19 Fakta Keren Magnesium

Gambar unsur magnesium (Sumber Magnesium thinglink.com)



Magnesium adalah salah unsur logam alkali tanah yang penting untuk nutrisi hewan dan tumbuhan. Unsur ini sering ditemukan dalam makanan yang kita makan dan banyak produk sehari-hari.

FAKTA-FAKTA MENARIK TENTANG MAGNESIUM
1. Magnesium adalah unsur logam alkali tanah atau golongan 2 atau golongan IIA yang berwarna putih keperakan.
2. Nama magnesium dinamai berdasarkan nama kota Magnesia di Tunani, yang menjadi sumber kalsium oksida (magnesia).
3. Susu Magnesia, yang berfungsi sebagai pencahar dan untuk mengobati gangguan pencernaan, adalah senyawa magnesium, hidrogen dan molekul oksigen.
4. Magnesium merupakan unsur ke-9 yang paling melimpah di alam semesta. Beberapa sumber menyatakan, magnesium adalah unsur ke-8 yang paling melimpah di kerak bumi.
5. Ion magnesium adalah ion logam yang bertindak sebagai ion pusat pada molekul klorofil. Ion ini sangat penting dalam proses fotosintesis.
6. Ion magnesium rasanya asam. Sejumlah kecil ion magnesium yang berada dalam air akan memberi sedikit rasa asam pada air mineral.
7. Menyiram air ke dalam api yang terbentuk dari logam magnesium akan bereaksi menghasilkan gas hidrogen sehingga dapat menyebabkan api membakar lebih dahsyat. Oleh sebab itu jangan pernah menyiram dengan air jika kebakaran yang terjadi terdapat logam magnesium.
Selain itu jangan pernah mencoba memadamkan api magnesium dengan menggunakan karbon dioksida. Hal ini disebabkan magnesium bisa terbakar baik nitrogen murni maupun karbon dioksida murni. Solusinya adalah dengan menggunakan pemadam api Kelas D, yakni menggunakan bubuk seperti natrium klorida untuk memadamkan api.
8. Magnesium terbentuk di bintang-bintang besar akibat perpaduan helium dengan neon. Pada bintang supernova, unsur ini terbentuk dari penambahan tiga inti helium menjadi satu karbon.
9. Secara umum magnesium adalah unsur ke-11 yang paling melimpah di tubuh manusia. Hal ini wajar dan masuk akal, karena ion magnesium ditemukan di dalam setiap sel tubuh.
10. Magnesium dibutuhkan untuk ratusan reaksi biokimia dalam tubuh. Rata-rata setiap orang membutuhkan 250-350 mg magnesium setiap hari atau sekitar 100 gram magnesium per tahun.
11. 60% magnesium dalam tubuh manusia ditemukan di rangka, 39% di jaringan otot, dan 1% dari ekstraselular.
12. Asupan magnesium rendah atau penyerapan magnesium yang rendah dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, gangguan tidur, dan sindrom metabolik.
13. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber magnesium yang baik. Dokter kadang merekomendasikan suplemen magnesium untuk berbagai kondisi medis, termasuk tekanan darah tinggi, sindrom pramenstruasi, dan diabetes.
14. Magnesium pertama kali dikenali sebagai unsur kimia pada tahun 1755 oleh Joseph Black. Namun, baru diisolasi pada tahun 1808, oleh Sir Humphry Davy, dengan cara menjalankan arus listrik melalui magnesium oksida. Pada tahun 1831, ahli kimia Perancis Antoine Bussy adalah orang pertama yang menciptakan magnesium murni dalam jumlah yang signifikan.
15. Penggunaan komersial paling umum dari magnesium adalah sebagai bahan paduan dengan aluminium. Paduan yang dihasilkan lebih ringan dan lebih kuat daripada aluminium murni.
Paduan atau campuran antara alumunium dengan magnesium sering disebut "magnalium" atau "magnelium".
Paduan ini biasanya digunakan dalam pembuatan bodi mobil, kaleng minuman, dan barang-barang lainnya yang ringan dan kuat.
16. Magnesium dapat diproduksi dari elektrolisis leburan magnesium klorida yang biasanya diperoleh dari air laut.
17. Beberapa senyawa magnesium lain yang penting adalah magnesium karbonat (MgCO3) dan magnesium fluorida (MgF2). Magnesium karbonat digunakan untuk membuat beberapa jenis cat dan tinta dan ditambahkan ke garam meja untuk mencegah penggumpalan. Lapisan tipis magnesium fluorida digunakan pada lensa optik untuk membantu mengurangi silau dan pantulan.
18. Magnesium oksida (MgO), juga dikenal sebagai magnesia, adalah senyawa paling melimpah kedua di kerak bumi. Magnesium oksida digunakan dalam beberapa antasida, dalam membuat cawan lebur dan bahan isolasi, dalam memperbaiki beberapa logam dari bijih dan beberapa jenis semen.
19. Magnesium sulfat hidrat (MgSO4•7H2O), lebih dikenal sebagai garam Epsom, ditemukan pada tahun 1618 oleh seorang petani di Epsom, Inggris. Pada saat itu, sapi-sapinya menolak untuk minum air dari sumur yang mengandung mineral tertentu. Dia kemudian mencicipi air dan mendapati rasanya terasa sangat pahit. Dia juga memperhatikan bahwa hal itu membantu menyembuhkan goresan dan ruam pada kulitnya. Garam Epsom masih digunakan sampai dengan hari ini untuk mengobati lecet di kulit.


SUMBER RUJUKAN
- Anne Marie Helmenstine, Ph.D. 12 Juni 2017. “10Magnesium Facts: Interesting Facts about Magnesium”.  diakses pada Sabtu, 30 Agustus 2017.
- The Element Magnesium. diakses pada Selasa, 23 Maret 2018.

- Stephanie Pappas. 2014. Facts About Magnesium. Online.  diakses pada Selasa, 23 Maret 2018.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *