Berlian atau Batu Permata Sintetis yang Diproduksi di Dalam Laboratorium


Dari gambar di atas, bisakah kamu tahu, mana yang berlian alami dan mana yang berlian buatan laboratorium? Susah bukan?
Nah...Hal ini menunjukan kepada kita bahwa baik berlian alami maupun berlian yang dihasilkan di laboratorium sama-sama memiliki kualitas yang sangat bagus. 
(Sumber gambar mygemologist.com)


Berlian adalah bahan yang sangat berharga, dan manusia telah berusaha berabad-abad untuk membuatnya di laboratorium dan pabrik. Inti dari sintetis berlian adalah menghasilkan berlian yang memiliki komposisi kimiawi, struktur kristal, sifat optik, dan perilaku fisik yang sama atau hampir sama dengan berlian alami.
Nama lain yang digunakan untuk berlian buatan manusia ini meliputi: "lab grown," "created," "lab-created," "man made", dan lain sebagainya. Nama-nama ini menunjukkan bahwa berlian tidak terbentuk secara alami di Bumi, tetapi dibuat oleh manusia. 
Beberapa orang mungkin mengatakan berlian yang dihasilkan di laboratorium sebagai "berlian palsu", tiruan atau simulants, tapi ini tidak benar. Sebagian besar berlian yang dibuat di laboratorium, secara kimiawi dan fisik sama dengan berlian alami yang dihasilkan melalui proses geologi Alam. Di sisi lain, zirkonia kubik dan moissanite - yang terlihat serupa dengan berlian - memiliki sifat kimia dan fisik yang sangat berbeda, dan dikenal sebagai berlian simulant.
Sintesis berlian yang sukses secara komersial pertama kali dilakukan pada tahun 1954 oleh para pekerja di General Electric. Sejak saat itu, banyak perusahaan telah berhasil memproduksi berlian sintetis sesuai untuk keperluan industri. Saat ini, sebagian besar berlian industri yang digunakan adalah hasil sintetis. Produksi berlian sintetis terbesar di dunia adalah China dengan memproduksi lebih dari 4 miliar karat per tahun. Sebagian besar negara industri dapat menghasilkan berlian sintetis untuk keperluan industri di pabrik.
Pada tahun 2010, hampir 5.000 juta karat (1.000 ton) berlian sintetis yang diproduksi per tahun untuk keperluan industri.
Dalam beberapa dekade terakhir, beberapa perusahaan telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk menghasilkan berlian berkualitas permata hingga beberapa karat dalam beberapa warna, termasuk tidak berwarna, putih bersih, kuning, coklat, biru, hijau, dan oranye. Munculnya permata sintetis di pasaran menciptakan kekhawatiran utama dalam bisnis perdagangan berlian.
Beberapa perusahaan menggunakan metode suhu tinggi bertekanan tinggi yang dikenal sebagai metode HTHP. Perusahaan yang lain menciptakan berlian dengan menggunakan proses deposisi uap kimia yang dikenal sebagai metode CVD. 

BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK "MENUMBUHKAN" BERLIAN? 
Intan yang tumbuh di laboratorium memakan waktu sekitar 6 sampai 10 minggu untuk dikembangkan di laboratorium. Sedangkan, berlian yang cukup dekat dengan permukaan bumi, yang akan ditambang saat ini terbentuk di alam antara 1 miliar sampai 3,3 miliar tahun yang lalu.
Perbedaan menarik lainnya adalah rentang bobot karat dari berlian yang dibuat secara lab dan berlian yang tumbuh secara organik. Berlian yang dihasilkan di laboratorium sekitar 20 karat, sementara beberapa potongan berlian organik terbesar kasar berada di atas 400 karat.
Permata buatan manusia sering dijual di toko perhiasan dan melalui internet dengan potongan harga yang signifikan untuk batu-batu alam dengan kualitas dan ukuran yang sama. Mereka memiliki penampilan yang indah dan menarik namun lebih murah. Intan sintetis diwajibkan untuk dijual dengan mengatakan kepada pembeli bahwa intan yang dijual tersebut adalah "intan sintetis" atau "intan buatan laboratorium".

APAKAH KONSUMEN MENERIMA BERLIAN SINTETIS?
Berlian sintetis telah menjadi jenis berlian yang dominan dalam aplikasi industri sejak akhir abad ke-20. Sebagian besar berlian sintetis digunakan untuk membuat alat abrasif dan cutting. Hampir semua berlian digunakan untuk membuat jendela, kubah speaker, heat sink, microbearings gesekan rendah, komponen tahan aus, dan produk teknologi lainnya.
Dibandingkan dengan berlian alam, berlian sintetis memiliki beberapa keunggulan yakni sebagai berikut.
1. Berlian sintetis lebih murah daripada berlian alami yang ditambang.
2. Berlian sintetis memiliki sifat yang lebih konsisten.
3. Tersedia dalam spesifikasi yang sesuai pesanan. 
4. Terdapat warna yang bervariasi.

Dalam dunia industri perhiasan terdapat banyak perdebatan tentang kemauan konsumen untuk menerima berlian sintetis. Beberapa percaya bahwa konsumen perhiasan menginginkan "berlian sungguhan" - yang berarti "berlian yang ditambang". Yang lainnya percaya bahwa berlian sintetis akan disukai oleh orang-orang dan diterima dipasaran.
Saat ini, berlian sintetis yang dibuat untuk penggunaan perhiasan memiliki keunggulan 15 sampai 30 persen daripada berlian yang ditambang. Hal ini kemungkinan akan menjadi motivator terbesar bagi konsumen untuk menerima berlian sintetis.
Berdasarkan beberapa pengamatan diperoleh bahwa, jika kita masuk toko perhiasan sering dijual batu sintetis seperti ruby, safir, dan zamrud. Untuk mengetahui bahwa bahan yang dijual tersebut adalah sintetis maka dibutuhkan seseorang yang sudah terlatih dan berpengalaman. Batu-batu sintetis ini memiliki penampilan superior menarik dan harganya lebih murah dibandingkan dengan permata alami dengan ukuran dan penampilan yang sama.

KEGUNAAN LAIN DARI BERLIAN SINTETIS
Sifat berlian sintetis bergantung pada rincian proses pembuatannya; Namun, beberapa berlian sintetis (baik yang dibuat menggunakan  metode HPHT ataupun CVD) memiliki sifat seperti kekerasan, konduktivitas termal dan mobilitas elektron yang lebih tinggi dari berlian yang paling banyak terbentuk. Berlian sintetis banyak digunakan dalam abrasive, dalam alat pemotong dan pemoles dan di heat sink (Penukar panas). Aplikasi elektronik berlian sintetis sedang dikembangkan, termasuk saklar berdaya tinggi di pembangkit listrik, transistor efek medan frekuensi tinggi dan dioda pemancar cahaya. Detektor berlian sintetis partikel sinar ultraviolet (UV) atau partikel berenergi tinggi digunakan di fasilitas penelitian berenergi tinggi dan tersedia secara komersial. 

SPEKTROSKOPI PHOTOLUMINESCENCE DAN RADIASI UV
Jika Anda tidak benar-benar yakin, 100% apakah berlian milikmu adalah berlian hasil lab atau alami, maka anda bisa mengirimkannya ke laboratorium permata khusus untuk pengujian. DeBeers dan GIA (the Gemological Institute of America) telah mengembangkan mesin yang sangat kompleks dan canggih untuk menjawab pertanyaan ini. Mereka memiliki nama imajinatif seperti: DiamondCheck, DiamondSure, dan DiamondView.
Secara kasar, mesin ini bekerja dengan cara membombardir berlian dengan jenis radiasi tertentu (tidak ada yang berbahaya bagi manusia) dan menganalisis apa yang dihasilkan dari batu tersebut. Ada tanda-tanda tertentu, tanda-tanda dari berbagai proses yang digunakan untuk membuat berlian yang tumbuh di laboratorium yang muncul sebagai lonjakan dan palung pada panjang gelombang spesifik dalam analisis spektroskopi.

SUMBER RUJUKAN
- Wikipedia. Diamond. Online. Diakses pada Rabu, 24 Januari 2018.
- Wikipedia. Synthetic diamond. Online. Diakses pada Rabu, 24 Januari 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *