Argon | 23 Fakta dan Informasi Penting


 
Spektrum gas mulia (labroots.com)

1. Argon adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18. Dalam tabel periodik unsur Argon terdapat pada golongan 18 atau VIIIA atau gas mulia.
2. Simbol unsur untuk argon dulu adalah A. Pada tahun 1957, IUPAC mengubah simbol argon menjadi Ar dan mendelevium dari Mv menjadi Md.
3. Argon adalah unsur-unsur gas mulia pertama yang ditemukan. Henry Cavendish telah menduga keberadaan unsur tersebut pada tahun 1785 dari pemeriksaan sampel udara. Penelitian independen oleh HF Newall dan WN Hartley pada tahun 1882 menunjukkan garis spektral yang tidak dapat diberikan ke unsur-unsur yang telah diketahui. Unsur argon diisolasi dan secara resmi ditemukan di udara oleh Lord Rayleigh dan William Ramsay pada tahun 1894.
Nama "argon" diambil dari kata Yunani "argos", yang berarti tidak aktif. Ini mengacu pada sukarnya unsur ini untuk membentuk ikatan kimia dengan unsur-unsur yang lain.
4. Argon adalah gas mulia yang tidak berwarna, tanpa rasa, tanpa bau, tidak mudah terbakar, dan tidak beracun. Walaupun tidak beracun, namun kita harus berhati-hati karena argon 38% lebih padat daripada udara. Kehadirannya bisa menimbulkan risiko sesak napas karena dapat menggantikan udara beroksigen di ruang tertutup.
5. Meski argon termasuk unsur golongan gas mulia, ia bisa membentuk beberapa senyawa dalam kondisi ekstrim. Argon fluorohidrida (HArF) yang merupakan senyawa argon dengan fluorin dan hidrogen yang stabil di bawah 17 K (-256,1 °C;  -429,1 °F).
6. Argon memiliki kelarutan yang hampir sama dalam air dengan oksigen dan 2,5 kali lebih larut dalam air dibandingkan nitrogen.
7. Argon diproduksi secara industri menggunakan distilasi fraksional udara cair. Paling sering menggunakan distilasi fraksional kriogenik, sebuah proses yang juga digunakan untuk menghasilkan nitrogen, oksigen, neon, kripton, dan xenon.
8. Kerak bumi dan air laut masing-masing mengandung 1,2 ppm dan 0,45 ppm argon.
9. Dalam kehidupan sehari argon memiliki banyak fungsi.
10. Gas argon digunakan sebagai gas perisai inert dalam pengelasan dan proses industri suhu tinggi lainnya dimana zat yang biasanya tidak reaktif menjadi reaktif; Sebagai contoh, atmosfer argon digunakan dalam tungku listrik grafit untuk mencegah grafit terbakar. Argon juga digunakan dalam lampu pijar, lampu neon, dan tabung gas lainnya.
11. Untuk beberapa proses, kehadiran gas nitrogen atau oksigen dapat menyebabkan kerusakan pada material. Argon digunakan pada beberapa jenis las busur seperti pengelasan busur gas logam dan las busur tungsten gas, serta dalam pengolahan titanium dan elemen reaktif lainnya.
12. Atmosfer gas argon juga digunakan untuk menumbuhkan kristal silikon dan germanium.
13. Gas argon digunakan untuk membuat laser gas berwarna biru-hijau yang khas.
14. Terkadang gas argon digunakan untuk memadamkan api di mana peralatan lain mungkin mengalami kerusakan oleh air atau busa. Hal ini disebabkan Argon lebih padat daripada udara sehingga akan mendorong keluar gas oksigen.
15. Gas argon digunakan untuk menggantikan udara yang mengandung oksigen dan uap air dalam bahan kemasan sehingga bisa memperpanjang umur simpan isinya. Di Eropa Argon memiliki kode aditif makanan E938. Adanya argon, maka oksidasi oleh udara, hidrolisis, dan reaksi kimia lainnya yang dapat menurunkan kualitas produk dapat dicegah. Bahan kimia yang memiliki kemurnian tinggi dan obat-obatan terkadang dikemas dan disegel menggunakan argon.
16. Dalam pembuatan anggur, argon digunakan dalam berbagai aktivitas untuk memberikan penghalang terhadap oksigen di permukaan cair, yang dapat merusak anggur dengan mendorong metabolisme mikroba (seperti bakteri asam asetat) dan reaksi kimia redoks standar.
17. Argon sering digunakan sebagai propelan dalam kaleng aerosol dalam produk seperti pernis, poliuretan, cat, dan untuk menggantikan udara saat menyiapkan wadah untuk penyimpanan setelah dibuka.
18. Sejak tahun 2002, Arsip Nasional Amerika menyimpan dokumen nasional penting seperti Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi dalam kasus-kasus yang dipenuhi argon untuk menghambat degradasi mereka. Argon lebih disukai daripada helium yang telah digunakan dalam lima dekade sebelumnya, karena gas helium lolos melalui pori-pori intermolekul pada kebanyakan kontainer dan harus diganti secara teratur.
19. Argon dapat digunakan sebagai gas inert dalam garis Schlenk dan glovebox. Argon lebih disukai daripada nitrogen yang lebih murah dalam kasus dimana nitrogen dapat bereaksi dengan reagen atau aparatus.
20. Argon digunakan sebagai gas pembawa dalam kromatografi gas dan spektrometri massa ionisasi electrospray; Ini adalah gas pilihan untuk plasma yang digunakan dalam spektroskopi ICP. Argon lebih disukai untuk lapisan sputter spesimen untuk pemindaian mikroskop elektron. Gas argon juga biasa digunakan untuk pengendapan sputter film tipis seperti pada mikroelektronika dan untuk pembersihan wafer dalam microfabrication.
21. Laser argon biru digunakan dalam operasi untuk mengelas arteri, menghancurkan tumor, dan memperbaiki cacat mata.
22. Argon juga telah digunakan secara eksperimental untuk menggantikan nitrogen dalam campuran pernapasan atau dekompresi yang dikenal sebagai Argox, untuk mempercepat eliminasi nitrogen terlarut dari darah.
23. Argon telah digunakan oleh atlet sebagai agen doping untuk mensimulasikan kondisi hipoksia. Pada tahun 2014, Badan Anti Doping Dunia (WADA) menambahkan argon dan xenon ke dalam daftar zat dan metode yang dilarang,. Walaupun demikian hingga saat ini belum ada tes penyalahgunaan yang dapat diandalkan.


SUMBER KUTIPAN
- Wikipedia. Argon. Online. () diakses pada Minggu, 11 Januari 2018.
- Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 2017. 10 Argon Facts - Ar or Atomic Number 18: Interesting Argon ElementFacts. Online.  () diakses pada Minggu, 11 Januari 2018

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *