Sungai Caño Cristales: Sungai yang Lari dari Surga Turun ke Bumi

Di planet bumi terdapat sangat banyak sungai yang memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Sungai didefinisikan sebagai aliran air yang besar dan biasanya mengalir dari pegunungan (hulu) menuju lautan (hilir).
Sungai-sungai yang ada di seluruh dunia, hampir semuanya merupakan buatan alam. Beberapa diantaranya  membentuk alur tertentu dengan pola dan warna yang menarik. Selain sungai dengan warna yang indah, ada juga sungai yang terdapat di bawah tanah. Sungai yang terdapat atau terletak di bawah tanah disebut underground river. Beberapa sungai yang terdapat di bawah tanah yaitu sungai bawah tanah di Gua Hang Soon Dong (Vietnam), sungai bawah tanah di Yucatan (Meksiko), sungai bawah tanah di Gua Pindul (Indonesia).
Salah satu sungai yang memiliki warna sangat indah di dunia adalah sungai Caño Cristales. Caño Cristales atau Crystal Channel adalah sebuah sungai di Kolombia yang terletak di provinsi Serrania de la Macarena, Meta. Sungai ini merupakan anak sungai di Sungai Guayabero.
Berikut beberapa foto Sungai Caño Cristales yang dasarnya nampak berwarna warni di bawah air yang sangat sangat jernih. 



(Sumber gambar pandotrip.com/cano-cristales-the-river-of-five-colors-in-colombia-11834/)

(Sumber gambar pandotrip.com/cano-cristales-the-river-of-five-colors-in-colombia-11834/)

(Sumber gambar pandotrip.com/cano-cristales-the-river-of-five-colors-in-colombia-11834/)

(Sumber gambar pandotrip.com/cano-cristales-the-river-of-five-colors-in-colombia-11834/)


Saking indahnya, sungai ini diberi julukan sebagai "Sungai Lima Warna (River of Five Colors)" atau "Pelangi Cair (Liquid Rainbow)" atau "sungai yang lari dari Surga (the river that ran away from paradise)”. 
Karena keindahannya yang sangat mempesona serta warnanya yang sangat mencolok, maka sungai ini dinobatkan sebagai sungai terindah di dunia.

Untuk sebagian besar tahun, sungai Caño Cristales nampak sama dengan sungai-sungai yang lain yakni terdapat bongkahan-bongkahan batu tertutup lumut hijau kusam di bawah arus air yang sejuk dan bersih.
Namun, untuk jangka waktu yang singkat setiap tahun, sungai ini nampak seolah-olah mulai berbunga dalam ledakan warna yang semarak. Hal ini biasanya terjadi pada akhir bulan Juli sampai bulan November. Pada bulan-bulan tersebut sungai ini akan nampak berwarna kuning, hijau, biru, hitam, dan merah, yang disebabkan oleh adanya ganggang Macarenia clavigera (Podostemaceae) di dasar sungai.

Berbagai warna yang nampak bagaikan pelangi cair yang terdapat pada sungai ini disebabkan oleh berbagai fenomena unik: tanaman merah - Macarenia clavigera – yang tumbuh di dasar sungai. Warna lainnya berasal dari batu hitam, ganggang hijau, air biru dan pasir kuning, sehingga menghasilkan efek warna-warni. Sungai ini juga dilengkapi dengan air terjun, kolam renang dan gua, membuatnya lebih dramatis. Selanjutnya - tidak ada ikan atau makhluk lainnya, sehingga pengunjung dapat menikmati mandi tanpa gangguan di sungai Caño Cristales.

Karena warna indah sungai Caño Cristales hanya nampak pada bulan juli sampai bulan november, maka selama enam bulan dari setiap tahun (dari bulan Desember sampai Juni) Caño Cristales akan ditutup untuk pariwisata.
Sungai Caño Cristales adalah tempat yang menakjubkan dimana alam menempatkan salah satu pertunjukan terbaiknya dengan bermain menggunakan warna air di sungai. 
Sungai ini sangat dianjurkan bagi pecinta alam yang ingin menikmati kedamaian dan keindahan pemandangan sekitarnya. Selain itu, orang-orang di sana baik dan sangat ramah terhadap turis lokal maupun mancanegara.

Caño Cristales terletak di daerah yang terpencil sehingga dahulu tidak mudah dijangkau dengan jalan darat. Wisatawan biasanya terbang ke kota terdekat La Macarena. Dari sana, mereka akan melakukan perjalanan singkat ke "Serrania de la Macarena," taman nasional tempat Caño Cristales berada. Sungai Caño Cristales sekarang benar-benar aman untuk dikunjungi dan dicapai dengan mudah melalui penerbangan langsung dari Bogotá, Medellín, dan Villavicencio.

Situs ini pernah ditutup untuk turis selama beberapa tahun karena aktivitas gerilya di kawasan ini bersamaan dengan kekhawatiran tentang dampak lalu lintas turis yang tidak diatur. Situs mulai dibuka kembali untuk pengunjung pada tahun 2009.


SUMBER RUJUKAN
-- Wikipedia.org dengan judul artikel  Caño Cristales”. Online  (en.wikipedia.org/wiki/Cano_Cristales) diakses pada 26 Oktober 2017.
-- Anonim. Caño Cristales. Online (www.atlasobscura.com/places/cano-cristales) diakses pada 26 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *