9 Tips Sederhana Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Gambar ilustrasi seorang wanita yang sedang mencuci wajahnya (Sumber gambar Thoughtco.com)

WANIBESAKc - Memiliki wajah yang bersih dan bersinar merupakan impian sebagian besar orang. Terutama orang-orang berada di sebuah planet yang namanya bumi. Orang-orang di bumi selalu menginginkan wajah yang cerah bahkan terang seperti lampu 1000 watt. Walaupun demikian seringkali muncul beberapa gumpalan kecil atau bukit-bukit kecil di wajah dan anggota tubuh yang disebut jerawat. 
Jerawat di wajah atau bagian tubuh yang lain bisa menjadi masalah yang memberatkan karena membuat seseorang merasa seolah-olah tidak percaya diri untuk tampil di hadapan umum. Karena inilah jerawat, terutama di wajah, merupakan masalah yang sangat menjengkelkan dan benar-benar menyebalkan.
Berikut adalah beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan jerawat. Jika Anda benar-benar melakukan hal ini maka anda akan melihat perubahannya kurang lebih dalam waktu sekitar 4 minggu.
Tips sederhana menyembuhkan jerawat anda secara alami tersebut sebagai berikut.

1. Oleskan masker madu ke wajah anda sekali atau dua kali dalam seminggu 
Madu memiliki sifat antibakteri sehingga sangat bagus untuk menghilangkan desinfektan dan penyembuhan noda ringan. Madu juga cocok digunakan pada kulit sensitif.

2. Cuci wajah minimal dua kali sehari menggunakan sabun jerawat
Anda harus mencuci muka dua kali sehari dengan sabun berbasis belerang yang dirancang untuk jerawat. Cuci muka pertama dilakukan saat bangun pagi hari dan tepat sebelum tidur di malam hari. Saat mencuci usaplah secara lembut - jangan menggosok atau menggunakan kain kasar apapun.

3. Jauhkan rambut dari wajah Anda
Jika Anda memiliki rambut panjang atau poni, jauhkan rambut dari wajah manis Anda. Hal ini disebabkan rambut mengandung minyak, dan akan memberi kontribusi berharga pada jerawat Anda. Selain itu, anda juga harus mencuci rambut setiap hari dan setelah berolahraga.

4. Makan wortel untuk mendapatkan beta-karoten yang menjadi sumber Vitamin A
Vitamin A akan memperkuat jaringan pelindung kulit sehingga mampu mencegah jerawat. Vitamin ini penting untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan dimana kulit dan selaput lendir terbentuk. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk membersihkan racun yang berada di dalam tubuh. Tahukah Anda bahwa kekurangan vitamin A justru bisa menyebabkan jerawat?

5. Sertakan kromium dalam makanan Anda
Kromium terkenal dalam diet penurunan berat badan. Tapi juga sangat baik untuk penyembuhan infeksi pada kulit. Mengkonsumsi suplemen kromium sehari sekali akan membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat dan dapat mencegah munculnya jerawat di masa yang akan datang.

6. Mengkonsumsi makanan Multi-Vitamin
Jerawat bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh kita. Kulit kita sangat tergantung pada nutrisi yang kita konsumsi. Walaupun demikian kulit telah menjadi organ vital yang biasanya terbengkalai. Jika tubuh Anda tidak menerima nutrisi yang tepat, kulit kita akan mulai memberontak. Salah satu cara yang umum pemberontakan kulit adalah menghasilkan sebum yang berlebihan sehingga akan menyumbat pori-pori, dan mengurangi kemampuan kulit untuk menyembuhkan diri dan kemampuan melawan bakteri mulai berkurang.

7. Hindari Memakai Makeup
Meninggalkan produk makeup di kulit hanya akan berkontribusi terhadap penyumbatan pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak muncul jerawat dan komedo. Jika Anda merasa harus memakai make up, pastikan itu berbasis air.

8. Hindari memencet komedo dan jerawat
Jangan pernah memencet, meremas, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo Anda. Ketika kita melakukan salah satu tindakan ini, tanpa kita sadari sebenarnya kita telah meningkatkan produksi sebum kulit. Plus, saat kita meremas kulit, kita benar-benar telah berhasil memecahkan selaput di bawah kulit sehingga akan menyebabkan infeksi dan sebum mulai menyebar di bawah kulit kita. Hasilnya akan muncul lebih banyak jerawat lagi. 
Jika Anda tidak dapat menahan keinginan untuk memencet jerawat atau meremas komedo Anda gunakan professional pimple dan blackhead extractors profesional.

9. Makan makanan kaya seng atau zink
Zinc adalah agen antibakteri dan unsur penting dalam kelenjar penghasil minyak pada kulit. Diet rendah seng sebenarnya bisa menyebabkan seseorang berjerawat.

SUMBER RUJUKAN
- Thoughtco.com,  dengan judul artikel “Ten Simple Tips to Cure Your Acne Naturally” (www.thoughtco.com/natural-solutions-for-acne-1725688) diakses pada Minggu, 24 September 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *