Emas: Penggunaan Emas di Bidang Industri, Kedokteran, Komputer, Perhiasan, dan Lain-Lain

WARNING!

Artikel-artikel yang berkaitan dengan emas (gold):

1. Emas: 28 Fakta Menyilaukan Mata Tentang Emas

2. Perbedaan Emas Putih (Emas) dengan Emas Putih (Platina)

3. Pemakaian Senyawa Emas: Obat Radang Sendi dan Covid-19

4. Senyawa-Senyawa Dari Unsur Emas

5. Sifat Fisika dan Sifat Kimia (Reaksi Kimia) Unsur Emas

6. Bakteri Cupriavidus metalliduran : Bakteri yang dapat Mengubah Racun Menjadi Emas Murni 24K

7. Kegunaan Emas: Gelas Cranberry atau Gold Ruby dan Lapisan Emas pada Badan Pesawat Pesawat Luar Angkasa

8. Emas: Penggunaan Emas di Bidang Industri, Kedokteran, Komputer, Perhiasan, dan Lain-Lain

9. Cara-Cara Menambang Emas

10. Emas: Inilah Jenis-Jenis Emas dalam Kehidupan

11. Emas: Sifat, Karat, dan Uji Kemurnian Emas

 

 

Mohon maaf, karena saya tidak mengaktifkan link pada judul artikelnya. Jika teman-teman tertarik ingin membacanya, silahkan copy judul artikel, lalu masukan pada kotak "PENCARIAN" yang ada di blog ini.



Dari semua mineral yang ditambang dari Bumi, tidak ada yang lebih berguna dari pada emas. 
Banyaknya kegunaan dari emas tidak terlepas dari sifat emas yang mengagumkan. Beberapa sifat unik dari emas yaitu sebagai berikut:
- Emas dapat menghantarkan arus listrik
- tidak mudah dioksidasi
- sangat mudah bentuk
- bisa ditarik menjadi kawat
- bisa dipalu menjadi lembaran tipis
- bisa dipadukan dengan banyak logam lainnya
- bisa dicairkan dan dituang ke dalam bentuk yang sangat detail
- memiliki warna yang indah dan cemerlang. 
Oleh sebab itu, tidak berlebihan jika logam yang mengesankan ini menempati tempat tertinggi dalam hati dan pikiran manusia.
Ketika penjelajah Spanyol pertama kali tiba di "Dunia Baru" mereka bertemu dengan penduduk asli Amerika Selatan. Kedua budaya ini dipisahkan oleh samudera luas, mereka tidak pernah saling menyentuh, mereka berbicara dalam bahasa yang berbeda dan menjalani kehidupan yang sama sekali berbeda. Namun mereka memiliki satu kesamaan - mereka berdua memegang emas dengan harga tertinggi dan menggunakannya untuk membuat beberapa benda terpenting mereka.
Sepanjang sejarah planet kita, hampir setiap budaya mapan telah menggunakan emas untuk melambangkan kekuatan, keindahan, kemurnian, dan prestasi. 
Hari ini kita terus menggunakan emas untuk benda-benda terpenting kita, misalnya cincin kawin, medali Olimpiade, Oscar, Grammy, uang, salib dan seni gerejawi. Tidak ada unsur lain yang memiliki kelangkaan yang sama namun memiliki tempat yang lebih menonjol di masyarakat kita.

Perhiasan: Penggunaan Primer Emas
Emas telah digunakan untuk membuat benda-benda hias dan perhiasan selama ribuan tahun. Gumpalan-gumpala kecil emas yang ditemukan di sungai sangat mudah untuk diperoleh dan mungkin salah satu logam pertama yang digunakan oleh manusia. 
Saat ini sebagian besar emas yang ditambang atau didaur ulang digunakan dalam pembuatan perhiasan. Kira-kira 78% dari emas yang dikonsumsi setiap tahunnya digunakan dalam pembuatan perhiasan.
Selain sifat-sifatnya yang sangat menarik, faktor lain yang sangat penting yang menuntut penggunaan emas sebagai perhiasan adalah tradisi. Sejak zaman dulu emas telah digunakan dalam berbagai budaya dan hal ini diteruskan sampai hari ini.
Emas murni terlalu lembut untuk bertahan menghadapi tekanan yang diberikan pada banyak barang perhiasan. Namun pengrajin telah mengetahui bahwa paduan emas dengan logam lain seperti tembaga, perak, dan platina akan meningkatkan daya tahannya. Sejak itu kebanyakan emas yang digunakan untuk membuat perhiasan adalah paduan emas dengan satu atau lebih logam lainnya.
Paduan emas memiliki nilai per satuan berat lebih rendah dari pada emas murni. Standar perdagangan yang dikenal sebagai "karat atau karatage" dikembangkan untuk menentukan kandungan emas dari paduan ini. 
Emas murni dikenal dengan emas 24 karat dan hampir selalu ditandai dengan "24K". Paduan yang 50% emas beratnya dikenal dengan emas 12 karat dan ditandai dengan "12K". Paduan yang mengandung emas 75% menurut beratnya adalah 18 karat dan diberi tanda "18K".
Secara umum, perhiasan dengan karat tinggi lebih lembut dan lebih tahan terhadap noda, sedangkan perhiasan yang karatnya rendah akan lebih kuat namun kurang tahan terhadap noda - terutama saat bersentuhan dengan keringat.
Paduan emas dengan logam lain akan mengubah warna produk yang dihasilkan. Warna emas diperoleh tergantung pada persentase unsur-unsur yang dipadukan. Emas yang telah dipadukan dengan unsur lain, bisa memiliki warna kuning, putih, merah muda, hijau, dan bahkan berwarna hitam. 
Contohnya:
- Paduan emas 75%, perak 16% dan tembaga 9% menghasilkan emas kuning
- Paduan emas 75%, perak 4%, tembaga 4% dan paladium 17% menghasilkan emas putih

Uang Emas: Koin, Bullion, Backing
Koin emas Eucratides I (171–145 SM), salah satu penguasa Helenistik kuno Ai-Khanoum. Ini adalah koin emas terbesar yang diketahui dicetak pada zaman kuno (wikipedia).
Karena emas sangat dihargai dan dengan persediaan yang sangat terbatas, maka emas telah lama digunakan sebagai alat tukar atau uang. Penggunaan emas yang diketahui pertama kali dalam transaksi dimulai lebih dari 6000 tahun. Transaksi awal dilakukan dengan menggunakan potongan emas atau potongan perak.
Kelangkaan, kegunaan, dan keinginan untuk memiliki, menjadikan emas sebagai bahan bernilai jangka panjang. Emas bekerja dengan baik untuk tujuan ini karena memiliki nilai tinggi, tahan lama, mudah dibawa, dan mudah habis.
Amerika Serikat pernah menggunakan "standar emas" dan mempertahankan persediaan emas untuk mengembalikan setiap dolar yang beredar. Standar emas pernah digunakan oleh banyak bangsa, namun akhirnya menjadi terlalu rumit dan saat ini tidak lagi digunakan oleh negara manapun.
Emas yang digunakan sebagai dukungan keuangan untuk mata uang paling sering diadakan dalam bentuk 
'emas batangan (bullion)'. Penggunaan batangan emas membuat biaya produksi seminimal mungkin dan memungkinkan penanganan dan penyimpanan yang nyaman. Saat ini banyak pemerintah, individu, dan institusi memiliki investasi emas dalam bentuk bullion karena lebih mudah digunakan.
Koin emas pertama dicetak di bawah perintah Raja Croesus dari Lydia (wilayah Turki sekarang) sekitar tahun 560 SM. Koin emas biasanya digunakan dalam transaksi sampai awal 1900-an, ketika mata uang kertas menjadi bentuk pertukaran yang lebih umum.
Koin emas dikeluarkan dalam dua jenis unit. Beberapa di denominasi dalam satuan mata uang, seperti dolar, sementara yang lain dikeluarkan dengan bobot standar, seperti ons atau gram.
Saat ini koin emas tidak lagi digunakan secara luas untuk transaksi finansial. Namun, koin emas yang dikeluarkan dengan bobot khusus adalah cara populer bagi orang untuk membeli dan memiliki sejumlah kecil emas untuk investasi. Koin emas juga dikeluarkan sebagai barang "peringatan". Banyak orang menikmati koin peringatan ini karena mereka memiliki nilai tinggi sebagai logam mulia.

Penggunaan Emas dalam Elektronika
Penggunaan industri emas yang paling penting adalah pembuatan barang elektronik. Perangkat elektronik solid state menggunakan voltase dan arus yang sangat rendah yang mudah terganggu oleh korosi atau noda pada titik kontak. Emas adalah konduktor yang sangat efisien yang bisa membawa arus mungil ini dan tetap bebas dari korosi. Komponen elektronik yang dibuat dengan emas sangat andal. 
Emas biasanya digunakan pada konektor, kontak saklar dan relay, sambungan solder, kabel penghubung, dan jalur sambungan.
Sejumlah kecil emas digunakan di hampir semua perangkat elektronik canggih. Ini termasuk ponsel, kalkulator, asisten digital pribadi, unit penentuan posisi global (GPS), dan perangkat elektronik kecil lainnya. Sebagian besar peralatan elektronik besar seperti televisi juga mengandung emas.
Salah satu tantangan dengan penggunaan emas dalam jumlah sangat kecil di perangkat yang sangat kecil adalah hilangnya logam dari masyarakat. Hampir satu miliar telepon genggam diproduksi setiap tahun, dan kebanyakan berisi sekitar lima puluh sen emas. Umur rata-rata mereka di bawah dua tahun, dan sangat sedikit yang didaur ulang, bahkan mereka dikelompokan ke dalam jumlah emas yang tidak dapat didaur ulang.
Cermin untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb dilapisi emas untuk memantulkan cahaya inframerah (wikipedia)

Penggunaan Emas di Komputer
Emas digunakan pula di banyak tempat di komputer desktop atau laptop standar. Transmisi informasi digital yang cepat dan akurat melalui komputer dan dari satu komponen ke komponen lainnya memerlukan konduktor yang efisien dan andal. Emas memenuhi persyaratan ini dan lebih baik daripada logam lainnya. Pentingnya kualitas tinggi dan kinerja yang handal memerlukan biaya tinggi.
Konektor tepi yang digunakan untuk memasang mikroprosesor dan chip memori ke motherboard dan konektor plug and socket yang digunakan untuk memasang kabel semuanya berisi emas. Emas di komponen ini umumnya dilapisi dengan logam lain dan dicampur dengan sejumlah kecil nikel atau kobalt untuk meningkatkan daya tahan.

Penggunaan Emas dalam Kedokteran Gigi
Bagaimana besi digunakan sebagai pengisian gigi? Tidak terlalu baik. Hal ini disebabkan, senyuman Anda akan segera berkarat dalam beberapa hari setelah mengisi, dan Anda perlu membiasakan diri dengan rasa besi. Emas digunakan dalam kedokteran gigi karena secara kimiawi inert, nonallergenic, dan mudah dibentuk. Bahkan dengan biaya yang jauh lebih tinggi, emas digunakan dalam kedokteran gigi karena penampilannya yang superior dan memiliki daya tarik estetika.
Emas diketahui telah digunakan dalam kedokteran gigi pada awal 700 SM.
Emas mungkin digunakan untuk mengisi gigi berlubang di zaman kuno; Namun, tidak ada dokumentasi atau bukti arkeologi untuk penggunaan emas ini sampai sedikit di atas 1000 tahun yang lalu. Kenaikan tajam harga emas pada saat itu memotivasi ilmuwan untuk mengembangkan bahan pengganti.
Walaupun demikian, dalam beberapa periode terakhir jumlah emas yang digunakan dalam kedokteran gigi mulai meningkat lagi. Beberapa motivasi untuk ini berasal dari kekhawatiran bahwa jika hanya sedikit logam inert yang digunakan mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan jangka panjang.

Emas di Dunia Medis
Emas digunakan sebagai obat untuk mengobati sejumlah kecil kondisi medis. Suntikan larutan lemah natrium aurothiomalate atau aurothioglucose kadang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis.
Sejumlah kecil emas digunakan untuk memperbaiki kondisi yang dikenal sebagai lagophthalmos. Lagophthalmos merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menutup mata sepenuhnya. Kondisi ini diperlakukan dengan cars menanam sejumlah kecil emas di kelopak mata bagian atas. "Berat" emas yang ditanamkan di kelopak mata, dan pengaruh gaya gravitasi membantu kelopak mata menutup sepenuhnya.
Partikel dari isotop emas yang radioaktif sering ditanamkan ke dalam jaringan untuk dijadikan sumber radiasi dalam pengobatan kanker tertentu.
Emas radioaktif digunakan juga dalam melakukan diagnosis. Hal ini dilakukab dengan cara menyuntikkan dalam larutan koloid yang bisa dilacak sebagai emitor beta saat melewati tubuh. 
Banyak instrumen bedah, peralatan elektronik, dan perangkat pendukung kehidupan dibuat dengan menggunakan sejumlah kecil emas. Emas tidak aktif dalam instrumen dan sangat dapat diandalkan di peralatan elektronik dan perangkat pendukung kehidupan.

Penggunaan Emas di Aerospace
Jika Anda akan menghabiskan miliaran dolar untuk kendaraan yang saat diluncurkan akan melakukan perjalanan dengan pelayaran dimana kemungkinan pelumasan, perawatan dan perbaikan benar-benar nol, maka membangunnya dengan bahan yang sangat dapat diandalkan sangat penting. Inilah mengapa emas digunakan dalam ratusan cara di setiap kendaraan luar angkasa yang diluncurkan NASA.
Emas digunakan di sirkuit karena konduktor dan konektor yang bisa diandalkan. Selain itu, banyak bagian dari setiap kendaraan luar angkasa dilengkapi dengan film poliester berlapis emas. Film ini memantulkan radiasi infra merah dan membantu menstabilkan suhu pesawat ruang angkasa. Tanpa lapisan ini, bagian berwarna gelap dari pesawat ruang angkasa akan menyerap sejumlah besar panas.
Emas juga digunakan sebagai pelumas antar bagian mekanik. Dalam ruang hampa udara, pelumas organik akan menguap dan mereka akan dipecah oleh radiasi intens di luar atmosfer bumi. Emas memiliki kekuatan geser yang sangat rendah, dan lapisan tipis emas di antara bagian-bagian yang bergerak penting berfungsi sebagai pelumas - molekul emas tergelincir satu sama lain di bawah kekuatan gesekan dan itu memberikan tindakan pelumas.

Penggunaan Simbol Penghargaan & Status Emas
Apa logam yang digunakan untuk membuat mahkota yang dikenakan oleh seorang raja? Emas! Logam ini dipilih untuk digunakan karena emas adalah logam dengan harga tertinggi. Tidak masuk akal membuat mahkota raja keluar dari baja - meski baja adalah logam terkuat. Emas dipilih untuk digunakan di mahkota raja karena itu adalah logam yang terkait dengan penghargaan dan status tertinggi.
Emas dikaitkan dengan banyak kualitas positif. Kemurnian adalah kualitas lain yang terkait dengan emas. Untuk alasan ini, emas adalah logam pilihan untuk bendabenda religius. Persilangan, barang persekutuan, dan simbol keagamaan lainnya dibuat dengan emas untuk alasan ini.
Emas juga digunakan sebagai medali atau trofi juara pertama di hampir semua jenis kontes. Pemenang pertama di Olimpiade diberi medali emas. Oscar Academy Awards adalah penghargaan emas. Penghargaan Grammy Musik terbuat dari emas. Semua prestasi penting ini dihormati dengan penghargaan yang terbuat dari emas.

Penggunaan Emas dalam Pembuatan Kaca
Emas memiliki banyak kegunaan dalam produksi kaca. Penggunaan paling dasar dalam pembuatan gelas adalah pigmen. Sejumlah kecil emas, jika tersuspensi di kaca saat di anil, akan menghasilkan warna ruby yang kaya. Emas juga digunakan saat membuat kaca khusus untuk bangunan dan kasus yang dikendalikan iklim. Sejumlah kecil emas yang tersebar di dalam kaca atau dilapisi ke permukaan kaca akan memantulkan radiasi matahari ke luar, membantu bangunan tetap dingin di musim panas, dan memantulkan panas dalam ke dalam, membantu mereka tetap hangat di musim dingin.
Pembatas helm setelan ruang astronot dilapisi dengan lapisan emas yang sangat tipis. Film tipis ini mencerminkan banyak radiasi matahari yang sangat intens, sehingga bisa melindungi mata dan kulit astronot.

Gold Gilding dan Gold Leaf
Emas memiliki kelenturan logam yang paling tinggi. Hal ini memungkinkan emas dipukuli menjadi lembaran yang hanya beberapa sepersejuta inci tebal. Lembaran tipis ini, yang dikenal sebagai "daun emas" dapat diaplikasikan di atas permukaan bingkai foto, cetakan, atau perabotan yang lainnya.

Penggunaan Emas Masa Depan
Emas terlalu mahal untuk digunakan secara kebetulan. Sebaliknya itu digunakan dengan sengaja dan hanya bila pengganti yang lebih murah tidak dapat diidentifikasi. Akibatnya, sekali penggunaan ditemukan untuk emas, ini jarang ditinggalkan untuk logam lain. Ini berarti jumlah penggunaan emas telah meningkat dari waktu ke waktu.
Sebagian besar cara emas digunakan saat ini telah dikembangkan hanya selama dua atau tiga dekade terakhir. Tren ini kemungkinan akan berlanjut. Seiring masyarakat kita membutuhkan bahan yang lebih canggih dan andal, kegunaan kita akan emas akan meningkat. Kombinasi permintaan yang meningkat ini, beberapa substitusi, dan persediaan terbatas akan menyebabkan nilai dan pentingnya emas meningkat dengan mantap seiring berjalannya waktu. Ini benar-benar logam masa depan.

Pengganti Emas
Karena kelangkaan dan harga tinggi, produsen selalu mencari cara untuk mengurangi jumlah emas yang dibutuhkan untuk membuat objek atau mengganti logam yang lebih murah di tempatnya. Logam dasar yang dilapisi dengan paduan emas telah lama digunakan sebagai cara untuk mengurangi jumlah emas yang digunakan pada perhiasan dan sambungan listrik.
Barang-barang ini terus-menerus dirancang ulang untuk mengurangi jumlah emas yang dibutuhkan dan untuk mempertahankan standar utilitas mereka. Palladium, platinum, dan perak adalah pengganti emas yang paling umum yang secara ketat mempertahankan sifat yang diinginkannya.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *