34 Fakta Menarik Tentang Virus HIV dan Penyakit AIDS


Gambar virus AIDS (Sumber gambar www.healthtech.ph/2017/01/doh-releases-new-list-of-hiv-treatment.html)

1. HIV adalah kependekan dari human immunodeficiency virus, yang merupakan virus penyebab penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).
2. AIDS adalah penyakit yang paling banyak diteliti dalam sejarah.
3. Hari AIDS Sedunia dilakukan pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Hari AIDS Sedunia yang pertama dilakujan pada tanggal 1 Desember 1988. Simbol internasional kesadaran AIDS, pita merah, diadopsi pada tahun 1991.
4. Film Hollywood pertama yang fokus pada AIDS adalah film 1993 Philadelphia. Tom Hanks menerima piala Oscar sebagai Aktor Terbaik untuk penampilannya.
5. HIV terutama menyebar melalui:
1) hubungan seks tanpa kondom (vaginal, anal, oral) dengan orang yang memiliki HIV.
2) Menggunakan jarum suntik secara bersama.
3) dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HIV, dan
4) transfusi darah.
 6. Wanita, anak-anak, dan bayi diperkosa di Afrika berdasarkan mitos bahwa berhubungan seks dengan seorang wanita perawan dapat menyembuhkan HIV.
7. Seseorang tidak dapat terkena HIV dari memeluk atau menyentuh seseorang yang terkena HIV/AIDS; menggunakan kamar mandi umum atau kolam renang, berbagi cangkir, peralatan, atau telepon dengan seseorang yang memiliki HIV/AIDS; atau pun dengan gigitan serangga.
8. Sunat laki-laki membantu mengurangi risiko seseorang akan mendapat HIV dari pasangan wanita yang terinfeksi. Ini juga menurunkan risiko PMS lain, seperti kanker penis, dan infeksi saluran kemih bayi.




9. HIV ditemukan pada air liur, namun berbagi cangkir atau peralatan makan tidak pernah terbukti menyebarkan HIV/AIDS.
10. Terapi antiretroviral (ART) membantu orang yang positif-HIV menjalani kehidupan yang lebih lama dan lebih sehat. Ini juga secara dramatis menurunkan risiko penularan HIV dari orang yang terinfeksi ke pasangan seksualnya.
11. Mereka yang terkena dampak HIV lebih cenderung menua sebelum waktunya. Teori yang berlaku adalah bahwa penuaan dini terutama disebabkan oleh peradangan kronis yang disebabkan oleh HIV bahkan selama pengobatan antiretroviral.
12. Mereka yang melakukan tato, tindik, atau skarifikasi secara hipotetis berisiko terkena HIV/AIDS, namun hingga saat ini belum ada kasus yang dikonfirmasi dan tercatat.
13. Dua strain HIV telah diidentifikasi: HIV-1 (dari Central Common Chimpanzee) dan HIV-2 (dari monyet Sooty Mangabey). HIV-1 lebih ganas, lebih mudah ditularkan, dan merupakan penyebab sebagian besar infeksi HIV global. HIV-2 lebih sulit ditularkan dan terutama terbatas pada Afrika Barat.

14. HIV merusak tubuh seseorang dengan menghancurkan sel darah tertentu, yang disebut sel CD4 + T, yang sangat penting dalam membantu tubuh melawan penyakit ini.
()

15. Kira-kira sebulan setelah tertular HIV, beberapa orang akan mengalami gejala mirip flu. Gejala ini sering hilang dalam waktu seminggu atau sebulan. Setelah gejala awal ini, seseorang dapat terkena HIV selama bertahun-tahun sebelum merasa sakit. Diperlukan 10 tahun atau lebih bagi HIV untuk berubah menjadi AIDS.
16. HIV dapat bertahan dalam darah kering pada suhu kamar hingga enam hari atau satu minggu jika basah, seperti jarum suntik bekas.
17. HIV sensitif terhadap suhu tinggi. Percobaan telah menunjukkan bahwa HIV dapat terbunuh pada suhu di atas 60 °C.
18. HIV tidak bertahan lama seperti virus lain ketika berada di air laut.
19. Tingkat HIV pada sekresi mukosa dubur pria gay lebih tinggi daripada darah atau air mani. Pria yang melakukan hubungan seks tanpa kondom berisiko terinfeksi HIV tinggi.
20. Kasus infeksi HIV yang paling awal diketahui pada manusia terdeteksi pada sampel darah yang dikumpulkan pada tahun 1959 dari seorang pria di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo. HIV diyakini muncul dari Afrika dan menyebar ke seluruh dunia dalam waktu kurang dari 10 tahun.
21. Periset percaya bahwa HIV berasal dari Republik Demokratik Kongo sekitar tahun 1920, ketika HIV melintasi spesies dari simpanse ke manusia.
22. Teori yang paling sederhana dan masuk akal mengenai bagaimana HIV ditularkan dari monyet ke manusia disebut "Teori Hunter," atau "Teori Daging Bush." ​​Dalam skenario ini, virus tersebut ditransmisikan pada tahun 1930-an dari kera atau monyet ke manusia di Afrika saat pemburu, atau digigit atau saat membantai seekor binatang. HIV kemudian ditularkan di antara manusia selama beberapa dekade di Afrika, sebagian besar melalui hubungan seks heteroseksual tanpa kondom.
23. Selama bertahun-tahun, China menyebut AIDS sebagai "penyakit kapitalisme yang penuh kasih" dan mengklaim bahwa itu adalah penyakit yang disebabkan oleh kontak dengan Barat. Pada tahun 2009, China melaporkan bahwa AIDS telah menjadi penyebab utama kematian di antara penyakit menular.
24. Sebuah komunitas kecil yang dikenal dengan AIDS Denialism mengklaim bahwa HIV / AIDS adalah sebuah konspirasi. Sementara kebanyakan ilmuwan menolak argumen mereka, pemerintah Afrika Selatan secara resmi mengadopsi pendirian tersebut dari tahun 1999-2005. Penolakan mereka terhadap HIV/AIDS menyebabkan ratusan ribu kematian dan infeksi yang sebenarnya dapat dihindari.
25. Operasi INFEKTION mengklaim bahwa Amerika Serikat yang sengaja menciptakan HIV/AIDS.
26. Perusahaan farmasi telah lama dituduh menguangkan pemberantasan AIDS. Pada tahun 2007, misalnya, Cipla diselidiki karena adanya selisih harga hingga 150% dalam perawatan antiretroviral yang ditawarkan kepada pasien Afrika dan India.
27. Hanya ada satu kasus infeksi HIV yang bisa ditularkan melalui ciuman bibir, yakni antara orang yang terinfeksi HIV dan menderita penyakit gusi parah dan pasangannya juga menderita penyakit gusi parah.
28. Seorang anak berusia tiga tahun digigit ayahnya yang positif HIV sehingga menyebabkan luka dan berdarah. Setelah itu, dia dinyatakan positif HIV. Karena tidak ada riwayat pelecehan seksual atau transfusi darah, dokter percaya bahwa infeksi tersebut disebabkan oleh gigitan ayahnya.
29. Setidaknya tiga orang penderita HIV meninggal di London setelah mereka berhenti minum obat atas saran pendeta Kristen Evangelis. Pendeta tersebut mengklaim bahwa berdoa, bukan obat-obatan, yang akan menyembuhkan mereka dari AIDS.
30. Selebriti besar pertama yang go public dengan diagnosis AIDS adalah Rock Hudson pada tanggal 25 Juli 1985. Dia meninggal pada tanggal 2 Oktober 1985, pada usia 59 di Beverly Hills, California.
31. Pada bulan April 1989, seorang pria Belanda yang menderita HIV dipenjara di Minnesota di bawah undang-undang baru yang melarang penderita HIV masuk ke AS.
32. Kasus AIDS heteroseksual yang pertama adalah Arthur Ashe, seorang petenis Amerika. Dia terjangkit virus tersebut dari transfusi darah saat melakujan operasi jantung pada tahun 1980-an. Dia meninggal karena AIDS pada usia 49 pada tanggal 6 Februari 1993.
33. Pada tahun 1996, setelah didiagnosis positif HIV, Johnson Aziga, seorang imigran kelahiran Uganda yang tinggal di Kanada, melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan 11 wanita tanpa memberi tahu mereka tentang diagnosisnya. Tujuh wanita kemudian dinyatakan positif HIV dan dua lainnya meninggal akibat AIDS. Dia terkenal karena menjadi orang pertama yang dituntut dan dihukum karena melakukan pembunuhan tingkat pertama di Kanada dengan cara menularkan HIV.
34. Pada tahun 2001, Scotsman Stephen Kelly menjadi orang pertama di Inggris yang diadili di sana karena penularan HIV. Dia didakwa melakukan "tindakan jahat dan ceroboh" karena melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangannya bahkan setelah dia tahu bahwa dirinya telah terinfeksi HIV.

REFERENSI
Karin Lehnardt. December 2, 2016. 71 Important Facts about HIV/AIDS. Online. (www.factretriever.com/hivaids-facts) diakses Minggu, 07 Januari 2018.




Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *