13 Fakta Menarik Tentang Unsur Seng

Gambar beberapa bentuk seng atau zink (Sumber gambar wikipedia.com)



Seng atau zink adalah unsur metalik berwarna biru kelabu, terkadang disebut spelter. Kita selalu menjumpai logam ini setiap hari, ditambah dengan tubuh kita membutuhkannya untuk bertahan hidup. 
Berikut kumpulan fakta-fakta menarik tentang  unsur seng.

1. Seng memiliki lambang Zn dan nomor atom 30. Dalam tabel periodik unsur, seng tergolong logam transisi dan sebagai unsur pertama pada golongan 12 atau IIB.
2. Nama unsur ini diyakini berasal dari bahasa Jerman 'zinke', yang berarti "runcing".
3. Hampir semua bijih logam seng yang ditambang (95%) berasal dari bijih seng sulfida (ZnS).
4. Seng mudah didaur ulang, sehingga sekitar 30% seng yang dihasilkan setiap tahunnya adalah hasil daur ulang.
5. Seng membentuk beberapa paduan penting. Salah satu yang paling utama adalah kuningan yang merupakan paduan tembaga dan seng.
6. Logam seng memiliki banyak kegunaan dan menjadi logam yang paling umum ke 4 dalam industri, setelah besi, aluminium, dan tembaga.
Dari 12 juta ton logam yang dihasilkan setiap tahunnya, sekitar setengahnya digunakan dalam proses galvanisasi.
7. Seng dikelompokan sebagai logam kalkofil karena memiliki afinitas yang rendah terhadap oksigen dan lebih tertarik untuk berikatan dengan belerang.
8. Zinc, oksida seng, dan senyawa senyawa seng lainnya bisa ditemukan pada baterai, tabir surya, cat, dan produk lainnya.
9. Garam dari seng ketika dibakar akan menghasilkan nyala api biru kehijauan dan menghasilkan asap seng oksida.
10. Meskipun galvanisasi digunakan untuk melindungi logam dari korosi, namun seng dapat teroksidasi atau ternodai di udara. Produknya adalah lapisan seng karbonat, yang mampu menghambat degradasi lebih lanjut, sehingga akan melindungi logam di bawahnya.
11. Kekurangan seng pada tumbuhan, akan menyebabkan kekerdilan dan beberapa daun, terutama yang berada di pangkal, akan tanpak tembus pandang.
12. Zink merupakan mineral penting untuk kesehatan manusia. Unsur ini merupakan logam paling banyak kedua di tubuh manusia, setelah besi.
Mineral ini berfungsi untuk kekebalan tubuh, pembentukan sel darah putih, pemupukan telur, pembelahan sel, dan sejumlah reaksi enzimatik lainnya. 
Makanan yang kaya akan seng termasuk daging tanpa lemak dan makanan laut. Tiram sangat kaya akan seng.
13. Meskipun penting untuk mendapatkan cukup seng, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah. Terlalu banyak seng bisa menekan penyerapan zat besi dan tembaga. 
Salah satu efek sampingan yang menonjol dari paparan seng yang berlebihan adalah hilangnya bau dan atau rasa permanen. FDA mengeluarkan peringatan tentang semprotan seng dan penyeka. Masalah dari konsumsi berlebihan dari seng atau dari paparan industri seng juga telah dilaporkan. 
Karena seng sangat terkait erat dengan kemampuan tubuh untuk merasakan zat kimia, kekurangan zat besi juga umumnya menyebabkan berkurangnya rasa dan aroma. 
Defisiensi zinc juga bisa menjadi penyebab penurunan penglihatan terkait usia. Selain itu, kemunculan jerawat juga dikaitkan dengan defisiensi zink.


SUMBER RUJUKAN
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. Diperbarui 23 Juni 2017. “interesting zinc element facts”. (www.thoughtco.com/interesting-zinc-element-facts-603359) diakses pada Sabtu, 30 Agustus 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *