Boron: 24 Fakta, Kegunaan, dan Peran Biologis

(Sumber gambar: periodictable.com/Elements/005/index.html)
WANIBEEAKc



FAKTA KEREN
1. Boron adalah unsur kimia dengan simbol B dan memiliki nomor atom 5. Dalam tabel periodik unsur, boron terletak pada golongan 13 atau IIIA.
2. Kelimpahan unsur boron di tata surya dan di kerak bumi rendah.
3. Senyawa alami boron cukup umum. Senyawa boron, terutama boraks, telah digunakan manusia selama ribuan tahun.
Beberapa senyawa boron yang umum adalah boraks (natrium tetraborate), asam borat, colemanit, kernite, ulexite, dan borate.
4. Boron murni sangat sulit diproduksi baik dalam skala industri maupun dalam laboratorium. Hal ini disebabkan borong cenderung bergabung dengan karbon.
5. Boron, dalam bentuk kristalnya, adalah unsur terkeras kedua setelah intan.
6. Boron cukup keras, dan bersama-sama dengan karbon dan nitrogen membentuk senyawa super keras dan sangat tahan panas yang biasa disebut heterodiamond.
7. Penggunaan skala besar senyawa boron secara global (sekitar 46% penggunaan akhir) adalah dalam produksi serat kaca dan fiberglasses yang mengandung boron.
8. Sekitar 15% boron global digunakan dalam keramik boron, termasuk dalam bahan super keras. Pertanian mengkonsumsi 11% produksi boron global, dan pemutih dan deterjen sekitar 6%.
9. Boron ditambahkan ke kaca sebagai boraks pentahidrat atau boron oksida, untuk mempengaruhi kualitas kekuatan atau fluktuasi dari serat kaca.
10. Tidak semua fiberglass mengandung boron, namun dalam skala global, sebagian besar fiberglass yang kita gunakan saat ini mengandung boron.
11. Beberapa senyawa boron dikenal karena kekerasan dan ketangguhan ekstrimnya. Boron karbida adalah bahan keramik yang diperoleh dengan membakar B2O3 dengan karbon dalam tungku listrik.
Persamaan reaksinya:
2B2O3 + 7C → B4C + 6CO
12. Kemampuan boron karbida untuk menyerap neutron tanpa membentuk radionuklida berumur panjang membuat bahan ini menarik perhatian untuk digunakan sebagai penyerap radiasi neutron yang muncul di pembangkit listrik tenaga nuklir. Aplikasi nuklir boron karbida meliputi shielding, control rods, dan shut-down pellets.
13. Asam borat lebih beracun bagi serangga daripada mamalia, dan secara rutin digunakan sebagai insektisida.
14. Asam borat yang sebagai insektisida, terutama digunakan untuk membasmi semut, kutu, dan kecoak. 
15. Borat digunakan sebagai pengawet kayu ramah lingkungan.
16. Boron adalah dopan yang sangat berguna untuk semikonduktor seperti silikon, germanium, dan silikon karbida.
Metode tradisional penggunaan boron ke dalam semikonduktor adalah melalui difusi atom pada suhu tinggi. Proses ini menggunakan sumber boron padat (B2O3), cair (BBr3), atau gas (B2H6 atau BF3).
17. Gas Boron triklorida juga merupakan bahan kimia penting dalam industri semikonduktor, namun tidak digunakan sebagai doping melainkan untuk etsa plasma logam dan oksida. Etsa Plasma adalah bentuk pengolahan plasma yang digunakan untuk membuat sirkuit terpadu. Ini melibatkan aliran debit cahaya berkecepatan tinggi (plasma) dari campuran gas yang sesuai dan ditembak (dalam pulsa) pada sampel.
18. Boron adalah komponen magnet neodymium (Nd2Fe14B), yang merupakan salah satu jenis magnet permanen terkuat. Magnet ini ditemukan di berbagai perangkat elektromekanis dan elektronik, seperti pencitraan magnetik resonansi (MRI) sistem pencitraan medis, dan aktuator.
Sebagai contoh, HDD komputer (hard disk drive), pemutar CD (compact disk) dan pemutar DVD (digital serbaguna) mengandalkan motor magnet neodymium untuk menghasilkan tenaga putar yang hebat. Di ponsel 'Neo' magnet neodymium memberikan medan magnet yang memungkinkan speaker kecil untuk menghasilkan tenaga audio yang cukup besar.
19. Magnesium diborida merupakan material superkonduktor penting dengan suhu transisi 39 K. MgB2 kabel diproduksi dengan proses powder-in-tube dan diaplikasikan pada magnet superkonduktor.
20. Secara biologis, boron hadir di dinding sel tanaman. Oleh karena itu, boron terdapat pada semua makanan yang terbuat dari tumbuhan.
21. Diperkirakan bahwa boron memainkan beberapa peran penting pada hewan, termasuk manusia, namun peran fisiologis yang tepat kurang dipahami.
22. Institut Kedokteran AS belum memastikan bahwa boron adalah nutrisi penting bagi manusia. Namun diperkirakan asupan makanan orang dewasa mencapai 0,9 mg/hari sampai 1,4 mg/hari.
23. Ada beberapa antibiotik alami yang mengandung boron. Antibiotik boron yang pertama ditemukan adalah boromisin yang diisolasi dari streptomyces.
24. Boron diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, namun kelebihan boron beracun bagi tanaman, dan terutama terjadi pada tanah asam.

SUMBER RUJUKAN
- Wikipedia. Boron. Online. (en.m.wikipedia.org/wiki/Boron)  diakses pada Senin 29 Januari 2018.
- Softschools. Fact Borong. Online. (www.softschools.com/facts/periodic_table/boron_facts/185/) diakses pada Senin 29 Januari 2018.
- Stephanie Pappas. 2014. Fact About Boron. Online. (amp.livescience.com/28674-boron.html) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *