34 Fakta Menarik Panda

Gambar Panda Raksasa yang sedang makan ranting bambu (Sumber gambar www.factretriever.com)


1. Panda raksasa (sering disebut sebagai "panda") adalah beruang hitam dan putih. Di alam liar, mereka ditemukan di hutan bambu tebal dan tinggi di pegunungan Cina.
2. Mamalia keren ini adalah omnivora. Tapi sesekali mereka makan beberapa hewan kecil dan ikan. 99 persen makanan mereka adalah bambu.
Meskipun 99% diet mereka adalah bambu, sistem pencernaan panda dirancang untuk daging. Oleh sebab itu, panda hanya menyerap 20% -30% nutrisi bambu. Pemakan tumbuhan lainnya seperti rusa menyerap sekitar 80%. Hal ini berarti panda harus makan banyak untuk mendapatkan cukup nutrisi agar bisa bertahan.
3. Panda adalah mamalia pemakan BESAR. Setiap hari mereka mengisi perut mereka hingga 12 jam dan jumlah makanan yang dikonsumsi mencapai 12 kilogram bambu.
4. Nama ilmiah panda raksasa adalah melanoleuca Ailuropoda, yang berarti "kucing kaki hitam dan putih".
5. Panda raksasa tumbuh antara 1,2 m dan 1,5 m, dan beratnya antara 75 kg dan 135 kg. Ilmuwan tidak yakin berapa lama panda hidup di alam bebas, namun mereka memperkirakan sekitar 20 tahun sedangkan di penangkaran mereka hidup sekitar 30 tahun.
6. Bayi Panda yang baru lahir berwarna pink dan berukuran sekitar 15 cm - artinya bayi panda seukuran pensil. Mereka juga lahir dalam keadaan buta dan hanya membuka mata mereka enam sampai delapan minggu setelah mereka lahir.
Gambar seekor anak panda yang baru lahir sehingga ia berwarna pink (Sumber gambar www.factretriever.com)

7. Diperkirakan bahwa mamalia hebat ini adalah binatang soliter, jantan dan betina hanya berkumpul sebentar untuk kawin. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa panda raksasa kadang-kadang bertemu di luar musim kawin, dan berkomunikasi satu sama lain melalui tanda dan seruan.
Peneliti Panda telah menghitung 11 panggilan panda yang berbeda-beda dan empat di antaranya hanya digunakan saat mencari pasangan.
Selain itu, panda betina berovulasi hanya sekali setahun. Mereka subur hanya dua atau tiga hari dalam setahun.
Proses kawin panda hanya memakan waktu sekitar dua atau tiga hari. Begitu mereka selesai kawin, panda betina langsung mengusir panda jantan keluar dari wilayah mereka sehingga panda betina membesarkan anak mereka sendiri.
8. Panda betina melahirkan satu atau dua anaknya setiap dua tahun. Bayi panda kemudian tinggal bersama ibu mereka selama 18 bulan sebelum mereka berkelana sendirian di alam bebas. 
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa, dibutuhkan sekitar lima tahun untuk anak panda betina menjadi dewasa dan sampai tujuh tahun untuk anak panda jantan.
9. Tidak seperti kebanyakan beruang lainnya, panda tidak hibernate. Saat musim dingin mendekat, mereka menuju ke bawah rumah gunung mereka hingga suhu yang lebih hangat, di mana mereka terus menepis bamboo.
10. Sayangnya, beruang cantik ini (panda) terancam punah, dan diperkirakan hanya tersisa sekitar 1.000 ekor di alam bebas. Para ilmuwan berharap, pada tahun 2025, panda liar berjumlah sekurang-kurangnya 5.000 ekor.
Itulah mengapa kita perlu melakukan semua hal yang kita bisa untuk melindungi mereka. Saat ini panda raksasa telah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah sejak tahun 1990. Ancaman paling signifikan terhadap panda adalah hilangnya habitat dan perburuan liar.
11. Panda telah menjadi simbol perdamaian di China. Misalnya, ratusan tahun yang lalu, suku-suku yang berperang di China akan menaikkan bendera dengan gambar panda di atasnya untuk menghentikan pertempuran atau meminta gencatan senjata.
Panda raksasa telah menjadi simbol organisasi konservasi internasional WWF, atau World Wide Fund for Nature, sejak didirikan pada tahun 1961.
12. Panda merah dan panda raksasa berbagi habitat dan makanan yang sama, dan kedua hewan juga terancam punah. Namun, tes ilmiah menunjukkan bahwa panda merah ada di keluarga rakun sedangkan panda raksasa ada di keluarga beruang. 
Beberapa ilmuwan percaya bahwa panda raksasa begitu spesial sehingga harus menjadi anggota kelompok keluarganya sendiri.
13. Panda bisa berdiri tegak, tapi kaki belakang pendek mereka tidak cukup kuat untuk menopang tubuh mereka. Tulang panda dua kali lebih berat seperti tulang binatang lainnya dengan ukuran yang sama.
14. Panda tidak berlari cepat-berlari lambat secepat mungkin. Beruang tercepat adalah beruang hitam, yang bisa berlari 35 mil per jam. Itu sama cepatnya dengan kuda atau rusa.
15. Panda kurang mengandalkan memori visual daripada memori spasial untuk menemukan area jangkauan rumah pasangan dan potongan bambu pilihan. Memori spasial didefinisikan sebagai kemampuan mengingat lokasi.
16. Banyak filsuf China percaya bahwa alam semesta terbuat dari dua kekuatan yang berlawanan, yaitu Yin dan Yang. Panda adalah salah satu simbol filosofi ini dengan bulu hitam-putihnya yang kontras.
Orang Cina percaya bahwa sifat lembut panda menunjukkan bagaimana Yin dan Yang membawa kedamaian dan harmoni saat mereka seimbang.


Gambar simbol yin dan yang (Sumber gambar www.factretriever.com)




17. Nenek moyang panda raksasa adalah Ailurarctos ("kucing beruang"), yang merupakan genus panda China yang punah yang hidup 8 juta tahun yang lalu. Tengkorak nenek moyang lain, mikrata Ailuropoda, menunjukkan bahwa itu adalah seukuran panda raksasa modern.
Penelitian menunjukkan bahwa selama 3 juta tahun terakhir, panda raksasa telah berkembang sebagai tanaman terpisah dari beruang lainnya.
18. Panda memiliki kaki pijar. Ini berarti seluruh kaki (kaki dan tumit kaki) menyentuh tanah saat berjalan, yang mirip dengan cara manusia, beruang lainnya, dan tikus berjalan. Hewan lain, seperti anjing, kucing, dan kuda berjalan dengan berat badan di jari kaki mereka.
19. Ibu panda di penangkaran melahirkan anak kembar lebih sering daripada ibu di alam liar.
20. Lebih dari setengah panda yang baru lahir meninggal karena penyakit atau karena sengaja dihancurkan oleh ibu mereka.
21. Dari tahun 1974-1989, separuh habitat panda di wilayah Sichuan di China hancur oleh aktivitas manusia.
22. Sepasang panda peternakan membutuhkan lahan lebih dari 11 mil persegi. Satu panda raksasa biasanya membutuhkan antara 2,5 sampai 4 mil persegi tanah untuk bertahan hidup.
23. Meski bulu panda raksasa terlihat halus dan lembut, bulu ini cukup tebal dan kecil. Rambut panda raksasa dewasa bisa tumbuh hingga 4 inci (10 cm).
Di bawah bulunya, kulit panda raksasa berwarna hitam dimana bulunya berwarna hitam, dan merah muda dimana bulunya berwarna putih.
24. Para ilmuwan tidak yakin mengapa panda raksasa memiliki tanda yang dimilikinya. Beberapa ahli biologi percaya bahwa warna panda adalah kamuflase cahaya dan gelap untuk membantu panda bersembunyi di bawah bayang-bayang di hutan bambu. 
Ilmuwan lain percaya bahwa tanda hitam dan putih membantu panda menjaga suhu tetap, atau bahwa warna membantu panda raksasa menghindari panda lainnya. Ahli biologi lainnya percaya bahwa eyespot hitam panda yang besar membuat mata mereka terlihat lebih besar dan tatapan mereka lebih agresif.
25. Tulang tenggorokan panda memiliki lapisan khusus untuk melindunginya dari serpihan bambu.
26. Panda raksasa memiliki 42 gigi.Seperti manusia, panda raksasa memiliki dua pasang gigi seumur hidup mereka.
27. Sebagian besar makanan yang dimakan panda raksasa tidak dicerna. Panda dewasa raksasa di musim semi dapat menghasilkan sekitar 62 pon kotoran dalam 24 jam.
28. Masa kehamilan untuk panda raksasa bervariasi dari 97-163 hari. Keberagam ini disebabkan oleh implantasi yang tertunda, yang berarti setelah seekor panda raksasa hamil, anak itu mulai tumbuh hanya jika ibu panda bisa mendapatkan cukup makanan. Begitu anak itu mulai berkembang, dibutuhkan sekitar 45-60 hari sebelum lahir.
30. Wajah panda raksasa itu lucu, tapi tidak gemuk. Ia mendapat bentuk wajah dari otot pipinya yang besar. Sebenarnya, otot rahang, dan pipi panda raksasa sangat kuat sehingga panda bisa dengan mudah mengunyah piring aluminium menjadi potongan-potongan kecil. 
Mereka juga bisa dengan mudah menggigit tangkai bambu yang tebal. Manusia mengalami kesulitan memotong tangkai yang sama dengan kapak. Seekor panda raksasa bisa mengupas dan memakan rebung sekitar 40 detik.
31. Panda dewasa begitu besar sehingga mereka tidak memiliki banyak musuh alami. Macan tutul salju, bagaimanapun, akan memangsa anak panda yang rentan atau panda dewasa yang sedang sakit.
32. Menjaga bahkan satu panda di kebun binatang pun mahal harganya. Seekor panda harganya lima kali lebih banyak daripada binatang termahal berikutnya, seekor gajah.
33. Berbeda dengan keluarga beruang lainnya, panda tidak menggunakan ekspresi wajah untuk berkomunikasi. Ketika satu panda ingin mengancam yang lain, ia menatap lawannya dengan kepala tertunduk. 
Periset percaya seekor panda bisa melakukan itu sehingga telinga hitamnya akan terlihat seperti sepasang mata lain melawan bulu putih lehernya.
34. Panda terkadang terlihat berguling menuruni lereng. Beberapa orang mengatakan mungkin mereka sedang bermain atau mereka juga sedabg mencoba menghilangkan ranting dari bulu mereka.



SUMBER RUJUKAN
# www.natgeokids.com dengan judul artikel "10 FACTS ABOUT PANDAS!" (www.natgeokids.com/za/discover/animals/general-animals/ten-panda-facts/) diakses pada Rabu, 04 Oktober 2017.
## www.factretriever.com dengan judul "67 Cute Facts about Giant Pandas" (www.factretriever.com/giant-panda-facts) diakses pada Rabu, 04 Oktober 2017.



Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *