Mengapa Kita Bermimpi Saat Tidur?



Semua orang pasti tahu dan pernah mengalami apa yang namanya mimpi. Namun hingga saat ini apa itu mimpi masih sangat sukar untuk dijelaskan dengan kata-kata. Namun hal yang pasti adalah yang namanya mimpi dapat membuat anda merasa bahagia, sedih, atau takut, bahkan kebingungan.
Pertanyaannya apakah mimpi benar-benar memiliki fungsi fisiologis, fungsi biologis, ataupun fungsi psikologis belum terjawab sampai sekarang. Tetapi hal itu tidak menghentikan para ilmuwan dan peneliti untuk berspekulasi. Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa kita bermimpi. 
Beberapa penelitian mengemukakan bahwa mimpi sangat erat kaitannya dengan kesehatan kita. Mereka yang tidak bermimpi ketika sedang tidur cenderung mengalami:
# peningkatan ketegangan
# kegelisahan
# depresi
# kesulitan berkonsentrasi
# Kurangnya koordinasi
# berat badan bertambah (kegemukan)
# Kecenderungan untuk berhalusinasi

Jika Anda pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang mengganggu, Anda mungkin bangun dengan solusi, atau setidaknya merasa lebih baik tentang situasi saat itu. 
Banyak para ahli dan ilmuwan mengatakan bahwa mimpi ada untuk:
# Membantu memecahkan masalah dalam hidup kita.
# Menggabungkan kenangan.
# Proses emosi.

APAKAH MIMPI MEMILIKI ARTI?
Seperti halnya ada berbagai pendapat tentang mengapa kita bermimpi, ada juga pandangan yang berbeda mengenai arti dari sebuah mimpi. Para ahli masih tidak sepenuhnya memahami mengapa kita bermimpi atau penyebab di balik mimpi.
Para ahli mimpi dan psikologi mengatakan mimpi tidak memiliki hubungan dengan emosi kita yang sebenarnya atau pikiran. Mimpi hanya berupa cerita atau kisah aneh yang tidak berhubungan dengan kehidupan normal.
Ahli yang lain mengatakan mimpi kita mungkin mencerminkan pikiran yang mendasari pribadi kita sendiri dan perasaan. Perasaan merupakan keinginan terdalam kita, ketakutan, dan kekhawatiran, akan terulang dalam mimpi.
Dengan menafsirkan mimpi kita, kita mungkin dapat mendapatkan wawasan ke dalam hidup kita dan diri kita sendiri.
Banyak orang mengatakan mereka mendapatkan ide-ide terbaik mereka dari mimpi, sehingga mimpi bisa menjadi saluran kreativitas. 
Misalnya ban mobil atau motor ataupun ban kendaraan lainnya bisa digunakan sampai sekarang karena penemunya bermimpi ada seseorang yang menyatakan pada dirinya untuk menambahkan belerang ke dalam karet miliknya. Maka saat bangun ia melakukan seperti yang ditemukan dalam mimpinya. Alhasil sampai sekarang ban masih terus digunakan.
Oleh karena itu, banyak ahli mengatakan mimpi adalah unik untuk setiap orang sehingga orang-orang tidak harus bergantung pada buku atau "kamus mimpi," yang memberikan arti khusus tentang mimpi. Alasan tertentu di balik mimpi Anda adalah unik untuk Anda.
Meskipun para ilmuwan tidak bisa mengatakan dengan pasti arti mimpi yang sebenarnya dan mengapa kita bermimpi, banyak juga orang yang Amenemukan makna dalam mimpi mereka.

MENGAPA MIMPI BURUK BISA TERJADI?
Mimpi buruk atau Bad Dreams, merupakan fenomena umum yang bisa terjadi pada anak-Anak dan orang dewasa.
Para ahli menyatakan seseorang sering mengalami mimpi buruk karena disebabkan oleh:
# stres
# sakit
# adanya konflik
# ketakutan
# trauma
# masalah emosional.
# menggunakan obat tertentu.
# menderita penyakit tertentu.
Namun, perlu diingat bahwa tidak peduli seberapa menakutkan mimpi buruk yang terjadi dalam tidur Anda, hal itu tidak nyata dan kemungkinan besar tidak akan terjadi pada di kehidupan nyata Anda.

APAKAH MIMPI BISA MEMPREDIKSI MASA DEPAN?
Ada banyak contoh dari situasi di mana mimpi yang datang dalam tidur benar-benar terjadi atau menceritakan tentang peristiwa masa depan. 
Bila Anda memiliki mimpi yang kemudian benar-benar terjadi kehidupan nyata, para ahli mengatakan kemungkinan besar karena:
# kebetulan.
# memori rusak.
# Sebuah ikatan antara situasi saat ini dengan informasi-informasi yang diketahui.
# Kadang-kadang mimpi bisa memotivasi seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu, sehingga dapat mengubah masa depan.

MENGAPA MIMPI SULIT DIINGAT?
Para peneliti tidak tahu pasti mengapa mimpi mudah dilupakan. Mungkin memori kita dirancang untuk melupakan mimpi kita. Hal ini disebabkan karena jika kita terus mengingat semua mimpi kita, kita mungkin tidak akan bisa membedakan mimpi dari kenangan nyata yang kita alami.
Beberapa mengatakan pikiran kita tidak benar-benar lupa akan mimpi-mimpi yang terjadi, kita hanya tidak tahu bagaimana untuk mengaksesnya. 
Mimpi dapat disimpan dalam ingatan kita, menunggu untuk dipanggil kembali. Gagasan ini mungkin menjelaskan mengapa seseorang mungkin tiba-tiba mengingat mimpinya di kemudian hari. Hal ini bisa terjadi ketika terdapat sesuatu yang mungkin memicu memori untuk mengingat mimpi kita.

TIPS UNTUK MENGINGAT KEMBALI MIMPI
Jika Anda tidur  dan tidak bangun sampai pagi, Anda cenderung untuk mengingat mimpi Anda dibandingkan dengan orang-orang yang terbangun beberapa kali di malam hari.
Pada  artikel ini akan dijabarkan beberapa tips yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengingat mimpi Anda :
- Bangun tanpa alarm
Anda memiliki kemungkinan besar untuk mengingat mimpi Anda jika Anda terbangun secara alami dibandingkan dengan alarm. Hal ini disebabkan setelah alarm berbunyi, otak kita akan fokus pada suara yang mengganggu dan berusaha untuk mematikannya. Artinya otak kita tidak fokus pada mimpi yang didapat selama tidur.

- Ingatkan diri Anda untuk mengingat 
Jika Anda ingin mengingat mimpi Anda dan membuat keputusan sadar untuk melakukannya, Anda lebih mungkin untuk mengingat mimpi Anda di pagi hari. Sebelum Anda tidur, ingatkan diri sendiri bahwa Anda ingin mengingat mimpi yang terjadi dalam tidur Anda. Jika Anda berpikir tentang mimpi tepat setelah bangun, mungkin lebih mudah untuk diingat.

SUMBER RUJUKAN
- medicalnewstoday. What does it mean when we dream?
- Charles W. Bryant. Why do we dream?. science.howstuffworks.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *