28 Fakta Raksa atau Merkuri sebagai Logam Cair yang Mengagumkan


Gambar Merkuri atau raksa atau air raksa yang dituang secara perlahan-lahan dari sebuah gelas kimia ke dalam sebuah cawan petri. (Sumber gambar wikipedia.com)


WANIBESAKc - Merkuri yang biasanya dikenal dengan sebutan raksa atau air raksa adalah logam cair yang mengkilap, kadang disebut 'quicksilver', karena cara mengalirnya yang tidak biasa. Dalam tabel periodik unsur, Raksa merupakan unsur logam transisi yang memiliki nomor atom 80, massa atom 200,59, dan memiliki lambang Hg.
Meski memiliki kualitas toksik, merkuri masih bisa bermanfaat bagi kita. Unsur ini bisa menghantarkan arus listrik dan digunakan dalam sakelar listrik termostat.
Berikut akan dijabarkan secara singkat beberapa fakta menarik tentang merkuri.
1. Merkuri adalah satu-satunya logam yang berwujud cairan pada suhu dan tekanan standar. Hingga saat ini belum ada satupun ilmuwan yang berhasil menjelaskan mengapa raksa berwujud cair pada suhu dan tekanan standar.
Satu unsur cair lainnya di bawah kondisi standar adalah bromin (halogen), meskipun logam rubidium, cesium, dan gallium meleleh pada benda yang lebih hangat dalam suhu kamar.
2. Merkuri memiliki tegangan permukaan yang sangat tinggi, sehingga ketika ditetes akan membentuk butiran cairan yang bulat.
3. Meskipun merkuri dan semua senyawa itu diketahui sangat beracun, namun merkuri dianggap sebagai obat terapeutik yang handal dalam sebagian besar sejarah umat manusia zaman dulu.
4. Lambang unsur untuk merkuri adalah Hg yang diambil dari kata hydrargyrum. Istilah hydrargyrum berasal dari bahasa Yunani yang artinya "air perak". Hydr artinya air dan argyros berarti perak.
5. Merkuri adalah unsur yang sangat langka di kerak bumi karena hanya menyumbang sekitar 0,08 bagian per juta (ppm).
6. Merkuri terutama ditemukan di mineral cinnabar yaitu merkuri sulfida. Merkuri Sulfida (Mercuric sulfide) merupakan sumber pigmen merah yang disebut vermilion yang ditemukan pada beberapa lukisan zaman dulu.
Untuk mengekstrak merkuri murni, bijinya digiling dan dipanaskan sampai suhu sekitar 1.076 °F (580 °C) dengan kehadiran oksigen dalam proses pembuatannya. Uap merkuri keluar dari bijih dan belerang dioksida dikeluarkan. Kemudian logam dikondensasi dan dicuci dengan asam nitrat untuk memurnikannya, kemudian disuling.
7. Merkuri tidak diperbolehkan untuk di bawa ke dalam pesawat terbang karena mudah bereaksi dengan aluminium dan logam-logam lainnya yang berada di pesawat terbang.
Ketika merkuri membentuk amalgam dengan aluminium, lapisan oksida yang melindungi aluminium dari pengoksidasi akan terganggu. Hal ini menyebabkan aluminium akan mengalami korosi, dengan cara yang sama seperti pada proses perkaratan besi.
8. Merkuri tidak bereaksi dengan kebanyakan asam.
9. Merkuri adalah konduktor panas dan listrik yang relatif jelek padahal sebagian besar logam adalah konduktor panas dan listrik yang sangat baik.
Namun, bila didinginkan sampai suhu yang cukup rendah, merkuri akan menunjukkan sifat superkonduktivitas (kemampuan untuk melakukan arus listrik dengan ketahanan nol).
10. Titik beku (-38,8 derajat Celcius) dan titik didih (356 derajat Celcius) merkuri lebih dekat bersama daripada logam lainnya.
11. Tingkat oksidasi atau keadaan oksidasi dari merkuri biasanya +1 atau +2, namun pada keadaan tertentu tingkat oksidasi merkuri bisa mencapai +4.
12. Konfigurasi elektron yang stabil menyebabkan merkuri berperilaku mirip gas mulia. Karena mirip dengan unsur-unsur gas mulia, maka merkuri biasanya membentuk ikatan kimia yang relatif lemah dengan unsur-unsur kimia lainnya.
13. Merkuri akan membentuk amalgam dengan semua logam lainnya, kecuali besi. Hal ini membuat besi menjadi pilihan yang baik dalam membuat wadah untuk menampung dan mengangkut logam merkuri.
Merkuri dapat membentuk amalgam dengan emas, perak, seng dan kadmium. Melalui amalgam tersebut, merkuri bisa digunakan untuk mengekstrak emas dari batu. Ketika merkuri bersentuhan dengan emas, emas akan larut ke dalam merkuri dan kemudian keduanya dapat dipisahkan melalui proses penyulingan. Dalam proses penyulingan raksanya menguap sedangkan emasnya tetap.
Selain itu, kecenderungan raksa untuk membentuk amalgam dengan unsur belerang, membuat belerang padat menjadi pilihan yang ideal untuk membersihkan tumpahan merkuri dan mencegah penyebaran uap merkuri yang beracun. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menabur belerang di atas tumpahan atau cairan raksa. 
14. Nama Merkuri ditujukan kepada dewa-dewa Romawi. Merkuri adalah satu-satunya unsur untuk mempertahankan nama alkemisnya sebagai nama umum modern.
Unsur ini diketahui dalam peradaban kuno, dimulai paling tidak sejak 2000 SM. Botol merkuri murni telah ditemukan di sebuah makam di Mesir dari tahun 1500-an SM.
15. Merkuri digunakan pada lampu neon, termometer, katup pelampung (float valves), amalgam gigi, obat-obatan, untuk produksi bahan kimia lainnya, dan untuk membuat cermin cair (liquid mirrors).
16. Merkuri digunakan dalam termometer dan barometer karena koefisien ekspansinya hampir konstan - yaitu, perubahan volume untuk setiap tingkat kenaikan atau penurunan suhu adalah sama.
Air raksa sangat peka terhadap perubahan suhu. Mengembang saat dipanaskan dan mengerut saat didinginkan.
17. Merkuri juga digunakan pada jenis peralatan ilmiah lainnya, seperti pompa vakum, barometer, dan penyearah dan sakelar listrik.
18. Lampu uap merkuri digunakan sebagai sumber sinar ultraviolet (UV) dan untuk mensterilkan air.
19. Karena efek merkuri yang sangat beracun, penggunaan logam dan senyawanya telah berkurang di beberapa industri, termasuk obat-obatan, kedokteran gigi, dan pertanian.
20. Penggunaan merkuri pada lampu fluoresen dan baterai merkuri juga telah berkurang secara signifikan karena telah dikembangkan alternatif. Mungkin yang paling penting adalah penggantian sel diafragma untuk sel merkuri tradisional dalam produksi klorin-alkali, yang pernah memperhitungkan sebagian besar konsumsi merkuri total.
21. Merkuri(II) fulminate (Mercury(II) fulminate) adalah bahan peledak yang digunakan sebagai primer dalam senjata api.
22. Senyawa merkuri desinfektan thimerosal (disinfectant mercury compound thimerosal) merupakan senyawa organomercury yang terdapat dalam vaksin, tinta tato, larutan lensa kontak (contact lens solutions), dan kosmetik.
Senyawa merkuri umum lainnya termasuk mercuric chloride (HgCl2) - garam yang sangat beracun dan pernah digunakan sebagai desinfektan luka. Contoh lain adalah mercurous chloride (Hg2Cl2), juga dikenal sebagai calomel - antiseptik yang digunakan untuk membunuh bakteri.
23. Penyakit Minamata, yang dinamai menurut kota Minamata, Jepang, di mana ia pertama kali ditemukan, adalah sindrom neurologis yang disebabkan oleh keracunan merkuri yang parah.
24. Kontak jangka pendek dan terbatas dengan merkuri dapat menyebabkan gejala akut seperti gusi berdarah, muntah, dan sakit perut. Keracunan merkuri berpotensi fatal dan bisa menyebabkan kerusakan otak, hati, dan ginjal ireversibel. Karena sulit bagi tubuh untuk menghilangkannya, merkuri bertindak sebagai racun kumulatif; akhirnya bisa menumpuk di tubuh sampai tingkat yang berbahaya.
25. Keracunan merkuri kronis terjadi ketika sejumlah kecil logam atau garamnya yang larut dalam lemak, terutama methylmercury, berulang kali tertelan, baik secara oral maupun melalui penyerapan melalui kulit, dalam jangka waktu yang lama. Tertelan bisa terjadi melalui kontaminasi rantai makanan. Karena senyawa merkuri organik seperti dimethylmercury pernah banyak digunakan, sejumlah besar merkuri telah ditemukan pada ikan paus dan beberapa spesies ikan.
26. Salah satu senyawa merkuri yang sangat beracun adalah dimetil merkuri (dimethylmercury).
Dimetil merkuri memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan kebanyakan racun lain pada umumnya yang akan membunuh korbanya sesaat setelah dikonsumsi. Dimetil merkuri bekerja sangat lambat dan membutuhkan proses yang sangat lama untuk membunuh manusia. Hanya dibutuhkan 0.1 ml atau dua tetes dimetil merkuri sudah bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh manusia.
Di dalam tubuh dimetil merkuri akan menggerogoti tubuh korbanya secara perlahan selama berbulan-bulan sejak pertama kali terpapar. Salah satu bahaya terbesar dari racun ini adalah setelah terpapar kita tidak akan menyadarinya karena gejalanya nyaris tak ada. Saat gejala keracunan dari dimetil merkuri mulai terlihat, maka saat itu sudah terlambat untuk melakukan pengobatan.
27. Perhatian mengenai pelepasan merkuri yang tidak terkendali ke lingkungan, terutama dari pembangkit listrik tenaga batu bara, telah menyebabkan peraturan lingkungan yang lebih ketat di banyak negara.
28. Merkuri bisa menjadi silent killer yang sangat efektif. Hanya dengan konsumsi sekitar 170 gram perminggu, zat ini dapat membunuh secara perlahan namun pasti.
Salah satu korban dari Merkuri adalah Amadeus Mozart, yang meninggal secara perlahan-lahan akibat diberi pil merkuri untuk mengobati penyakit sifilisnya.

SUMBER RUJUKAN
- Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 20 Maret 2017. “10 Mercury Facts (Element): Mercury Element Facts and Figures” (www.thoughtco.com/mercury-element-facts-608433) diakses Pada Kamis, 24 Agustus 2017.
- Anonim. Mercury facts - cool metal Mercury fun facts. Online. (mercury.facts.co/funmetalmercuryfacts.php) diakses pada Jumat 23 Februari 2018.
- Agata Blaszczak-Boxe. 2014. Facts About Mercury (Hg). Online. (www.livescience.com/39232-facts-about-mercury.html)  diakses pada Jumat 23 Februari 2018.




Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *