Unsur Berilium: Fakta, Sifat, Kegunaan, dan Efek Kesehatan

Gambar Mineral Berilium
(Sumber gambar: www.greatmining.com/beryllium.html)


WANIBESAKc

1. Berilium adalah unsur kimia dengan simbol Be dan nomor atom 4. Dalam tabel periodik unsur, berilium terletak pada golongan 2 atau IIA.
2. Sebagai unsur bebas, berilium termasuk golongan logam alkali tanah yang berwarna abu-abu, kuat, ringan dan rapuh.
3. Logam berilium keras, namun rapuh pada suhu kamar.
4. Dari semua logam alkali tanah yang diketahui kita, Berilium adalah yang paling ringan.
5. Louis Nicolas Vauquelin merupakan ahli kimia yang menemukan berilium dan kromium.
6. Berilium memiliki sejarah panjang, telah dikenal orang Mesir kuno di beryl dan di zamrud. Namanya bisa dilacak ke beberapa bahasa, tapi kemungkinan besar berasal dari bahasa Sansekerta.
7. Berilium merupakan unsur yang relatif langka di alam semesta.
8. Berilium ditemukan di kerak bumi, tapi hanya dua sampai enam bagian per juta.
9. Batu permata terkenal yang mengandung berilium meliputi beryl (aquamarine, zamrud) dan chrysoberyl.
Gambar Varieties dari Beryl: Emerald, Aquamarine, Morganite, Bixbite, dan Heliodorl.  photo Jeff Scovil. (Sumber gambar www.geologyin.com/2017/05/the-different-beryl-varieties-with.html)


10. Berilium hadir di lebih dari 100 mineral termasuk bertrandite, beryl, chrysoberyl, dan phenacite. Walaupun demikian berilium sulit diekstraksi dari mineral-mineral tersebut.
11. Berilium diekstrak dari mineral beryl dan bijih lain untuk keperluan industri melalui proses yang sangat kompleks.
12. Secara terpisah, Friederich Wöhler dan Antoine Bussy mengisolasi logam berilium dari beryl dan zamrud pada tahun 1828.
13. Zamrud, morganite, dan aquamarine adalah bentuk beryl yang mempunyai harga tinggi. Beberapa tambang zamrud tertua dikembangkan oleh orang Romawi di Gurun Timur Mesir sekitar 2.000 tahun yang lalu.
14. Mencampur sejumlah kecil berilium dengan tembaga menghasilkan tembaga berilium, yang enam kali lebih kuat dari pada tembaga saja.
15. Berilium termasuk logam yang ringan dengan sifat mekanik dan termal unik yang membuatnya ideal untuk digunakan dalam banyak aplikasi dan industri termasuk pertahanan, dirgantara, telekomunikasi, elektronik otomotif, dan spesialisasi medis.
16. Berilium adalah logam alami yang ditemukan di beberapa mineral. Hal ini paling sering diekstraksi dari bijih beryl dan bertrandite. Campuran dan senyawa berilium dan berilium telah diproduksi secara komersial di AS sejak tahun 1940-an. Produksi oksida berilium dimulai pada akhir 1950-an.
17. Berilium pernah diaplikasikan pada rem pesawat militer karena kekerasannya, titik lebur yang tinggi, dan kemampuan luar biasa untuk menghilangkan panas. Karena adanya berbagai pertimbangan lingkungan, maka berilium telah digantikan oleh bahan lainnya.
18. Paduan berilium digunakan dalam pesawat terbang dan misil berkecepatan tinggi, serta pesawat ruang angkasa, dan satelit komunikasi. Tembaga berilium juga digunakan pada bingkai kaca depan, cakram rem, balok pendukung, dan komponen struktural lain dari pesawat ruang angkasa.
19. Untuk mengurangi biaya, berilium dapat dicampur dengan sejumlah besar aluminium, menghasilkan paduan AlBeMet. Paduan ini lebih murah daripada berilium murni, meski tetap mempertahankan banyak kelebihan yang diinginkan.
20. Rata-rata sekitar 35 mikrogram berilium ditemukan di tubuh manusia. Jumlah ini dianggap tidak berbahaya.
21. Secara kimiawi berilium mirip dengan magnesium sehingga dapat menggantikannya dari enzim. Hal ini dapat menyebabkan enzim tidak berfungsi. Karena ion Be2+ merupakan ion bermuatan tinggi dan sangat kecil, ia dapat dengan mudah masuk ke banyak jaringan dan sel, yang secara khusus menargetkan inti sel, menghambat banyak enzim, termasuk enzim yang digunakan untuk sintesis DNA.
22. Toksisitas berilium diperburuk oleh fakta bahwa tubuh tidak memiliki alat untuk mengendalikan kadar berilium, dan sekali di dalam tubuh, berilium tidak dapat dikeluarkan. Kerilliosis kronis adalah penyakit granulomatosa paru-paru dan sistemik yang disebabkan oleh penghisapan debu atau asap yang telah terkontaminasi dengan berilium; baik dalam jumlah besar dalam waktu singkat atau jumlah kecil dalam waktu yang lama. Gejala penyakit bisa memakan waktu hingga lima tahun untuk berkembang. Perlu diperhatikan bahwa sekitar sepertiga pasien yang mengidap penyakit ini meninggal dunia dan pasien yang selamat lumpuh.
23. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mencantumkan senyawa berilium dan berilium sebagai zat karsinogen kategori 1.
24. Di AS, Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) telah menetapkan batas paparan yang diizinkan di tempat kerja rata-rata adalah 0,002 mg/m3 dan batas paparan konstan adalah 0,005 mg/m3 di atas 30 menit, dengan batas puncak maksimum 0,025 mg/m3.
25. Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH) menetapkan batas paparan yang direkomendasikan sebesar 0,0005 mg/m3 dan konsentrasi yang berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan adalah 4 mg/m3.
26. Dibandingkan dengan kekakuan spesifik baja, kekakuan spesifik Berilium adalah 6x lebih.
27. Garam berilium memiliki rasa manis, dan unsur itu pernah disebut glukone dengan simbol Gl karena rasanya.
28. Berilium foil digunakan dalam senjata nuklir.
29. Berilium juga diklasifikasikan sebagai karsinogen oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker dan dapat menyebabkan kanker paru-paru pada orang-orang yang terpapar berilium setiap hari karena pekerjaan mereka yang mengharuskannya menambang atau memproses logam.
30. Berilium bersifat nonmagnetik dan tahan terhadap asam nitrat pekat. Ini juga memiliki konduktivitas termal yang superior dan menahan oksidasi di udara pada suhu normal.
31. Beryllium ditemukan pada tahun 1798 oleh ahli kimia Prancis Louis Nicolas Vauquelin, yang menemukannya dalam bentuk oksida dalam beryl dan varietas beril hijau, zamrud. Logam tersebut diisolasi pada tahun 1828 oleh dua ahli kimia, Friedrich Wölhler dari Jerman dan Antoine Bussy dari Perancis, yang secara independen.
32. Berilium berperan dalam penemuan neutron saat James Chadwick membombardir berilium dengan partikel alfa dan menemukan partikel subatomik netral tanpa muatan listrik.
33. Berilium adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat cermin di Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA.
34. Komisi Eropa mencantumkan berilium sebagai satu dari 20 bahan baku penting untuk Uni Eropa.
35. Departemen Pertahanan AS mengklasifikasikan berilium sebagai bahan strategis dan kritis karena dapat ditemukan dalam produk penting untuk keamanan nasional.
36. Berilium sangat transparan terhadap sinar-X dan oleh karena itu digunakan di jendela untuk tabung sinar-X.


SUMBER RUJUKAN
- Agata Blaszczak. 2017. Fact About beryllium. Online.  (www.livescience.com/28641-beryllium.html) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.
- Softschools. Berylium Fact. Online. (www.softschools.com/facts/periodic_table/beryllium_facts/186/) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.
- Sankalan Baidya. 20 Interesting Beryllium Facts For Your School Project. 2017. Online. (factslegend.org/20-interesting-beryllium-facts-for-your-school-project/) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.
BERYLLIUM. Online. (www.cdc.gov/niosh/topics/beryllium/) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.
- Wikipedia. Beryllium. Online. (en.m.wikipedia.org/wiki/Beryllium) diakses pada Senin, 29 Januari 2018.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *