Hal-Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Lemak

Bakar lemak
Sumber Gambar: Shutterbug75 di Pixabay


Seperti protein dan karbohidrat, lemak nuga merupakan nutrisi penting yang memberi energi bagi tubuh. Lemak tidak hanya berfungsi sebagai fungsi metabolik, tapi juga berperan struktural dalam membangun membran sel. Lemak ditemukan terutama di bawah kulit dan sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. 
Lemak juga membantu melindungi organ tubuh, sekaligus melindungi tubuh terhadap kehilangan panas. Sementara beberapa jenis lemak tidak sehat, ada pula yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik.
Temukan beberapa fakta menarik yang mungkin tidak Anda ketahui tentang lemak.

1. LEMAK ADALAH LIPID, TAPI TIDAK SEMUA LIPID ADALAH LEMAK
Lipid adalah kelompok senyawa biologis yang beragam dan secara umum ditandai oleh ketidakmampuannya larut dalam air. Kelompok lipid utama meliputi lemak, fosfolipid, steroid, dan wax. 
Lemak, juga disebut trigliserida, terdiri dari tiga asam lemak dan gliserol. Trigliserida yang padat pada suhu kamar disebut lemak, sedangkan trigliserida yang cair pada suhu kamar disebut minyak.

2. ADA MILIARAN SEL LEMAK DALAM TUBUH
Seorang bayi yang baru lahir biasanya memiliki sekitar 5 miliar sel lemak. Untuk orang dewasa sehat dengan komposisi tubuh normal, jumlah sel lemak berkisar antara 25-30 miliar. 
Orang dewasa yang kelebihan berat badan rata-rata dapat memiliki sekitar 80 miliar sel lemak dan orang dewasa gemuk dapat memiliki sebanyak 300 miliar sel lemak.

3. APAKAH ANDA MENGONSUMSI MAKANAN RENDAH LEMAK ATAU MAKANAN TINGGI LEMAK, PERSENTASE KALORI DARI LEMAK YANG DIKONSUMSI TIDAK TERKAIT DENGAN PENYAKIT
Berkaitan dengan pengembangan penyakit kardiovaskular dan stroke adalah jenis lemak yang dikonsumsi bukan persentase kalori dari lemak yang meningkatkan risiko. 
Lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) dalam darah. Selain meningkatkan kolesterol LDL yang diyakini sebagai kolesterol jahat, lemak trans juga menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit. 
Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal menurunkan kadar LDL dan mengurangi risiko penyakit.

4. JARINGAN LEMAK TERSUSUN DARI ADIPOSIT
Jaringan lemak (jaringan adiposa) sebagian besar terdiri dari adiposit. Adiposit adalah sel lemak yang mengandung tetesan lemak yang tersimpan. 
Sel-sel ini membengkak atau mengecil tergantung pada apakah lemak disimpan atau digunakan. Jenis sel lainnya yang terdiri dari jaringan adiposa meliputi fibroblas, makrofag, saraf, dan sel endotel.

5. JARINGAN LEMAK BISA BERWARNA PUTIH, COKLAT, ATAU KREM
Jaringan adiposa putih menyimpan lemak sebagai energi dan membantu mengisolasi tubuh, sementara lemak adiposa membakar lemak dan menghasilkan panas. 
Adrenalin kuning berbeda secara genetis dari adiposa coklat dan putih, namun membakar kalori untuk melepaskan energi seperti adiposa coklat. 
Baik lemak coklat maupun krem mendapatkan warna dari kelimpahan pembuluh darah dan adanya zat besi yang mengandung mitokondria di seluruh jaringan.

6. JARINGAN LEMAK MENGHASILKAN HORMON YANG MELINDUNGI DARI OBESITAS
Jaringan adiposa berperan sebagai organ endokrin dengan menghasilkan hormon yang mempengaruhi aktivitas metabolik. 
Fungsi utama sel adiposa adalah menghasilkan hormon adiponektin yang mengontrol metabolisme lemak dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. 
Adiponektin membantu meningkatkan penggunaan energi pada otot tanpa mempengaruhi nafsu makan, mengurangi berat badan, dan melindungi tubuh terhadap obesitas.

7. JUMLAH SEL LEMAK TETAP KONSTAN DIMASA DEWASA
Studi telah mengungkapkan bahwa jumlah sel lemak pada orang dewasa tetap konstan secara keseluruhan. Hal ini berlaku, terlepas dari apakah Anda kurus atau gemuk, atau apakah Anda kehilangan atau bertambah berat badan. 
Sel lemak akan membengkak saat Anda gemuk dan akan mengerut saat Anda kehilangan lemak. Jumlah sel lemak yang dimiliki seseorang pada usia dewasa ditetapkan pada masa remaja.

8. LEMAK MEMBANTU PENYERAPAN VITAMIN
Vitamin tertentu, termasuk vitamin A, D, E, dan K (ADEK) larut dalam lemak dan tidak dapat dicerna dengan baik tanpa lemak. Lemak membantu vitamin ini diserap di bagian atas usus halus.

9. SEL LEMAK MEMILIKI UMUR 10 TAHUN
Rata-rata, sel lemak hidup selama sekitar 10 tahun sebelum mereka mati dan diganti. Tingkat di mana lemak disimpan dan dikeluarkan dari jaringan adiposa kira-kira 1 1/2 tahun untuk orang dewasa dengan berat badan normal.
Tingkat penyimpanan lemak dan kehilangan lemak seimbang sehingga tidak ada peningkatan lemak bersih. Bagi orang gemuk, tingkat penurunan lemak menurun dan tingkat penyimpanan lemak meningkat. Tingkat penyimpanan dan pembuangan lemak untuk orang gemuk adalah 2 tahun.

10. WANITA MEMILIKI PERSENTASE LEMAK TUBUH LEBIH TINGGI DIBANDING PRIA
Wanita memiliki persentase lemak lebih besar dibanding pria. Wanita membutuhkan lebih banyak lemak tubuh untuk menjaga menstruasi dan juga untuk mempersiapkan kehamilan. Seorang wanita hamil harus menyimpan cukup energi untuk dirinya sendiri dan untuk anak yang sedang berkembang. Menurut American Council on Exercise, rata-rata wanita memiliki antara 25-31% lemak tubuh, sementara rata-rata pria memiliki antara 18-24% lemak tubuh.



SUMBER RUJUKAN
Anne Marie Helmenstine, Ph.D. thoughtco.com. Online. (www.thoughtco.com/things-you-dont-know-about-fat-373554) diakses pada Sabtu, 30 September 2017.


Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *