Tembaga: Fakta dan Informasi Penting Lainnya

Gambar tembaga (Sumber gambar: moneycontrol.com)


Tembaga adalah unsur kimia yang mempunyai nomor atom 29 dan simbol Cu. Unsur kimia metalik yang indah dan mempunyai warna seperti emas ini sangat berguna bagi manusia. Jika disadari, kita akan mengetahui bahwa tembaga ditemukan hampir di semua rumah baik dalam keadaan murni, dalam bentuk senyawa kimia, maupun dalam bentuk campuran (Aloy).

FAKTA-FAKTA MENARIK DAN MENGGEMASKAN TENTANG TEMBAGA
1. Nama dan simbol tembaga diambil dari bahasa Latin yaitu dari kata cuprum yang berarti “Logam Dari Siprus (the metal of Cyprus)".
2. Bukti arkeologi menunjukan bahwa tembaga ditemukan sekitar 8000 SM dan merupakan logam pertama yang digunakan oleh manusia bersama dengan emas dan meteorit.
3. Sekitar tahun 6000 SM, orang Mesir membuat senjata dari tembaga dan Zaman Perunggu dimulai pada 5000 SM.
4. Sekitar 2750 SM, Egypians membuat pipa tembaga pertama.
5. Orang-orang Yunani dan Romawi mulai menambahkan seng ke dalam tembaga untuk membuat paduan yang disebut kuningan sekitar 1 SM.
6. Tembaga memiliki warna yang unik dibanding semua unsur kimia. Unsur ini langsung dikenali karena penampilan metalik kemerahannya.
Satu-satunya logam nonkeperakan lainnya dalam tabel periodik unsur adalah emas, yang memiliki warna kekuningan. Penambahan tembaga ke emas adalah cara membuat emas merah atau emas mawar atau rose gold.
7. Tembaga merupakan unsur penting bagi nutrisi manusia. Mineral ini sangat penting untuk pembentukan sel darah. Setiap hari manusia membutuhkan sekitar 2 mg tembaga dimana kita mendapatkan secara alami dari makanan yang kita makan. Tembaga ditemukan di banyak bahan makanan dan sebagian besar persediaan air. 
Makanan yang kadar tembaganya tinggi adalah:
- sayuran-sayuran hijau
- biji-bijian
- kentang
- kacang-kacangan.
Meskipun manusia membutuhkan tembaga, namun kelebihan tembaga dapat menyebabkan penyakit kuning, anemia, dan diare (yang mungkin berwarna biru).
8. Tembaga dengan mudah membentuk paduan dengan logam lain. Meski terdapat ratusan paduan, namun dua paduan yang paling terkenal yaitu : 
- kuningan (paduan tembaga dan seng)
- perunggu (paduan tembaga dan timah).
9. Tembaga adalah zat antibakteri alami. Karena sifat inilah tembaga juga digunakan untuk mengendalikan ganggang. Selain itu kuningan (paduan tembaga dengan seng), digunakan pula untuk membuat gagang atau tombol pintu karena dapat membantu mencegah penularan penyakit.
Logam ini juga beracun untuk invertebrata, sehingga digunakan pada lambung kapal untuk mencegah menempelnya kerang dan teritip.
10. Tembaga memiliki banyak sifat yang diinginkan dan merupakan karakteristik dari logam transisi, seperti :
* lembut
* lunak
* ulet
* konduktor panas dan listrik yang sangat baik
* tahan korosi.
11. Tembaga, bereaksi secara lambat dengan gas dari udara, namun tidak bereaksi dengan air atau uap air. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tembaga digunakan untuk membuat pipa tembaga (copper pipe).
12. Tembaga di udara akan teroksidasi membentuk oksida tembaga atau yang disebut sebagai verdigris, oksida tembaga berwarna hijau. Oksidasi inilah yang menjadi alasan mengapa Patung Liberty berwarna hijau ketimbang berwarna oranye kemerahan.
Oksidasi ini pula yang menjadi alasan mengapa beberapa perhiasan (terutama yang harganya relatif murah) sering menghitamkan kulit karena mengandung tembaga.
13. Dari segi penggunaan industri, tembaga menempati urutan ke-3 terbanyak setelah besi dan aluminium. Tembaga digunakan pada kabel (60% dari semua tembaga yang digunakan), pipa ledeng, elektronik, konstruksi bangunan, peralatan masak, uang koin, dan sejumlah produk lainnya.
Tembaga di air, selain klorin, adalah penyebab rambut seseorang bisa berubah menjadi hijau ketika menyelam di kolam renang yang kadar tembaganya tinggi.
14. Ada dua keadaan oksidasi tembaga yang umum dan masing-masing memiliki sifatnya sendiri. Salah satu cara untuk membedakannya adalah dengan memperhatikan warna spektrum emisi saat ion dibakar menggunakan api. Tembaga(I) akan menghasilkan nyala api biru, sementara tembaga(II) menghasilkan nyala api hijau.
15. Tembaga adalah logam yang 100% dapat didaur ulang karena tidak magnetik. Tembaga dapat terus didaur ulang tanpa perubahan pada sifatnya. Menggunakan magnet adalah cara yang sangat mudah untuk memisahkan campuran potongan atau serpihan baja dari tembaga.
16. Tembaga adalah logam yang sangat melimpah dan hampir 80% tembaga yang digunakan saat ini merupakan hasil daur ulang.
17. Tembaga dengan mudah membentuk senyawa biner sederhana. Senyawa biner yaitu senyawa kimia yang tersusun dari dua unsur kimia.
Contoh senyawa tersebut meliputi :
* tembaga oksida (CuO)
* tembaga sulfida (CuS)
* tembaga klorida (CuCl2)
18. Sen dolar AS awalnya terbuat dari tembaga murni. Saat ini terbuat dari 97,5 persen seng dengan lapisan tipis tembaga di bagian permukaan.
19. Patung Liberty terbuat dari 179.000 pon tembaga. Patung Liberty merupakan hadiah 100 tahun dari Prancis ke Amerika Serikat dan merupakan gagasan dari penyair dan aktivis anti perbudakan Edouard de Laboulaye.
20. Seorang koki profesional pasti akan lebih memilih memasak dengan panci dan wajan tembaga. Hal ini disebabkan panci dan wajan akan menghasilkan masakan yang tingkat kematangannya seragam dan tidak memiliki bintik panas.

PENELITIAN KEREN YANG SUDAH DILAKUKAN
# PENGOBATAN
Sifat antimikroba dari tembaga telah menjadikannya logam yang populer di bidang medis. Beberapa rumah sakit telah bereksperimen dengan menutupi permukaan yang sering disentuh, seperti rel tempat tidur dan tombol panggil, dengan paduan tembaga atau tembaga murni dalam upaya memperlambat penyebaran infeksi yang didapat di rumah sakit. 
Tembaga membunuh mikroba dengan mengganggu muatan listrik membran sel organisme, kata Cassandra Salgado, seorang profesor penyakit infeksi dan epidemiologi dari Universitas Kedokteran Carolina Selatan.

# ELEKTRONIKA
Tembaga juga memainkan peran penting dalam bidang elektronik. Karena kelimpahan dan harganya yang murah, periset bekerja untuk mengintegrasikan logam ini ke dalam peningkatan jumlah perangkat mutakhir.
Faktanya, tembaga dapat membantu memproduksi kertas elektronik futuristik, biosensor yang dapat dipakai dan perangkat lunak lainnya, kata Wenlong Cheng, seorang profesor teknik kimia di Monash University di Australia. Cheng dan rekan-rekannya telah menggunakan kawat nano tembaga untuk menciptakan "monolit udara," material yang sangat berpori, sangat ringan, dan cukup kuat untuk berdiri sendiri. Cobalah bayangkan sebuah spons dapur kering. Di masa lalu, monolit udara ini dibuat dari emas atau perak, namun tembaga adalah pilihan yang lebih ekonomis.
Dengan mencampur kawat nano tembaga dengan sejumlah kecil poli (vinil alkohol), atau PVA, para peneliti menciptakan monolit udara yang bisa berubah menjadi semacam karet berbentuk slice dan dapat dibentuk. Namun, karet ini bisa menghantarkan listrik. Para peneliti melaporkan temuan mereka di jurnal ACS Nano. Hasil akhirnya bisa menjadi robot bertubuh lunak, atau sensor medis yang sempurna untuk melengkung, kata Cheng kepada Live Science.

SUMBER RUJUKAN
###
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. Diperbarui 28 Februari 2017. “interesting copper element facts” (www.thoughtco.com/interesting-copper-element-facts-603357) diakses pada Sabtu, 30 Agustus 2017.
###
Stephanie Pappas. Oktober 2014. Facts About Copper. Online. (www.livescience.com/29377-copper.html) diakses pada Selasa, 01 Januari 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *