Perbedaan Antara Low-density lipoproteins (LDL) dan low-density lipoprotein (VLDL) yang terdapat dalam Darah


PENDAHULUAN
# VLDL dan LDL mengangkut lemak seperti kolesterol dan trigliserida melalui aliran darah.
# Keduanya terkait dengan jenis kolesterol "buruk" atau berbahaya.
# VLDL mengandung lebih banyak trigliserida daripada LDL, sementara LDL mengandung lebih banyak kolesterol.

Low-density lipoproteins (LDL) dan low-density lipoprotein (VLDL) merupakan dua jenis lipoprotein yang berbeda dan ditemukan di dalam darah. Lipoprotein adalah partikel yang terdiri dari protein dan berbagai jenis lemak. Mereka membawa kolesterol dan trigliserida melalui aliran darah. 
Kolesterol adalah zat lemak yang diperlukan untuk membangun sel. Ini dibuat atau disintesis di hati dari lemak yang terdapat di dalam makanan. Trigliserida adalah jenis lemak lain yang digunakan untuk menyimpan energi ekstra di sel.
Perbedaan utama antara VLDL dan LDL adalah bahwa mereka memiliki persentase kolesterol, protein, dan trigliserida yang berbeda yang membentuk setiap lipoprotein. LDL mengandung lebih banyak kolesterol, sementara VLDL mengandung lebih banyak trigliserida.
VLDL dan LDL keduanya terkait dengan kolesterol "buruk". Namun di sisi lain tubuh membutuhkan kolesterol dan trigliserida agar berfungsi dengan baik, memiliki terlalu banyak kandungan dapat menyebabkannya terbentuknya plak di arteri. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

DEFINISI VLDL (Low-density lipoprotein)
VLDL diproduksi di hati untuk membawa trigliserida ke seluruh tubuh. 
VLDL ini terdiri dari komponen berikut:


Trigliserida yang dibawa oleh VLDL digunakan oleh sel-sel di dalam tubuh untuk dirombak atau diubah menjadi energi. Mengkonsumsi lebih banyak lemak daripada yang mampu bakar oleh tubuh dapat menyebabkan jumlah trigliserida berlebihan dan kadar VLDL dalam darah tinggi. Trigliserida ekstra disimpan di sel lemak dan dilepaskan di lain waktu bila tubuh membutuhkan energi.
Trigliserida tingkat tinggi terkait dengan pembentukan endapan keras di arteri seseorang, yang disebut plak. Meski hubungan pastinya tidak jelas, memiliki tingkat trigliserida tinggi dapat meningkatkan terjadinya risiko penyakit jantung dan stroke. Ini juga terkait dengan kondisi yang disebut sindrom metabolik.
Menurut Mayo Clinic, tingkat VLDL lebih dari 30 miligram per desiliter darah (mg/dl) dianggap tinggi. Sebagian besar orang yang memiliki tingkat VLDL tinggi mendapat penyakit kardiovaskular.

DEFINISI LDL (Low-density lipoproteins)
Beberapa VLDL dibersihkan dalam aliran darah. Sisanya ditransformasikan menjadi LDL oleh enzim dalam darah. 
LDL kurang memiliki trigliserida dan persentase kolesterol yang lebih tinggi daripada VLDL. LDL sebagian besar terdiri dari komponen berikut:

LDL membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda. Terlalu banyak kolesterol dalam tubuh Anda menyebabkan kadar LDL tinggi. Kadar LDL tinggi dikaitkan dengan pembentukan plak di arteri Anda. Endapan ini pada akhirnya dapat menyebabkan aterosklerosis.
Atherosclerosis terjadi saat endapan plak mengeras dan menyempit arteri. Hal ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.
Menurut National HeartBloodand Lung Institute, berikut adalah pengukuran LDL yang dapat diterima, batas, dan tinggi untuk orang dewasa. 
Tingkat LDL dinyatakan sebagai miligram lipoprotein per desiliter darah (mg/dL):


Rentang terbaik untuk kolesterol LDL adalah di bawah 100 mg/dL. Dokter Anda kemungkinan akan menyarankan perubahan pada rutinitas diet dan olahraga Anda saat kadar Anda masuk ke kisaran 130 sampai 159 mg/dL.
Jika kadar kolesterol LDL Anda mencapai 160 mg/dL atau lebih, seorang dokter kemungkinan akan merekomendasikan agar Anda mulai memakai statin. Statin adalah obat yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

MENGUJVLDL DAN LDL
Kebanyakan orang akan mendapatkan tingkat LDL mereka yang diuji pada ujian fisik tahunan mereka. Ini dianggap sebagai tes rutin untuk memantau level Anda. LDL biasanya diuji sebagai bagian dari tes kolesterol.
Tidak ada tes khusus untuk kolesterol VLDL. VLDL biasanya diperkirakan berdasarkan tingkat trigliserida seseorang. Trigliserida juga biasanya diuji dalam tes kolesterol. 
Banyak dokter tidak melakukan perhitungan untuk menemukan tingkat VLDL yang diperkirakan kecuali Anda memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular lainnya atau Anda memintanya secara khusus.

Faktor resiko penyakit kardiovaskular meliputi:
# usia
# berat badan
# penderita diabetes atau tekanan darah tinggi
# memiliki sejarah keluarga yang menderita penyakit kardiovaskular

BAGAIMANA MENURUNKAN KADAR LDL DAN VLDL
Strategi untuk menurunkan kadar VLDL dan LDL yaitu berolahraga secara teratur dan makan sehat. Dokter merupakan tempat terbaik untuk memulai rekomendasi tentang penurunan berat badan yang sehat.

TIPS
Makan kacang, alpukat, oatmeal, dan ikan kaya omega-3 seperti salmon dan halibut. Hindari lemak jenuh, yang ditemukan pada makanan seperti daging sapi, mentega, dan keju. Olahraga minimal 30 menit sehari.
  
SUMBER
www.healthline.com dengan judul artikel "The Difference Between VLDL and LDL" (www.healthline.com/health/vldl-vs-ldl#overview1) diakses Jumat, 06 Oktober 2017.
Medically Reviewed by Elaine K. Luo, MD on 27 Maret 2017 — Written by Diana Wells.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *