Keuntungan dan Kerugian dari Minum Kopi

Gambar Kopi Arabika (atas) dan kopi Robusta (bawah)



WANIBESAKc - Dari sekian banyak jenis kopi yang beredar di pasaran, secara umum terdapat 2 jenis varietas utama yaitu sebagai berikut : 
# kopi arabika (Coffea arabica)
# kopi robusta (Coffea robusta)

Masing-masing jenis kopi tersebut memiliki keunikannya masing-masing.
Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dan memiliki cita rasa yang baik. Sebagian besar kopi yang saat ini berada di pasar, dihasilkan dengan menggunakan biji kopi jenis ini sebagai bahan dasar. Kopi arabika berasal dari Etiopia dan saat ini telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia.
Biji kopi yang dihasilkan kopi arabika memiliki ukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.
Sedangkan kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Perlu diketahui bahwa kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein atau kafeina dalam kadar yang jauh lebih banyak jika dibandingkan robusta.
Dua jenis kopi tersebut kemudian diolah menjadi berbagai jenis minuman dengan merek-merek yang berbeda. Masing-masing jenis kopi yang beredar memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik.
Beberapa jenis kopi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu: Cappuccino, kopi tubruk, kopi hitam, Espresso, Latte (coffee latte), Caffè macchiato, Cappuccino, Dry cappuccino, Frappé, Kopi instan, kopi Irlandia (irish coffee), kopi tubruk, Melya, dan kopi moka.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MINUM KOPI
Efek kesehatan kopi cukup kontroversial. Bergantung pada siapa yang Anda tanyakan, minuman ini sangat sehat atau sangat berbahaya.
Tapi terlepas dari apa yang mungkin pernah Anda dengar, sebenarnya ada banyak hal baik yang bisa dikatakan tentang kopi.
Misalnya, kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit. Bahkan berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kopi menyediakan lebih banyak zat antioksidan daripada kelompok makanan apapun.
Cara kerja antioksidan kira-kira seperti ini: Tubuh kita berada di bawah serangan konstan oleh molekul reaktif yang disebut "radikal bebas." Molekul ini memiliki elektron tak berpasangan yang dapat merusak struktur sel penting seperti protein dan DNA. Di sinilah antioksidan masuk. Mereka menyumbangkan elektron ke radikal bebas, melucuti senjata mereka secara efektif.
Hal ini diyakini bisa melindungi terhadap penuaan dan banyak penyakit yang sebagian disebabkan oleh stres oksidatif, termasuk kanker.
Namun, perlu diperhatikan bahwa kopi mengandung kafein. Kandungan kafein dari satu cangkir kopi bisa berkisar antara 30-300 mg, namun biasanya kandungan kafein dalam cangkir rata-rata sekitar 90-100 mg. Kafein merupakan suatu stimulan yang bisa menimbulkan masalah pada beberapa orang dan mengganggu tidur.

KEUNTUNGAN MENGKONSUMSI KOPI
Terdapat perbedaan generik kafein dalam mempengaruhi seorang. Orang tertentu sensitif, sementara yang lainnya tidak terpengaruh oleh kafein dalam jumlah banyak. 
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kadar kafein suatu merek kopi. Selain itu perlu juga mengetahui semua efek samping dari mengkonsumsi kopi setiap hari.

Berdasarkan penelitian telah ditemukan bahwa terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi kopi yakni sebagai berikut. 
# Membantu melawan penyakit hati dan jantung.
# Mencegah kanker ovarium atau oral.
# Mencegah penyakit Parkinson.
# Melawan penyakit diabetes.
# Cornell University membuktikan bahwa minum kopi dapat memperbaiki penglihatan mata.
# Tingkatkan energi.
# Perbaiki memori otak.
# Menjadikan mood lebih segar.
# Mampu membakar lemak sehingga bisa membantu seseorang menurunkan berat badan.
# Tingkatkan performa.

KERUGIAN MENGKONSUMSI KOPI
Menurut sebuah pepatah terkenal "Sesuatu yang bagus, jika berlebihan maka akan menjadi berbahaya". Dengan begitu banyak keuntungan kopi bisa terbukti menjadi kerugian jika dikonsumsi berlebihan. 
Senyawa yang ditemukan dalam kopi, teh, minuman ringan adalah kafein. Kafein merupakan jenis obat yang membantu tubuh untuk tetap aktif. Oleh sebab itu jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan masalah tersendiri. 
Berikut merupakan beberapa  efek samping khusus kafein :
# Depresi
# Kantuk
# Pusing
# Meningkatnya detak jantung
# Gelisah
# Muntah
# Kafein dapat mempengaruhi nutrisi anak
# Kafein mampu menghentikan penyerapan kalsium dan membuat tulang menjadi kurus.


SUMBER RUJUKAN
www.wikipedia.com dengan judul artikel "coffe" (id.m.wikipedia.org/wiki/Kopi) diakses pada 01 Oktober 2017.

Tidak ada komentar:

IKUTI

KONTAK

Nama

Email *

Pesan *