15 Fakta Unik Unsur Nikel

Gambar unsur nikel (Sumber gambar Wikipedia)



Dalam tabel periodik unsur Nikel yang memiliki simbol Ni dengan nomor atom 28, dan massa atom 58,69. Logam ini dalam kehidupan sehari-hari ditemukan di dalam stainless steel, magnet, koin, dan baterai. 
Berikut adalah kumpulan fakta menarik tentang unsur transisi penting ini.
1. Nikel ditemukan di meteorit metalik (metallic meteorites), sehingga telah digunakan oleh manusia purba. Artefak dari 5000 SM yang terbuat dari logam meteorit yang mengandung nikel ditemukan di makam Mesir. 
Namun, nikel tidak diakui sebagai unsur baru sampai ahli mineral asal Swedia Axel Fredrik Cronstedt mengidentifikasinya pada tahun 1751 dari mineral baru yang dia terima dari tambang kobalt (cobalt mine). 
Dia menamakannya menggunakan versi singkat dari kata Kupfernickel. Kupfernickel adalah nama mineral, yang kira-kira diterjemahkan sebagai "tembaga goblin (goblin's copper)" karena para penambang tembaga mengatakan bahwa bijih tersebut bertindak seolah-olah mengandung setan (imps) yang mencegah mereka mengekstraksi tembaga dari bijih logam Kupfernickel.
Ternyata, bijih kemerahan ini adalah nikel arsenide (NiAs), jadi tidak mengherankan jika mereka tidak bisa mengekstraksi tembaga darinya.
2. Senyawa-senyawa yang terbentuk dari unsur nikel umumnya berwarna hijau dan biru.
3. Terdapat 5 (lima) isotop nikel secara alami, dengan 23 isotop lain yang diketahui berumur paruh pendek.
4. Nikel adalah satu dari tiga unsur yang bersifat feromagnetik pada suhu kamar. Dua unsur kimia lainnya adalah besi dan kobalt yang letaknya berada di dekat nikel pada tabel periodik unsur.
5. Nikel kurang magnetis dibanding besi atau kobalt. Namun sebelum magnet bumi diketahui, magnet Alnico yang terbuat dari paduan nikel adalah magnet permanen terkuat. Magnet Alnico dikatakan tidak biasa karena mampu mempertahankan sifat magnet bahkan setelah dipanaskan hingga memerah.
6. Nikel adalah logam utama di Mu-metal yang digunakan untuk melindungi medan magnet. Mu-metal terdiri dari sekitar 80% nikel dan besi 20%, dengan sedikit molibdenum.
7. Paduan nikel dalam Nitinol memiliki sifat yang unik dan dikatakan seolah-olah memiliki memori yang mampu mengingat bentuk awalnya. Nitinol yang dilipat atau dibengkokan akan kembali ke bentuk semula ketika dipanaskan.
8. Nikel bisa terbentuk dalam reaksi supernova. Nikel yang diamati pada supernova adalah nikel radioisotop-56, yang terurai menjadi kobalt-56, yang kemudian terurai lagi menjadi besi-56.
9. Nikel adalah unsur ke 5 paling melimpah di Bumi, namun nikel merupakan elemen paling banyak ke-22 di kerak bumi (84 bagian per juta massa).
Ilmuwan percaya nikel adalah unsur paling melimpah kedua di inti bumi, setelah besi. Hal ini menunjukan bahwa nikel 100 kali lebih terkonsentrasi di bawah kerak bumi daripada di dalamnya.

10. Deposit nikel terbesar di dunia terdapat di Sudbury Basin, Ontario, Kanada, yang luasnya sekitar 37 mil dan lebar 17 mil. Beberapa ahli percaya deposit itu terbentuk karena adanya tabrakan meteorit (meteorite strike). 
Sementara di alam bebas, nikel terutama ditemukan pada bijih pentlandit, pirhotit, garnierite, millerite, dan niccolite.
11. Nikel dan senyawanya bersifat karsinogenik. Menghirup udara yang mengandung senyawaan nikel dapat menyebabkan kanker hidung, paru-paru, dan bronkitis kronis.
12. Meski unsurnya sering digunakan dalam perhiasan (10-20 persen) beberapa orang yang senseitif dapat mengalami iritasi, radang, atau infeksi kulit (dermatitis).
13. Unsur Nikel penting untuk tanaman dan terbentuk secara alami pada buah, sayuran, dan kacang-kacangan.
14. Sebagian besar nikel digunakan untuk membuat paduan tahan korosi, termasuk baja tahan karat (65%), baja tahan panas, dan paduan nonferrous (20%).
Sekitar 9% nikel digunakan untuk plating. 6% lainnya digunakan untuk membuat baterai, elektronik, koin, dan lain sebagainya. 
Nikel juga digunakan dalam kaca karena memberi warna kehijauan dan sebagai katalisator untuk menghidrogenasi minyak nabati.
15. Koin lima sen AS (US five-cent coin) yang disebut nikel sebenarnya lebih banyak tembaga daripada nikel. Nikel modern AS adalah tembaga 75% dan hanya 25% nikel. 
Sedangkan nikel Kanada terutama terbuat dari baja (The Canadian nickel is made primarily of steel).

SUMBER RUJUKAN
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 10 Februari 2016. “10 Nickel Element Facts”. (www.thoughtco.com/interesting-nickel-element-facts-3858573) diakses pada Sabtu, 30 Agustus 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *