Unsur Kripton: Fakta dari unsur yang menjadi Rumahnya Superman


 
Warna spektrum gas mulia (labroots.com/trending/chemistry-and-physics/14921/reactions-impossible-chemists-strived-noble-gas-compounds)
1. Saat terkena arus listrik di bawah tekanan rendah, gas kripton akan menyala seperti neon - tetapi warnanya bukan merah-oranye, kripton bersinar putih berasap.
2. Nama Kripton diambil dari bahasa Yunani Kuno 'Kryptos' yang artinya "yang tersembunyi".
2. Sama seperti unsur-unsur gas mulia lainnya, kripton digunakan dalam pencahayaan dan fotografi. Lampu Kripton memiliki banyak garis spektral, dan plasma kripton berguna untuk laser gas bertenaga tinggi yang terang (ion kripton dan laser excimer), yang masing-masing beresonansi dan menguatkan satu garis spektral. Kripton fluorida juga digunakan untuk membuat laser yang baik.
3. Kripton ditemukan di Inggris pada tahun 1898 oleh Sir William Ramsay, seorang ahli kimia Skotlandia, dan Morris Travers, seorang ahli kimia Inggris, pada residu dari penguapan hampir semua komponen udara cair. Neon ditemukan melalui prosedur yang serupa oleh orang yang sama beberapa minggu kemudian. William Ramsay dianugerahi Hadiah Nobel 1904 di bidang Kimia untuk penemuan serangkaian gas mulia. Jadi unsur gas mulia yang ditemukan Ramsay dan Travers yaitu kripton, helium, argon, xenon, dan neon.
4. Kripton padat berwarna putih dan memiliki struktur kristal kubik berpusat muka, yang merupakan sifat umum semua gas mulia, kecuali helium, yang memiliki struktur kristal heksagonal.
5. Kripton yang terbentuk secara alami di atmosfer bumi terdiri dari campuran enam isotop stabil:
- kripton-84 (57,0 persen)
-  kripton-86 (17,3 persen)
- kripton-82 (11,6 persen)
- kripton-83 (11,5 persen)
- kripton-80 (2,25 persen)
- kripton-78 (0,35 persen)
6. Kr-85 adalah gas mulia radioaktif dengan waktu paruh 10,76 tahun. Isotop ini diproduksi melalui fisi uranium dan plutonium, seperti dalam pengujian bom nuklir dan reaktor nuklir.
7. Sama seperti unsur-unsur gas mulia lainnya, kripton sangat tidak reaktif secara kimia. Sintesis senyawa xenon yang berhasil pertama kali pada tahun 1962, sintesis kripton difluoride (KrF2) dilaporkan pada tahun 1963.
Pada tahun yang sama, KrF4 dilaporkan oleh Grosse, dkk, namun kemudian terbukti terdapat kekeliruan identifikasi.
Dalam kondisi ekstrim, kripton bereaksi dengan fluorin untuk membentuk KrF2 sesuai dengan persamaan berikut.
Kr + F2 → KrF2
Reaksi di atas berlangung dalam electrical-discharge tube pada suhu -183 °C (-297 °F).  KrF2 adalah padatan kristal tak berwarna yang sangat mudah menguap dan perlahan terurai pada suhu kamar. Saat ini senyawaan kripton yang terikat pada atom selain fluorin telah ditemukan.
8. Dalam fisika partikel eksperimental, kripton cair digunakan untuk membuat kalorimeter elektromagnetik kuasi homogen (quasi-homogeneous electromagnetic calorimeters). Contoh yang penting adalah kalorimeter eksperimen NA48 di CERN yang mengandung sekitar 27 ton kripton cair.
9. Kripton-83 memiliki aplikasi dalam magnetic resonance imaging (MRI). Alat inilah yang memungkinkan para ahli radiologi dapat membedakan antara permukaan hidrofobik dan hidrofilik.
10. Kripton-85 di atmosfer telah digunakan untuk mendeteksi fasilitas pemrosesan ulang bahan nuklir klandestin di Korea Utara dan Pakistan. Fasilitas tersebut terdeteksi pada awal tahun 2000-an dan diyakini memproduksi plutonium kelas senjata.
11. Kripton dianggap sebagai asfiksia yang tidak beracun. Kripton memiliki potensi narkotika tujuh kali lebih besar dari pada udara. Menghirup atmosfer kripton 50% dan udara alami 50% (seperti yang mungkin terjadi di lokalitas kebocoran) dapat menyebabkan narkosis pada manusia.
12. Karena krypton sangat langka (dan mahal), penggunaannya terbatas. Gas tersebut disuntikkan ke dalam beberapa bola lampu pijar, karena mampu memperpanjang umur filamen tungsten yang membuat lampu menyala lebih lama.
13. Krypton dicampur dengan argon dalam lampu fluorescent hemat energi (konsumsi daya kurang), tapi juga mengurangi keluaran cahaya dan menaikkan biaya. Krypton (bersama dengan xenon) juga digunakan untuk mengisi lampu pijar untuk mengurangi penguapan filamen dan memungkinkan suhu operasi yang lebih tinggi. Cahaya yang dihasilkan lebih terang dengan warna biru terang yang lebih kuat daripada lampu pijar konvensional.
14. Karena titik didihnya (-152,3 °C, atau -242,1 °F) kira-kira 30-40 °C (50-70 °F) lebih tinggi daripada konstituen utama udara, kripton mudah dipisahkan dari udara cair dengan distilasi fraksional; itu terakumulasi bersama dengan xenon di bagian yang paling tidak stabil. Kedua gas ini dimurnikan lebih lanjut dengan adsorpsi ke silika gel, redestilasi, dan mengalirkan lewat atas logam titanium panas, yang menghilangkan semua kotoran kecuali gas mulia lainnya.

SUMBER RUJUKAN
-- Wikipedia. Krypton. Online. (en.m.wikipedia.org/wiki/Krypton) diakses pada Senin, 15 Januari 2018.
-- Stephanie Pappas. 2014. Facts About Krypton. Online.  (www.livescience.com/32076-krypton.html) diakses Kamis, 1 Maret 2018.
-- GARY J. SCHROBILGEN. 2018. Krypton CHEMICAL ELEMENT. Online. (www.britannica.com/science/krypton-chemical-element) diakses Kamis, 1 Maret 2018.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *