22 Fakta Unik Oksigen




WANIBESAKc - Oksigen yang memiliki nomor atom 8 dan disimbolkan dengan huruf O adalah salah satu unsur yang membuat kita tidak dapat hidup tanpanya. Kita akan menemukannya di udara yang dihirup, air yang kita minum, dan makanan yang kita makan.
Berikut adalah beberapa fakta tentang elemen penting ini.
1. Oksigen ditemukan oleh Carl Wilhelm Scheele pada tahun 1773, tapi dia tidak segera mempublikasikan karyanya sehingga sehingga penemu oksigen (sering) diberikan kepada Joseph Priestly pada tahun 1774.
2. Nama oxygen diciptakan atau diberikan oleh bapak kimia modern Antoine Lavoisier pada tahun 1777 dan eksperimennya menggunakan oksigen berhasil meruntuhkan teori flogiston tentang pembakaran.
3. Udara kering terdapat sekitar 21% oksigen, 78% nitrogen, dan 1% gas lainnya.
4. Gas oksigen tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.
5. Oksigen relatif melimpah di atmosfer, sangat reaktif sehingga tidak stabil dan harus terus menerus diisi ulang oleh fotosintesis dari tumbuhan. 
Kita mungkin akan menebak bahwa pohon adalah produsen utama oksigen, namun diyakini bahwa sekitar 70% oksigen bebas berasal dari fotosintesis dari ganggang hijau dan cyanobacteria.
Tanpa kehidupan yang berfungsi untuk mendaur ulang oksigen, atmosfer akan mengandung sedikit gas ini.

6. Para ilmuwan percaya bahwa mendeteksi oksigen di atmosfer suatu planet mungkin merupakan indikasi bahwa ia mendukung kehidupan, karena suatu makluk hidup pasti membutuhkan oksigen.
Walaupun demikian beberapa ahli percaya bahwa mungkin saja terdapat makluk hidup di luar planet bumi tidak membutuhkan oksigen. Bahkan keberadaan oksigen bisa mengancam kehidupan mereka.
7. Walaupun penting bagi kehidupan, namun jika terlalu banyak bisa menjadi racun atau mematikan.
Gejala keracunan oksigen meliputi kehilangan penglihatan, batuk, kedutan otot, dan kejang. Pada tekanan normal, keracunan oksigen terjadi saat kadar gas O2 di udara  melebihi 50%.
8. Diyakini bahwa organisme pada zaman prasejarah jauh lebih besar karena oksigen hadir pada konsentrasi yang lebih tinggi. Misalnya, 300 juta tahun yang lalu, seekor capung sama besar dengan burung.
9. Cairan oksigen berwarna biru pucat. Pada suhu yang lebih rendah dan tekanan yang lebih tinggi, oksigen mengubah penampilannya dari kristal monoklin biru menjadi oranye, merah, hitam, dan bahkan tampilan metalik.
10. Oksigen cair dikelompokan sebagai gas industri dan secara luas dimanfaatkan untuk keperluan industri dan medis.
Oksigen cair digunakan dalam beberapa jenis pesawat komersial, kapal selam, penerbangan luar angkasa, dan militer sebagai sumber pernapasan.
Kombinasi antara oksigen cair dengan hidrogen cair atau minyak tanah digunakan sebagai propelan kriogenik untuk bahan bakar roket pesawat luar angkasa.
Salah satu cara untuk memurnikan oksigen cair adalah dengan menyaringnya dari udara cair dengan cara distilasi fraksional. Cara mudah membuat oksigen di rumah adalah dengan menaruh daun segar ke dalam secangkir air di tempat yang cerah.
Pernah melihat gelembung yang terbentuk di tepi daun? Gelembung tersebut mengandung oksigen.
11. Bentuk padat dari oksigen bersifat rapuh.
12. Oksigen adalah unsur nologam yang memiliki konduktivitas termal dan listrik yang rendah, namun elektronegatifitas dan energi ionisasinya tinggi. Oleh sebab itu atom oksigen mudah mendapatkan elektron untuk membentuk ikatan kovalen.
13. Oksigen gas biasa berupa molekul divalen (O2). Ozon (O3) adalah bentuk lain dari oksigen murni. Atom oksigen juga disebut "oksigen singlet" yang memang bisa terbentuk di alam, walaupun atom tersebut mudah terikat pada unsur lain. Oksigen singlet dapat ditemukan di atmosfer bagian atas. Atom oksigen tunggal biasanya memiliki bilangan oksidasi -2.
14. Lapisan ozon yang berada di atomsfer bertindak sebagai perisai untuk melindungi bumi dari radiasi ultraviolet. Walaupun demikian keberadaannya di permukaan bumi sangat berbahaya karena bersifat racun (toksit), sangat reaktif, dan dapat merusak jaringan paru-paru.
15. Oksigen mendukung pembakaran. Namun oksigen (O2) murni sendiri benar-benar tidak mudah terbakar dan dianggap sebagai agen pengoksidasi.
16. Oksigen bersifat paramagnetik, yang berarti ia tertarik pada magnet namun tidak bisa mempertahankan sifat sebagai magnet permanen.
17. Sekitar 2/3 massa tubuh manusia adalah oksigen. Hal ini menjadikannya unsur paling melimpah di dalam tubuh manusia. Sebagian besar oksigen itu adalah bagian dari air (H2O).
Meskipun ada lebih banyak atom hidrogen di dalam tubuh daripada atom oksigen, jumlahnya tdak memberi sumbangan yang berarti pada massa atom.
Oksigen juga merupakan elemen paling melimpah di kerak bumi (sekitar 47% massa) dan unsur paling umum ketiga di alam semesta.
18. Oksigen adalah unsur ke-3 yang paling melimpah di alam semesta setelah hidrogen dan helium.
Oksigen yang diproduksi di bintang sekitar 5 kali lebih banyak dibanding di Matahari. Reaksi nuklir yang terjadi di bintang-bintang akan membakar karbon atau helium bersama dengan karbon.
Reaksi fusi ini akan membentuk unsur oksigen dan unsur yang lebih berat lainnya.
19. Oksigen yang bertanggung jawab atas warna aurora merah terang, hijau, dan kuning kehijauan. Ini adalah molekul yang sangat penting, sejauh menghasilkan aurora yang cerah dan berwarna.
20. Oksigen banyak ditemukan dalam bentuk senyawa, seperti air, silika, dan berbagai oksida.
21. Oksigen alami terdiri dari tiga isotop. Isotop yaitu atom dengan jumlah proton (nomor atom) yang sama, namun jumlah neutronnya berbeda. Isotop ini adalah O-16, O-17, dan O-18.
22. Oksigen adalah standar massa atom untuk elemen lainnya sampai tahun 1961 ketika digantikan oleh karbon-12 (C-12).
Oksigen dijadikan pilihan yang baik untuk standar sebelum banyak diketahui tentang isotop karena walaupun ada 3 isotop alami oksigen, sebagian besar adalah oksigen-16 atau O-16. 
Inilah sebabnya mengapa massa atom oksigen (15.9994) begitu dekat dengan 16. Sekitar 99,76% oksigen di alam adalah oksigen-16.

SUMBER RUJUKAN
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 10 Agustus 2016. “10 Oxygen Facts: Facts about Oxygen - Breath of Life”. (www.thoughtco.com/oxygen-facts-606572) diakses pada Sabtu, 30 Agustus 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *