15 Fakta-Fakta Menarik Unsur Perak

WARNING!

Artikel-artikel lain yang masih berkaitan dengan unsur perak:

1. 15 Fakta-Fakta Menarik Unsur Perak

2. Sifat Fisika dan Sifat Kimia (Reaksi Kimia) Unsur Perak

3. Kelimpahan dan Penambangan Unsur Perak

4. Senyawa Dari Unsur Perak 1

5. Senyawa Dari Unsur Perak 2

6. 4 Senyawa Dari Unsur Perak yang Beracun

 

Mohon maaf, karena saya tidak mengaktifkan link pada judul artikelnya. Jika teman-teman tertarik ingin membacanya, silahkan copy judul artikel, lalu masukan pada kotak "PENCARIAN" yang ada di blog ini.



Perak sudah dikenal sejak jaman dahulu dan merupakan salah satu dari lima logam pertama yang ditemukan. Umat manusia belajar memisahkan perak dari timbal pada 3000 SM. Benda-benda perak telah ditemukan sejak tahun 4000 sebelum masehi. 
Berdasarkan hal ini maka diyakini bahwa unsur perak telah ditemukan sekitar 5.000 SM.
1. Dalam banyak budaya dan beberapa teks alkimia, perak dilambangkan dengan Bulan sabit sementara emas dilambangkan dengan Matahari.
2. Perak merupakan unsur logam transisi yang lunak, putih, berkilau, dan memiliki lambang atau simbol Ag, nomor atom 47, dan massa atom 107,868.
3. Perak merupakan unsur kimia yang sangat sangat mengkilap dan paling reflektif dibanding unsur-unsur yang lain. Sifat inilah yang dijadikan sebagai alasan mengapa perak dapat digunakan untuk membuat cermin, teleskop, mikroskop, dan sel surya. 
Polished silver mampu memantulkan 95% dari spektrum cahaya tampak (cahaya VIS). Namun, perak adalah reflektor cahaya ultraviolet yang buruk.
4. Perak yang terbentuk secara alami sebagai paduan dengan emas yang disebut electrum. Orang-orang Yunani kuno menganggap elektrum sebagai "emas putih" dan digunakan sejauh 3000 SM untuk koin, tempat minum, dan ornamen.
5. Logam perak tidak beracun bagi manusia sehingga bisa dijadikan hiasan makanan. Para raja zaman dulu sering menggunakan sendok dan pirik perak.
6. Ion perak dan senyawa perak bersifat toksik terhadap berbagai jenis bakteri, alga, dan jamur. Koin perak dulu disimpan dalam wadah air dan anggur untuk mencegah kerusakan.
7. Perak bersifat germicidal (anti kuman) artinya dapat membunuh bakteri dan organisme tingkat rendah lainnya tanpa membahayakan organisme yang lebih tinggi.
8. Perak nitrat telah digunakan untuk mencegah infeksi pada luka bakar dan luka lainnya. Perak iodida digunakan dalam penyemaian awan untuk menghasilkan hujan. 
Perak klorida bisa dibuat transparan dan juga digunakan sebagai semen untuk kaca. Perak nitrat atau lustar kaustik digunakan secara luas dalam fotografi (sekarang mungkin tidak digunakan lagi).
9. Dalam pemurnian air, perak digunakan untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan beberapa jenis alga di dalam filter. Selain itu, untuk mensanitasi air maka ion perak juga sering ditambahkan ke dalam sistem pemurnian air di rumah sakit, sistem air komunitas, air kolam renang dan spa.
10. Perak adalah konduktor listrik terbaik dibanding semua unsur-unsur kimia. Oleh sebab itu perak digunakan sebagai standar untuk mengukur konduktivitas listrik unsur-unsur lainnya. 
Pada skala 0 sampai 100, perak menempati urutan 100 dalam hal konduktivitas listrik. Tembaga peringkat 97 dan emas peringkat 76.
11. Hanya emas yang lebih ulet dari pada perak. Satu ons perak bisa ditarik menjadi kawat yang panjangnya mencapai 8.000 kaki.
12. Bentuk perak yang paling sering ditemui adalah sterling silver. Perak ini terdiri dari 92,5% perak dan sisanya terdiri dari logam lain, biasanya tembaga.
13. Pada suhu kamar campuran antara raksa dengan bubuk perak dan logam lain seperti timah dan emas digunakan untuk menambal gigi yang lubang.
Campuran logam ini bentuknya seperti pasta dan sering disebut sebagai amalgam gigi. Pasta amalgam gigi mulai mengeras dalam hitungan menit, dan keras permanen dalam beberapa jam.
14. Beberapa perusahaan menggunakan perak sebagai konduktor untuk memproduksi kabel konektor audio, kabel speaker, dan kabel listrik karena perak memiliki konduktivitas listrik 6% lebih tinggi dari pada kawat tembaga biasa dengan dimensi identik. 
Meskipun masih diperdebatkan, banyak orang percaya bahwa kabel yang menggunakan kawat perak mampu meningkatkan kualitas suara.
15. Meskipun perak murni adalah paduan yang terutama terdiri dari perak. Namun banyak paduan dengan kata "perak" hanya karena mereka berwarna perak. 
Perak Jerman dan perak Tibet adalah contoh paduan yang sebenarnya tidak mengandung unsur perak.

SUMBER RUJUKAN
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. Diperbarui pada 27 April 2017. “10 Silver Facts – Chemical : Element Interesting Facts About Silver”. (www.thoughtco.com/interesting-silver-element-facts-603365) diakses pada Jumat, 29 Agustus 2017.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *