Makna Orde Reaksi dalam Laju Reaksi


WANIBESAKc - Orde reaksi dapat dinyatakan sebagai bilangan yang menunjukkan hubungan antara perubahan konsentrasi pereaksi terhadap laju reaksi. Semakin besar konsentrasi pereaksi, makin besar nilai orde reaksi. Makin besar orde reaksi maka laju reaksi makin meningkat (reaksi makin cepat).
Laju reaksi dipengaruhi juga oleh nilai konstanta laju reaksi (k). Konstanta laju reaksi adalah perbandingan antara laju reaksi dengan konsentrasi pereaksi. Nilai k dipengaruhi oleh suhu. Suhu berubah nilai k berubah. Sama seperti nilai orde reaksi, nilai k hanya ditentukan berdasarkan data eksperimen. Makin besar nilai nilai k, laju reaksi makin cepat walaupun konsentrasi pereaksi yang digunakan kecil, begitupun sebaliknya.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengukur laju reaksi. Misalnya, jika gas dilepaskan selama reaksi, kita dapat mengukur laju reaksi dengan cara menghitung volume yang dihasilkan per detik pada waktu tertentu selama reaksi berlangsung. Selain itu, laju reaksinya dapat diketahui dari orde reaksi yang dimiliki.

a.  Reaksi Orde Nol
Reaksi orde nol adalah reaksi yang lajunya tidak dipengaruhi oleh konsentrasi pereaksi. Dengan demikian harga laju reaksi sama dengan konstanta laju reaksi (k).
Persamaan laju reaksi:
v = k [A]0 = k

Reaksi orde nol relatif tidak umum dan terjadi pada kondisi yang spesial.

Gambar Grafik reaksi orde nol


Salah satu contoh reaksi orde nol adalah dekompisisi gas NH3 pada permukaan platina panas. Reaksi ini terjadi pada sisi aktif di permukaan padatan platina.
Persamaan reaksi:
2NH3(g)   N2(g) + 3H2(g)

Dari hasil eksperimen ditemukan bahwa laju reaksi = k [NH3]0

Hal ini menunjukan bahwa laju reaksi tidak dipengaruhi oleh konsentrasi NH3.
Beberapa contoh reaksi berorde nol yaitu :
1.      Intensitas cahaya pada reaksi fotokimia.
2.      Tersedianya enzim dalam reaksi yang dikatalisis oleh enzim.
3.      Penguraian alkohol dalam tubuh manusia. Hal ini mengakibatkan, makin banyak mengkonsumsi alkohol kadar alkohol dalam darah makin meningkat.

b.  Reaksi Orde Satu (First-Order Reaction)

Gambar Grafik reaksi orde satu

Reaksi orde satu adalah reaksi yang lajunya tergantung pada konsentrasi pereaksi dipangkatkan satu. Jika konsentrasi pereaksi dinaikan dua kali maka laju reaksinya akan naik menjadi 21 atau 2 kali lebih cepat dibanding laju awal.
Persamaan laju reaksi:
v = k  [A]1  =  k  [A]

c.  Reaksi Orde dua (Second-Order Reaction)

Gambar Grafik reaksi orde dua

Reaksi orde dua adalah reaksi yang lajunya tergantung pada konsentrasi pereaksi dan salah satu pereaksi dipangkatkan dua atau reaksi yang memiliki orde total dua.
Persamaan laju reaksi:
V =  k  [A]  [B] atau V = k  [A]2  atau  V =  k  [B]2

Pada reaksi orde dua, jika konsentrasi pereaksi dinaikkan dua kali maka laju reaksinya akan naik menjadi 22 atau 4 kali lebih cepat dibanding laju awal.
Persamaan reaksi:
2NO2(g)  +  F2(g)    2NO2F(g)

Dari hasil eksperimen ditemukan bahwa laju reaksi = k [NO2]  [F2].

Dari persamaan reaksi tersebut dapat diketahui bahwa orde reaksi terhadap NO2 = 1 dan F2 = 1 dan orde total = 2.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *