Kegunaan Emas: Gelas Cranberry atau Gold Ruby dan Lapisan Emas pada Badan Pesawat Pesawat Luar Angkasa

WARNING!

Artikel-artikel yang berkaitan dengan emas (gold):

1. Emas: 28 Fakta Menyilaukan Mata Tentang Emas

2. Perbedaan Emas Putih (Emas) dengan Emas Putih (Platina)

3. Pemakaian Senyawa Emas: Obat Radang Sendi dan Covid-19

4. Senyawa-Senyawa Dari Unsur Emas

5. Sifat Fisika dan Sifat Kimia (Reaksi Kimia) Unsur Emas

6. Bakteri Cupriavidus metalliduran : Bakteri yang dapat Mengubah Racun Menjadi Emas Murni 24K

7. Kegunaan Emas: Gelas Cranberry atau Gold Ruby dan Lapisan Emas pada Badan Pesawat Pesawat Luar Angkasa

8. Emas: Penggunaan Emas di Bidang Industri, Kedokteran, Komputer, Perhiasan, dan Lain-Lain

9. Cara-Cara Menambang Emas

10. Emas: Inilah Jenis-Jenis Emas dalam Kehidupan

11. Emas: Sifat, Karat, dan Uji Kemurnian Emas

 

 

Mohon maaf, karena saya tidak mengaktifkan link pada judul artikelnya. Jika teman-teman tertarik ingin membacanya, silahkan copy judul artikel, lalu masukan pada kotak "PENCARIAN" yang ada di blog ini.


Gelas Cranberry atau Gold Ruby (Sumber gambar: www.antiques-atlas.com/antique/antique_cranberry_glass_tazza/as645a209)

Emas merupakan logam transisi yang sangat tidak reaktif yang dikenal dari zaman prasejarah sampai sekarang dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari sifatnya yang tahan korosi atau tidak mudah dioksidasi oleh oksigen maupun senyawa-senyawa yang lain di udara pada suhu kamar. Selain itu emas memiliki warna yang sangat menarik, sehingga sebagian besar cadangan emas diaplikasikan sebagai perhiasan.
Namun selain digunakan sebagai perhiasan emas dapat pula diaplikasikan pada peralatan seperti TV atau komputer. Hal ini disebabkan emas memiliki sifat daya hantar listrik yang lebih tinggi dibandingkan dengan logam-logam yang lainnya, kecuali perak.
Emas sangat konduktif terhadap listrik, dan telah digunakan untuk pemasangan kabel listrik pada beberapa aplikasi berenergi tinggi. Kabel listrik emas digunakan selama beberapa eksperimen atom Proyek Manhattan. Diperkirakan 16% emas dunia dan 22% perak dunia terkandung dalam teknologi elektronik di Jepang.
Emas menghasilkan warna merah yang dalam dan intens saat digunakan sebagai pewarna pada gelas cranberry. Kaca cranberry atau kaca 'Ruby Emas (Gold Ruby)' adalah kaca merah yang dibuat dengan menambahkan garam emas atau emas koloid ke gelas cair. Timah, dalam bentuk stannous chloride, kadang ditambahkan dalam jumlah kecil sebagai zat pereduksi. Kaca ini terutama digunakan dalam hiasan mahal.
Asal-usul pembuatan gelas cranberry tidak diketahui, namun banyak sejarawan percaya bahwa bentuk gelas ini pertama kali dibuat di akgir kekaisaran Romawi.
Sebuah legenda menyatakan bahwa gelas cranberry pertama kali ditemukan saat seorang bangsawan melempar koin emas ke dalam campuran kaca cair. Legenda ini hampir pasti tidak benar, karena emas harus dilarutkan dalam aqua regia terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke gelas cair.
Emas adalah reflektor radiasi elektromagnetik yang baik seperti radiasi inframerah, cahaya tampak, serta gelombang radio. Ini digunakan untuk lapisan pelindung pada banyak satelit buatan, pesawat luar angkasa, dalam faceplates protektif inframerah dalam setelan pelindung termal dan helm astronot, dan pada pesawat perang elektronik seperti Prowler EA-6B.
Lapisan emas pada lapisan luar pesawat luar angkasa berfungsi sebagai pemantul sinar putih dan panas yang berasal dari cahaya matahari, dalam bentuk radiasi inframerah. Sebab jika ada udara yang terdapat dalam pesawat maka sinar putih dan panas dari matahari akan diserap, yang bisa menyebabkan suhu di dalam kapal menjadi sangat panas. Tetapi dengan adanya emas pada lapisan luar, maka hal ini dapat dihindari.

Pesawat luar angkasa, Apollo 11, yang menggunakan lapisan tipis emas pada bagian luar seperti yang tertera pada Gambar di bawah ini.

Gambar Pesawat Apollo 11 yang dilapisi emas (Sumber gambar https://airandspace.si.edu/explore-and-learn/topics/apollo/apollo-program/landing-missions/apollo11.cfm)


Memahami bagaimana termos bekerja tidak saja membantu kita menjaga makanan atau minuman tetap dingin, tetapi juga membantu kita memahami beberapa masalah yang dihadapi oleh para astronot di ruang angkasa. Pesawat ruang angkasa bisa dikatakan terbang dalam termos raksasa -- ruang angkasa yang hampa.
Panas menumpuk di dalam pesawat ruang angkasa dari peralatan elektroniknya, sel bahan bakarnya, mesin roketnya, radiasi surya yang datang, panas tubuh manusia, dan lain sebagainya. Semua panas ini perlu dikeluarkan agar pesawatnya tidak kelebihan panas.
Bagaimana pwsawat ruang angkasa melepaskan kelebihan panasnya??
Para astronot tidak bisa membuka jendela seperti yang kita lakukan di rumah saat hari panas. Oleh sebab itu pesawat ruang angkasa dirancang agat panas dapatnlepas dengan cara yang berbeda.
Selain menggunakan emas pada lapisan luar, bagian dalam pintu-pintu ruang kargo pesawat dilapisi dengan radiator besar. Saat pesawatnya mengorbit, salah satu yang dilakukan oleh awak pesawat adalah membuka pintu-pintu ini agar panas dapat memancar keluar.
Kelebihan panas dari pesawat ruang angkasa digunakan untuk membuat air panas, yang kemudian dilewatkan ke radiator. Panas yang dilepaskan dari radiator dengan cara radiasi. Permukaan yang sangat luas diperlukan untuk melepaskan panas dalam jumlah besar. Karena radiator-radiatornya berhubungan dengan ruang angkasa yang hampa dan dingin, panas dalam air panas akan bergerak keluar dari pesawat ke ruang angkasa.
Sifat emas yang dapat memantulkan cahaya maka emas sering digunakan pada jendela-jendela rumah, agar suhu di dalam kamar tetap sejuk tanpa harus menggunakan AC ataupun kipas angin.
Di Indonesia, rumah manakah yang jendelanya menggunakan emas?
Emas bisa dibuat sangat tipis sehingga tampak semi transparan. Emas ini kemudian digunakan di beberapa jendela kokpit pesawat terbang untuk menghilangkan lapisan es pada pesawat dengan cara melewatkan arus listrik melewatinya. Panas yang dihasilkan oleh resistansi emas sudah cukup untuk mencegah terbentuknya es. Hal yang sama juga berlaku pada emas yang dipasang di jendela rumah.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *