com/kevlar-vest/)

Kevlar adalah bahan anti peluru dan pisau yang sangat baik karena membutuhkan banyak energi untuk membuat pisau atau peluru melewatinya. Hal ini disebabkan, serat molekul polimer ditenun dengan erat, sehingga sangat sulit untuk dipisahkan, yang berarti dibutuhkan banyak energi untuk memisahkannya. Energi dari peluru berkurang saat mencoba menembus rompi. Jika salah satu ancaman berhasil menembus material ini, maka kecepatannya akan berkurang, sehingga kerusakannya jauh lebih sedikit. Kevlar lebih kuat dari baja dan kira-kira 5,5 kali lebih sedikit sehingga membuatnya fleksibel dan cukup ringan untuk dipakai dalam waktu lama.
Walaupun demikian, saat membeli rompi bukti peluru yang terbuat Kevlar, perlu pertimbangkan dua faktor utama yang menjadi situasi Anda akan mengenakan rompi dan tingkat perlindungan yang Anda perlukan. Rompi antipeluru yang diproduksi untuk tingkat perlindungan yang lebih tinggi biasanya tidak sesuai untuk pemakaian sehari-hari karena cenderung berat dan besar.
Kerapatan Kevlar sekitar 1,44 gram per sentimeter kubik, sedangkan kerapatan baja berkisar sekitar 7,8 - 8 gram per sentimeter kubik. Hal ini menunjukan bahwa, volume tertentu Kevlar massanya akan 5-6 kali lebih kecil dari volume baja yang sama.
Pikirkan kembali ksatria abad pertengahan dengan pakaian pelindung mereka yang tidak praktis. Secara teori, Kevlar modern memberi perlindungan yang cukup, tetapi sangat ringan dan fleksibel untuk dipakai dalam waktu yang jauh lebih lama.


SUMBER PUSTAKA

-- Chris Woodford. 2017. Kevlar. Online.    (www.explainthatstuff.com/kevlar.html)
-- Anonim. Kevlar Vest. Online (bulletproofvestshop.com/kevlar-vest/) diakses pada Rabu 14 Maret 2018.
-- Wikipedia. Kevlar. Online. (en.wikipedia.org/wiki/Kevlar) diakses pada Rabu 14 Maret 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *