22 Fakta Keren Unsur Mangan

Mineral spektakuler yang mengandung mangan (Sumber gambar: www.acsh.org/news/2017/06/29/manganese-50-shades-purple-and-black-11491)


WANIBESAKc - Mangan adalah logam transisi yang sangat keras, rapuh, berwarna putih abu-abu menyerupai besi yang secara alami ditemukan dalam berbagai mineral dan tidak pernah berdiri sendiri. Mangan adalah salah satu unsur yang paling umum di kerak bumi dan didistribusikan secara luas ke seluruh permukaan planet.
Mangan sangat penting bagi kehidupan manusia dan hewan dalam fungsi metabolisme. Banyak paduan yang mengandung mangan digunakan dalam produksi baja, pembuatan kaca, dan bahkan membuat aluminium dalam kaleng soda agar lebih tipis dan lebih kuat.

SEJARAH
Mangan telah digunakan sejak zaman kuno, penulis sains John Emsley menulis dalam sebuah artikel di Nature Chemistry. Para seniman gua di Prancis menggunakan bijih hitam (mangan dioksida atau pyrolusite) setidaknya 30.000 tahun yang lalu. Pliny the Elder, seorang filsuf Romawi, menulis pada abad pertama Masehi bahwa mangan juga digunakan dalam pembuatan kaca untuk membuat kaca bening dan sebagai pigmen hitam di tembikar.
Pada tahun 1740, Johann Heinrich Pott, seorang ahli kimia Jerman, mengamati bahwa pyrolusite mengandung logam tanah baru, bukan besi seperti yang diyakini umum. Walaupun demikian mangan baru dapat diisolasi pada tahun 1770 oleh Ignatius Gottfried Kaim, seorang ahli kimia Austria. Logam yang terisolasi tidak murni, dan beberapa upaya untuk memurnikan mangan gagal. Pemurnian pertama yang berhasil dilakukan oleh Johan Gottlieb Gahn, seorang ahli kimia Swedia, pada tahun 1774.

FAKTA-FAKTA KEREN
1. Beberapa hal penting:
   - Nomor atom (Z): 25
   - Golongan : golongan 7 atau VIIB
   - blok : blok-d
   - Titik lebur: 1.519 K ​(1.246 °C, ​2.275 °F)
   - Titik didih : 2.334 K ​(2.061 °C, ​3.742 °F)

2. Mangan merupakan unsur kimia golongan transisi yang dalam tabel periodik unsur memiliki lambang Mn dan nomor atom 25.
3. Logam mangan keras tetapi sangat rapuh, dan mudah mengoksidasi.
4. Di udara, mangan secara perlahan mengalami oksidasi atau karat seperti besi dalam air yang mengandung oksigen terlarut.
5. Logam mangan dan ionnya yang umum bersifat paramagnetik.
6. Mangan alami terbentuk dari satu isotop stabil, Mn-56. Delapan belas radioisotop telah diisolasi dan dijelaskan, yang berkisar dari Mn-46 sampai Mn-65. Isotop yang paling stabil adalah Mn-53 dengan waktu paruh 3,7 juta tahun, Mn-54 memiliki waktu paruh 312,3 hari, dan Mn-52 dengan waktu paruh 5,591 hari. Semua isotop radioaktif yang tersisa memiliki waktu paruh kurang dari tiga jam, dan sebagian besar kurang dari satu menit.
7. Keadaan oksidasi mangan yang paling umum adalah +2, +3, +4, +6, dan +7. Mn2+ sering bersaing dengan Mg2+ dalam sistem biologis.
8. Kalium permanganat, natrium permanganat, dan barium permanganat semuanya merupakan oksidasi yang manjur. Kalium permanganat, juga disebut kristal Condy, adalah reagen laboratorium yang umum digunakan karena sifat oksidasinya; sering pula digunakan sebagai obat topikal. Misalnya digunakan dalam pengobatan penyakit ikan).
Pengenceran larutan kalium permanganat (Sumber gambar: Wikipedia)

9. Bijih mangan terpenting adalah pyrolusite (MnO2). Bijih mangan penting lainnya secara ekonomi biasanya menunjukkan hubungan spasial yang erat dengan bijih besi.
10. Aplikasi terbesar kedua untuk mangan adalah paduan aluminium. Yang pertama digunakan dalam paduan baja. Aluminium dengan konsentra mangan sekitar 1,5% telah meningkatkan ketahanan terhadap korosi melalui butiran yang menyerap kotoran sehingga terjadi korosi galvanik.
11. Paduan tembaga 75% dan nikel 25% secara tradisional digunakan untuk produksi koin nikel. Namun, karena kekurangan logam nikel selama perang, ia diganti dengan perak dan mangan yang lebih banyak, sehingga menghasilkan paduan 56% tembaga, perak 35% dan mangan 9%. Sejak tahun 2000, koin dolar, misalnya dolar Sacagawea dan koin Presiden $1, terbuat dari kuningan yang mengandung 7% mangan dengan inti tembaga murni.
12. Dalam biologi, ion mangan(II) berfungsi sebagai kofaktor untuk berbagai macam enzim dengan banyak fungsi. Enzim mangan sangat penting dalam detoksifikasi radikal bebas superoksida pada organisme yang harus berhadapan dengan unsur oksigen.
13. Mangan merupakan unsur penting bagi kesehatan manusia, penting untuk pengembangan, metabolisme, dan sistem antioksidan. Meskipun demikian, paparan atau asupan berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai manganisme, kelainan neurodegeneratif yang menyebabkan kematian dan gejala neuron dopaminergik yang serupa dengan penyakit Parkinson.
14. Tubuh manusia mengandung sekitar 12 mg mangan, kebanyakan di tulang. Sisanya terkonsentrasi di hati, ginjal dan pangkreas. Di otak manusia, mangan terikat pada metaloprotein mangan, terutama glutamin sintetase pada astrosit. Oleh sebab itu mangan membantu tubuh membentuk jaringan ikat, tulang, faktor pembekuan darah, dan hormon seks.
15. Senyawa mangan kurang beracun dibandingkan logam transisi lainnya, seperti nikel dan tembaga. Namun, paparan debu dan uap mangan sebaiknya tidak melebihi nilai plafon 5 mg/m3 bahkan dalam waktu singkat karena tingkat toksisitasnya. Keracunan mangan dikaitkan dengan gangguan keterampilan motorik dan gangguan kognitif.
Paparan mangan di Amerika Serikat diatur oleh Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA). Orang bisa terkena mangan di tempat kerja dengan menghirupnya atau menelannya. OSHA telah menetapkan batas legal (batas paparan yang diizinkan) untuk paparan mangan di tempat kerja sebesar 5 mg/m3 selama 8 jam kerja. National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) telah menetapkan batas paparan yang direkomendasikan 1 mg/m3 selama 8 jam kerja dan batas pendek 3 mg/m3. Pada kadar 500 mg/m3, mangan langsung membahayakan kehidupan dan kesehatan.
16. Tembakau mudah menyerap dan menumpuk logam berat seperti mangan dari tanah dan sekitarnya ke dedaunya. Saat tembakau digunakan pada rokok maka kita akan menghirupnya saat merokok. Walaupun mangan menjadi penyusun asap tembakau, penelitian telah menyimpulkan bahwa konsentrasi tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.
17. Menurut Laboratorium Nasional Los Alamos, kata mangan berasal dari kata Latin untuk magnet, "magnes" walaupun mangan tidak bersifat magnetis. Bila dikombinasikan dengan aluminium, antimon dan tembaga, paduan yang dihasilkan sangat feromagnetik.
18. Menurut Royal Society of Chemistry, mangan adalah logam kelima yang paling melimpah di kerak bumi.
19. Beberapa makanan yang mengandung mangan konsentrasi tinggi yaitu bayam, teh, beberapa bumbu, biji-bijian, kedelai, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, kacang hijau dan tiram.
20. Terlalu banyak mangan, bisa menjadi racun. Gejalanya bisa meliputi halusinasi, kelupaan, kerusakan saraf, kusam, lemah otot, sakit kepala dan insomnia. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit Parkinson, emboli paru, bronkitis, impotensi pada pria dan skizofrenia.
21. Terlalu sedikit mangan dapat menyebabkan obesitas, intoleransi glukosa, pembekuan darah, kondisi kulit, kadar kolesterol rendah, kelainan kerangka, gejala neurologis dan bahkan perubahan warna rambut.
22. Warna ungu batu permata amethysts disebabkan oleh hadirnya mangan.

SUMBER RUJUKAN
=!!!!=
Wikipedia. Manganese. Online. (en.m.wikipedia.org/wiki/Manganese) diakses pada 15 Januari 2018.

=!!!!=
Rachel Ross. 2017. Facts About Manganese. Online. (www.livescience.com/29247-manganese.html) diakses pada Senin, 15 Januari 2018.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *