Emas: 28 Fakta Menyilaukan Mata Tentang Emas

WARNING!

Artikel-artikel yang berkaitan dengan emas (gold):

1. Emas: 28 Fakta Menyilaukan Mata Tentang Emas

2. Perbedaan Emas Putih (Emas) dengan Emas Putih (Platina)

3. Pemakaian Senyawa Emas: Obat Radang Sendi dan Covid-19

4. Senyawa-Senyawa Dari Unsur Emas

5. Sifat Fisika dan Sifat Kimia (Reaksi Kimia) Unsur Emas

6. Bakteri Cupriavidus metalliduran : Bakteri yang dapat Mengubah Racun Menjadi Emas Murni 24K

7. Kegunaan Emas: Gelas Cranberry atau Gold Ruby dan Lapisan Emas pada Badan Pesawat Pesawat Luar Angkasa

8. Emas: Penggunaan Emas di Bidang Industri, Kedokteran, Komputer, Perhiasan, dan Lain-Lain

9. Cara-Cara Menambang Emas

10. Emas: Inilah Jenis-Jenis Emas dalam Kehidupan

11. Emas: Sifat, Karat, dan Uji Kemurnian Emas

 

 

Mohon maaf, karena saya tidak mengaktifkan link pada judul artikelnya. Jika teman-teman tertarik ingin membacanya, silahkan copy judul artikel, lalu masukan pada kotak "PENCARIAN" yang ada di blog ini.





1. Lambang atau simbol dari unsur emas adalah Au. Simbol itu berasal dari nama Latin kuno untuk emas, Aurum, yang berarti "fajar menyinari" atau "cahaya matahari terbit".
2. Dalam banyak budaya dan beberapa teks alkimia, perak dilambangkan dengan bulan sabit sementara emas dilambangkan dengan Matahari.
3. Emas adalah satu-satunya logam yang berwarna kuning cerah atau "emas". Logam lain dapat memiliki warna kekuningan, namun hanya setelah dioksidasi atau direaksikan dengan bahan kimia tertentu.
4. Emas dan tembaga adalah logam pertama yang ditemukan oleh manusia sekitar 5000 SM dan merupakan dua logam yang tidak berwarna putih. Sebagian besar logam berwarna keperakan (seperti perak).
5. Hampir semua emas di Bumi berasal dari meteorit yang membombardir planet ini lebih dari 200 juta tahun setelah terbentuk.
6. Dalam bentuknya yang paling murni, emas berwarna kuning cerah, padat, lembut, mudah dibentuk, dan ulet.
7. Emas sangat ulet sehingga satu ons emas (sekitar 28 gram) bisa direnggangkan menjadi 5 mil (8 kilometer) benang emas. Benang emas murni ini bisa juga digunakan sebagai benang bordir.
8. Kelenturan adalah ukuran seberapa mudah suatu bahan bisa dipalu menjadi lembaran tipis. Emas adalah unsur yang paling mudah dibentuk. Selembar emas bisa dibuat menjadi sangat tipis hingga transparan. Satu ons emas bisa dipukuli menjadi lembaran yang berukuran 300 kaki persegi. 
9. Emas adalah logam berat, padat dan tidak beracun. Oleh sebab itu serpihan atau bubuk logam emas dapat dimakan dengan cara dicampur dalam makanan atau minuman. Beberapa negara Asia memasukan emas dalam buah, jelly makanan ringan, kopi, dan teh. Setidaknya sejak tahun 1500-an, Eropa telah menempatkan emas di botol minuman keras, seperti Danziger Goldwasser, Gold Strike dan Goldschlager.
10. Emas 24 karat adalah emas murni. Emas 18 karat adalah emas murni 75%. Emas 14 karat adalah emas murni 58,5%, dan emas 10 karat adalah emas murni 41,7%. Sisa dari persentasi tersebut biasanya adalah perak, latina, tembaga, paladium, seng, nikel, besi, dan kadmium.
11. Emas adalah unsur kimia yang inert. Hal ini yang menjelaskan mengapa emas tidak pernah berkarat dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Jika perhiasan emas menyebabkan iritasi kulit, maka ada kemungkinan bahwa emas telah dicampur dengan logam lain yang bersifat iritasi.
12. Emas adalah logam mulia. Hal ini membuat emas relatif tidak reaktif dan mampu bertahan dari degradasi udara, kelembaban, atau dalam kondisi asam. Asam mampu melarutkan sebagian besar logam. Namun hanya campuran khusus asam yang disebut sebagai aqua regia atau air raja yang mampu melarutkan emas.
13. Logam emas yang tingkat kemurniannya tinggi berwarna metalik, tidak berbau dan tidak berasa. Hal ini masuk akal karena emas merupakan logam yang sangat tidak reaktif.
14. Emas memiliki banyak kegunaan, selain nilai moneter dan simbolisnya, emas juga diaplikasikan dalam elektronik, kabel listrik, kedokteran gigi, obat-obatan, perisai radiasi, dan kaca berwarna.
15. Emas sering digunakan pada jendela kaca dan helm astronot untuk memantulkan sinar inframerah dan memungkinkan cahaya tampak melewatinya, dan pada saat yang sama untuk menjaga agar tetap dingin.
16. Para ilmuwan telah berhasil menunjukkan bahwa cairan yang mengandung titik-titik atom emas dapat menghancurkan sel-sel kanker dalam prostat dan ovarium.
17. Medali emas Olimpiade yang diberikan pada tahun 1912 seluruhnya terbuat dari emas. Saat ini, medali emas tercakup dalam enam gram emas.
18. Suku Inca percaya bahwa emas mewakili kemuliaan dewa matahari dan disebut logam mulia karena dianggap sebagai "air mata dari Matahari (tears of the Sun)".
19. Di Mesir kuno, emas dianggap sebagai kulit atau daging dari para dewa, terutama dewa Ra atau dewa matahari Mesir. Akibatnya, emas tidak tersedia untuk siapa pun kecuali firaun, dan kemudian hanya imam dan anggota lain dari istana. Ruang-ruang tempat penyimpanan sarkofagus raja dikenal sebagai "rumah emas (house of gold)".
20. Pada tahun 1933, presiden AS Franklin Roosevelt menandatangani sebuah Executive Order yang melarang warga AS dari penimbunan emas. Bagi siapa saja yang memiliki emas (kecuali untuk perhiasan, dokter gigi, listrik, dan pekerja industri lainnya) akan dihukum denda sampai $10.000  dan atau dikenai hukuman penjara selama sepuluh tahun.
21. Sebelum koin emas digunakan sebagai uang, berbagai jenis ternak, seperti sapi, kerbau, dan produk tanaman lainnya yang digunakan sebagai mata uang.
22. Emas ditambang di setiap benua kecuali benua Antartika. Para ilmuwan menyatakan mungkin ada sejumlah besar emas di Antartika, tetapi perjanjian internasional melarang untuk melakukan penambangan di sana.
23. Sebelum  tahun 1800-an sebagian besar emas dunia berasal dari Ghana, Afrika Barat. Sampai dengan hari ini daerah di Afrika masih disebut sebagai “Gold Coast (Pantai emas)”.
24. Sejak tahun 1880-an, Afrika Selatan telah menjadi sumber pasokan emas dunia. Sekitar 50% dari jumlah emas saat ini berasal dari Afrika Selatan. Produksi pada tahun 1970 menyumbang 79% pasokan dunia karena menghasilkan sekitar 1.480 ton emas.
25. Pada tahun 2007 Cina menghasilkan 276 ton emas sehingga mengalahkan Afrika Selatan sebagai produsen emas terbesar di dunia. Ini merupakan pertama kalinya sejak 1905 bahwa Afrika Selatan tidak menjadi yang terbesar.
26. Pada tahun 2014, China adalah negara pertambangan emas terkemuka di dunia, diikuti oleh Australia, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, dan Peru. Afrika Selatan, yang telah mendominasi produksi emas dunia untuk sebagian besar abad ke-20 telah menurun ke posisi keenam. Produsen utama emasnya lainnya saat itu adalah Ghana, Burkina Faso, Mali, Indonesia dan Uzbekistan.
27. Karena nilainya yang tinggi, sebagian besar emas telah ditemukan sepanjang sejarah umat manusia. Namun, diperkirakan bahwa 80% dari emas dunia masih berada di dalam tanah.
28. Sepanjang sejarah planet kita, hampir setiap budaya telah menggunakan emas untuk melambangkan kekuatan, keindahan, kemurnian, dan prestasi. Oleh sebab itu, sampai dengan hari ini kita terus menggunakan emas pada benda-benda terpenting kita, seperti cincin kawin, medali Olimpiade, Oscar, Grammy, uang, salib dan seni gerejawi. Hingga saaat ini belum ada unsur lain yang memiliki kelangkaan yang sama dan memiliki tempat yang lebih menonjol di tengah-tengah masyarakat kita.
29. Tambang emas terbesar di dunia yang berada di Indonesia dikuasai oleh Amerika Serikat. Indonesia baru menguasai 51% saham pada kepemimpinan Jokowi. Artinya sejak dibangun pada tahun 1987 hingga detik ini, Indonesia hanya mendapatkan ampas atau sisa-sisa perusahaan asing.

SUMBER RUJUKAN
- www.thoughtco.com dengan judul artikel “interesting gold facts” (www.thoughtco.com/interesting-gold-facts-607641) diakses pada Senin 02 Oktober 2017.
- www.investinganswers.com. “commodities precious metals 50 surprising facts you never knew about gold” (www.investinganswers.com/investment-ideas/commodities-precious-metals/50-surprising-facts-you-never-knew-about-gold-1370) diakses pada senin 02 Oktober 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *