14 Fakta-Fakta Beruang Kutub (Polar Bear)

Gambar beruang kutub atau Polar Bear yang sedang jalan sehat di atas es (Sumber gambar Wikipedia.com)



Beruang kutub adalah beruang putih besar yang ditemukan di Arktik. Karena menghabiskan sebagian besar waktunya di laut maka beruang kutub dianggap sebagai mamalia laut. Sebagai mamalia beruang kutub merupakan salah satu mamalia pemakan daging terbesar dan mereka terutama makan anjing laut.
Untuk fakta lebih lanjut tentang hewan-hewan yang hebat satu ini, teruslah membaca lanjutan artikel ini.

1. Beruang dewasa jantan berukuran 8 - 10 kaki dan beratnya antara 500 - 1700 pound. Sedangkan beruang betina ukurannya sekitar setengah ukuran jantan.


2. Dengan ukurannya yang sangat besar beruang kutub termasuk karnivora tanah terbesar di dunia, hanya disaingi oleh beruang coklat Kodiak yang berada di barat daya Alaska. Beruang kutub berada di puncak rantai makanan di Arktik yang kaya secara biologis. 

Beruang kutub diketahui memakan walrus, paus beluga dan bangkai paus bowhead, telur burung, dan beberapa vegetasi. Untuk mendapatkan makanannya ini, beruang kutub menempuh jarak yang jauh untuk mencari mangsa.

3. Beruang kutub menyebar ke seluruh wilayah Arktik di 19 subpopulasi, termasuk Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, dan Norwegia.

4. Beruang kutub adalah mamalia laut, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di es laut Arktik. Banyak adaptasi membuat beruang kutub yang secara unik sesuai dengan kehidupan di habitat yang dingin. 
Bulu mereka lebih tebal dari pada beruang lainnya dan bahkan menutupi kaki sehingga tubuhnya selalu hangat. Bulu putih yang dimiliki membantu beruang untuk berbaur dengan pemandangan bersalju, sehingga membentuk kamuflase yang sempurna.

Lapisan lemak tebal di bawah bulu mereka memberi daya apung dan insulasi. Tengkorak beruang kutub yang panjang dan sempit mungkin membantu merampingkan hewan ini di air sambil menghangatkan udara yang mereka hirup, dan kaki depan mereka besar, datar dan mirip dayung, membuat mereka perenang yang sangat baik dan hebat.

5. Beruang kutub yang hamil memerlukan banyak makan di musim panas dan musim gugur untuk membangun cadangan lemak yang cukup untuk bertahan dalam masa bersalin. 
Mereka akan mencari tempat bersalin di bulan Oktober atau November. Sebagian besar sarang bersalin terletak di tanah dimana salju terakumulasi termasuk sepanjang tebing pantai, tepi sungai atau pegunungan.

Bayi beruang akan lahir di bulan November sampai Januari ketika induknya sedang berhibernasi. Beruang kutub bisa memiliki 1 - 4 anak, tetapi sebagian besar dari mereka memiliki 2 anak. Anak-anak beruang akan tinggal bersama ibu mereka selama lebih dari 2 tahun.

6. Tidak seperti beruang grizzly, beruang kutub tidak mengklaim wilayah sebagai daerah mereka sendiri. Meski banyak orang percaya mereka agresif, mereka biasanya berhati-hati dalam konfrontasi, dan sering memilih untuk melarikan diri daripada bertengkar.

7. Banyak orang percaya beruang kutub beresiko punah karena pemanasan global. Saat es menghilang tidak ada tempat bagi beruang untuk beristirahat setelah mereka selesai berenang dan mencari makanan.
Banyak juga yang percaya pada tahun 2050, populasi beruang kutub akan turun dua pertiga.

8. Hilangnya habitat yang diharapkan akibat perubahan iklim, menjadikan beruang kutub tergolong spesies yang rentan dan saat ini telah mengalami penurunan.
Selama beberapa dekade, perburuan skala besar menimbulkan kekhawatiran internasional akan masa depan spesies tersebut, namun populasi meningkat kembali setelah kontrol dan kuota mulai mulai berlaku. 

9. Beruang kutub hanya ditemukan di Kutub Utara. Habitat yang paling penting untuk beruang kutub adalah tepi es kemasan dimana arus dan angin berinteraksi, membentuk matriks es dan peletakan es yang terus mencair dan refidezing (ruang terbuka di lautan di antara es laut). Di daerah inilah beruang kutub akan menemukan sejumlah besar anjing laut.

10. Selama ribuan tahun, beruang kutub telah menjadi tokoh kunci dalam kehidupan material, spiritual, dan budaya masyarakat Sirkumpolar, dan sampai dengan hari ini beruang kutub tetap penting dalam budaya mereka.

11. Beruang kutub adalah perenang yang sangat bagus dan mampu berenang berhari-hari di lautan yang dingin. Seekor beruang bisa berenang terus menerus tanpa henti selama 9 hari di lautan dengan jarak tempuh 687 km (400 mil).
Selama berenang, beruang akan kehilangan 22% massa tubuhnya. Ketika berenang, beruang kutub bisa berenang 10 km/jam.
Saat berjalan, beruang kutub cenderung memiliki gaya berjalan lamban dan mempertahankan kecepatan rata-rata sekitar 5,6 km/jam. Sedangkan saat berlari, seekor beruang bisa mencapai kecepatan hingga 40 km/jam.

12. Ketika berkari di darat, sebagian besar hewan darat yang berada di Arktik dapat berlari lebih cepat dari beruang kutub karena beruang kutub terlalu cepat merasa panas. Hal ini disebabkan oleh bulunya yang panas. Oleh sebab itu, kebanyakan hewan laut yang ditemui beruang dapat mengalahkannya dalam hal berlari.


13. Beruang kutub dapat aktif sepanjang tahun kecuali betina yang lagi hamil.
Tidak seperti beruang coklat dan beruang hitam, seekor beruang kutub mampu berpuasa hingga beberapa bulan pada akhir musim panas dan awal musim gugur, ketika mereka tidak bisa berburu anjing laut karena lautnya tidak mencair.
Biasanya selama musim panas dan awal musim gugur, beberapa populasi beruang hidup dari cadangan lemak di mereka selama berbulan-bulan. 


14. Karena memiliki sifat penasaran maka beruang kutub akan menyelidiki dan mengkonsumsi sampah-sampah yang ditinggalkan manusia.
Mereka biasanya akan mencoba untuk mengkonsumsi hampir semua material mereka temukan, termasuk zat berbahaya seperti styrofoam, plastik, air accu (air aki), etilen glikol, cairan hidrolik, dan oli motor. Untuk melindungi beruang dari sampah-sampah manusia maka tempat pembuangan di Churchill, Manitoba, ditutup pada tahun 2006.


SUMBER RUJUKAN

  • - "BASIC FACTS ABOUT POLAR BEARS" (kidskonnect.com/animals/polar-bear/) diakses pada Minggu, 08 Oktober 2017.

  • - "Polar Bear Facts" (kidskonnect.com/animals/polar-bear/) diakses pada Sabtu, 07 Oktober 2017.

  • - Wikipedia. 2017. "Polar Bear". (en.m.wikipedia.org/wiki/Polar_bear) diakses pada Senin, 09 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *